Waspada Makanan Pemicu Obesitas

Waspada Makanan Pemicu Obesitas

Obesitas merupakan suatu permasalahan dalam kesehatan tubuh. Tubuh yang gemuk dan tidak sehat merupakan ciri yang terlihat pada seorang yang mengidap obesitas.

Kenyataan yang tidak dapat dihindari adalah kebiasaan makan seseorang tersebut yang sangat buruk kandungan gizinya, sehingga membuat tubuh mengalami ketidakseimbangan metabolisme.

Pada dasarnya, dengan menghindari hidangan tertentu tubuh akan terhindar juga dari ancaman obesitas. Untuk mengetahui apa saja makanan yang dapat memicu datangnya obesitas, sila baca artikel berikut ini.

Kentang Goreng

Sangat mudah menemukan kentang goreng di setiap sajian makanan cepat saji. Menu makanan satu ini sangat disukai semua orang dari usia anak-anak sampai usia dewasa.

Biasanya kentang goreng dipilih karena lebih praktis untuk disantap, sehingga sering sekali pekerja kantoran membelinya di tengah kesibukan yang melanda.

Kentang goreng mengandung karbohidrat yang baik bagi tubuh, akan tetapi kentang menyerap lemak dari minyak yang digunakan untuk menggoreng. Hal inilah yang nantinya akan mengancam tubuh dengan obesitas karena tubuh dengan seketika mengandung lemak yang tinggi.

Sereal

Sereal dikenal sebagai salah satu menu sarapan yang dapat disantap setiap hari. Biasanya sereal disajikan dengan susu untuk membuat cita rasa yang lebih lezat dan mengenyangkan perut.

Yang perlu diketahui adalah sereal memiliki kandungan gula yang sangat tinggi, namun rendah bahkan tidak ada sama sekali kandungan gizi yang terdapat dalam sereal.

Susu di sini berperan sebagai pemenuh kebutuhan gizi, namun tetap saja kurang. Yang terjadi adalah tubuh mengalami kegemukan dan tidak tercukupi kebutuhan gizinya.

Ayam Goreng

Siapa yang tidak menyukai ayam goreng? Hidangan satu ini telah menjadi favorit kebanyak orang, sehingga tidak jarang hidangan tersebut tersaji di setiap kali masyarakat makan malam atau lainnya.

Kelezatan yang dimiliki ayam goreng tidak sebanding dengan resiko obesitas yang menghantui tubuh. Ayam yang belum diolah sudah mengandung lemak yang berguna bagi tubuh, akan tetapi minyak goreng yang digunakan membuat kandungan lemak tersebut menjadi lemak jenuh.

Sangat dianjurkan bagi penggemar ayam untuk menyantap ayam dengan cara dipanggang, dan untuk memilih bagian ayam yang mengandung lemak rendah.

Donat

Walaupun bukan merupakan makanan asli Indonesia, banyak masyarakat yang menyukai hidangan satu ini. Donat adalah produk olahan tepung yang bisanya dihiasi dengan berbagai krim, meses, dan banyak lainnya.

Tentu dapat dibayangkan berapa tinggi kadar gula yang ada pada satu bulatan donat. Hal ini pastinya akan mengancam tubuh dengan resiko obesitas, sehingga sangat dianjurkan untuk tidak menyantap donat setiap harinya.

Roti Putih

Tidak banyak masyarakat Indonesia yang mengkonsumsi roti, sebab mereka lebih terbiasa dengan menyantap nasi putih.

Roti dikenal sebagai salah satu sumber karbohidrat yang baik bagi tubuh. Akan tetapi, ada fakta menyeramkan di balik roti, yaitu rendahnya serat yang terdapat pada roti, khususnya roti putih. Hal ini menyebabkan tubuh akan lebih cepat mengalami rasa lapar, sehingga akan terdorong untuk menyantap lagi dan lagi.

Jika memang menyukai roti sebagai pengganti nasi, sangat dianjurkan untuk menyantap roti gandum yang memiliki kandungan serat lebih tinggi.

Keripik Kentang

Ngemil adalah kegiatan yang terasa seperti sedang berada di dalam surga, sebab sangat nikmat. Akan tetapi, menjadikan keripik kentang sebagai salah satu sajian camilan bukanlah suatu keputusan yang baik.

Keripik kentang mengandung kalori yang sangat tinggi, namun berbanding terbalik dengan kandungan gizi di dalamnya. Maka dari itu, keripik kentang akan membuat tubuh melebar tanpa sedikit pun nutrisi berarti yang diberikannya kepada tubuh.