Wow, Ternyata Ini Manfaat Buah Mengkudu

Wow, Ternyata Ini Manfaat Buah Mengkudu

Siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini, buah yang memiliki bau kurang sedap namun dibalik itu semua terpendam berjuta-juta khasiat terutama bagi kesehatan.

Namun lantaran baunya yang kurang sedap tersebut, banyak yang kurang menyukai buah mengkudu ini. Padahal jika tahu cara mengolahnya, buah mengkudu ini selain tidak berbau lagi juga memiliki rasa yang sangat lezat.

Akan tetapi ketika Anda salah dalam meraciknya, bisa dipastikan Anda akan muntah lantaran bau dan rasa dari buah mengkudu ini.

Untuk itulah kenapa Anda harus bisa mengolah buah mengkudu ini dengan cara yang tepat, agar supaya dapat mengambil manfaat dari buah yang satu ini.

Mengkudu merupakan sejenis dari pohon cemara tropis yang sering dijumpai di Kepulauan Pasifik, Australia, India, dan Asia Tenggara.

Bahkan khusus di Indonesia buah mengkudu ini bisa Anda temukan di berbagai penjuru wilayah yang ada di Indonesia.

Berbicara terkait dengan manfaat buah mengkudu bagi kesehatan? Penyakit apa saja yang bisa disembuhkan dengan memanfaatkan buah mengkudu ini?

Namun perlu untuk diperhatikan juga, meskipun buah mengkudu ini memiliki kemampuan untuk menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit namun ada situasi tertentu yang mengharuskan Anda untuk tidak mengkonsumsi dulu buah mengkudu ini.

Zat Kimia Alami Yang Terkandung Di Dalam Buah Mengkudu

Buah mengkudu ini kenapa memiliki kemampuan untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit lantaran di dalamnya terkandung sejumlah fitokimia.

Apa itu fitokimia? Fitokimia merupakan zat yang ada pada buah-buahan yang memiliki kemampuan dapat mencegah berbagai macam jenis penyakit.

Sedangkan untuk jenis zat-zat fitokimia yang terkandung di dalam buah mengkudu diantaranya seperti asam lemak, alkaloida, lignan, flavonoid, beta-sitosterol, dan itridoid.

Selain mengandung beberapa zat fitokimia, buah mengkudu juga mengandung sejumlah nutrisi lainnya, contohnya seperti vitamin A, C, dan B3, kalsium, potasium, damnacanthal, katekin, zat besi, sodium, karbohidrat, dan serat.

Untuk sekarang ini, khususnya di Indonesia, buah mengkudu bahkan sudah diproduksi dalam bentuk bubuk, kapsul, berbagai macam jenis minuman, teh, dan bahkan untuk produk-produk kecantuikan seperti kosmetik.

Membuat Resep Tradisional dari Buah Mengkudu

Dikarenakan di dalam buah mengkudu banyak sekali terkandung zat-zat yang sangat baik terutama bagi kesehatan membuat buah mengkudu ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit tertentu.

Namun meskipun demikian, jika Anda tidak tepat dalam mengolahnya maka khasiat dari buah mengkudu tersebut tidak bisa Anda dapatkan.

Jika memang seperti itu, lantas bagaimana cara meracik buah mengkudu yang benar untuk kesehatan?

Sebenarnya dalam pemanfaatanyna, buah mengkudu selain sering diolah menjadi obat, juga sering dimanfaatkan sebagai makanan pelengkap lauk-pauk atau lalapan.

Di bawah ini akan dijelaskan bagaimana caranya membuat obat tradisional dari buah mengkudu untuk mengobati penyakit. Adapaun caranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Untuk Mengetasi Tekanan Darah Tinggi Atau Hipertensi

Untuk mengatasi tekanan darah tinggi, pertama yang harus Anda siapkan adalah 2 buah mengkudu yang sudah masak dan 1 sendok makan madu asli.

Setelah itu cuci buah mengkudu kemudian potong-potong menjadi beberapa bagian. Setelah itu peras dan ambil airnya dan campur air perasan tadi dengan madu.

Kemudian aduk rata, saring dan minum air perasan yang dicampur dengan madu tadi 2 hari sekali.

  1. Untuk Mengobati Sakit Kuning

Untuk mengobati sakit kuning, siapkan terlebih dahulu 2 buah mengkudu yang sudah matang dan siapkan juga satu potong gula batu.

Sedangkan untuk cara meraciknya adalah cuci buah mengkudu tadi kemdian peras dan ambil airnya.

Setelah itu tambahkan di air perasan tadi 1 potong gula batu dan tambahkan juga sedikit air panas. Aduk sampai merata kemudian saring kembali. Minum ramuan ini 2 hari sekali.

  1. Untuk Mengobati Influenza, Masuk Angin, dan Demam

Untuk mengobati influenza, masuk angin, dan demam, persipakan 1 buah mengkudu yang hampir masak serta 1 ruas rimpang kencur.

Sedangkan untuk cara mengolahnya adalah potong terlebuh dahulu buah mengkudu menjadi beberapa bagian. Setelah itu masukkan 1 ruas rimpang kencur tadi. Tambahkan juga 2 gelas air.

Kemudian masak sampai mendidih dan sisakan airnya hingga tersisa 1 gelas. Setelah itu saring dan minum ramuan tadi 2 kali sehari saat pagi dan sore hari.

  1. Untuk Mengobati Batuk

Untuk mengobati batuk, persiapkan terlebih dahulu 1 buah mengkudu dan siapkan juga ½ genggam daun poo (bujanggut).

Sedangkan untuk cara meraciknya adalah cuci daun poo tadi sampai bersih. Setelah itu rebus buah mengkudu dan daun poo tadi dengan menggunakan 2 gelas air.

Setelah itu tunggu hingga airnya tersisa 1 gelas. Saring dan minum 2 kali sehari pada saat pagi dan sore hari.

  1. Menghilangkan Sisik Pada Kaki Atau Betis

Untuk menghilangkan sisik pada kaki atau betis, pertama yang harus Anda persiapkan adalah ambil buah mengkudu secukupnya.

Sedangkan untuk cara mengolahnya adalah cuci buah mengkudu yang telah Anda ambil tadi. Setelah itu gosokkan langsung di bagian kaki atau betis yang bersisik.

Setalah Anda gosokkan, diamkan 10-15 menit. Setelah itu lap dengan menggunakan kain yang bersih yang sebelumnya sudah Anda basahi dengan menggunakan air yang hangat.

Beberapa Hal Yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Mengkonsumsi Buah Mengkudu

Perlu Anda perhatikan, meskipun pada dasanya buah mengkudu ini sangat aman untuk dikonsumsi, namun ada situasi tertentu yang Anda tidak boleh untuk mengkonsumsi buah mengkudu ini.

Pertanyaanya sekarang adalah pada waktu apa saja kita disarankan untuk tidak mengkonsumsi buah mengkudu ini?

  1. Untuk Ibu Hami dan Menyusui

Alasan terbesar kenapa buah mengkudu tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil dan juga menyusui lantaran buah mengkudu ini bisa berdampak sangat buruk bagi janin. Oleh sebab itu sebaiknya ketika Anda hamil ataupun menyusui hindari dulu untuk mengkonsumsi buah mengkudu ini.

  1. Memiliki Penyakit Organ Hati

Alasannya adalah ada beberapa kasus yang menunjukkan ketika seseorang memiliki penyakit organ hati justru bisa memperparah kerusakan pada organ hatinya jika mengkonsumsi buah mengkudu ini .

Meskipun pada dasarnya belum ada penelitian yang akurat namun untuk berjaga-jaga tidak ada salahnya.

  1. Memiliki Kadar Potasium Tinggi

Jika Anda memiliki kadar potasium yang tinggi kemudian Anda mengkonsumsi buah mengkudu maka akan berdampak kadar potasium akan menjadi semakin tinggi lagi.

Situasi ini sangatlah berbahaya, sebab kadar potasium yang tinggi pada tubuh bisa berdampak mual, kelelahan, penyakit ginjal, sulit bernapas, dan yang paling parah adalah dapat menyabebkan penyakit jantung serta kelumpuhan.

Meskipun banyak sekali manfaat buah mengkudu untuk kesehatan, namun kiranya Anda juga harus berhati-hati sebelum mengkonsumsinya, sebab ada situasi tertentu yang tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi buah mengkudu ini.