Sejuta Manfaat Daun Pepaya Untuk Kecantikan dan Kesehatan

Sejuta Manfaat Daun Pepaya Untuk Kecantikan dan Kesehatan

manfaat daun pepaya

Dengan ciri khasnya yang sangat pait, ternyata daun pepaya menyimpan sejuta manfaat di dalamya. Daun pepaya ini bahkan bisa Anda manfaatkan dalam hal kecantikan dan kesehatan sekaligus.

Buah pepaya merupakan salah satu buah yang banyak digemari oleh masayarakat Indonesia. Harga buahnya yang sangatlah murah namun memiliki rasa yang manis menjadikan buah pepaya banyak yang menyukainya.

Beda dengan buahnya, daun pepaya terkenal dengan rasa pahitnya. Namun tanpa Anda sadari ternyata dibalik kepahitannya ini menyimpan setuja manfaat bagi tubuh Anda.

Meskipun demikian, banyak yang lebih suka memanfaatkan buahnya saja padahal sebenarnya daunnya ini lebih memiliki banyak sekali manfaat.

Daun pepaya ini pada umumnya dapat dinikmati dalam berbagai jenis bentuk hidangan, contohnya saja seperti lalapan.

Namun, agar supaya dapat mendapatkan manfaat dari daun pepaya secara lebih maksimal lagi, maka Anda sebaiknya mengolah daun pepaya tersebut. Olahan tersebut bisa dalam bentuk olahan kuliner, teh, atau bahkan ekstrak daun pepaya.

Bagi Anda yang ingin tampil cantik dan memiliki badan sehat dengan modal yang murah, maka cara terbaik yang bisa diupayakan adalah dengan memanfaatkan daun pepaya ini.

Manfaat Daun Pepaya Untuk Kecantikan

Indikator bahwa daun pepaya memiliki sejuta manfaat untuk kecantikan bisa dibuktikan dengan saat ini banyak sekali produk kecantikan yang memanfaatkan daun pepaya.

Untuk mengetahui lebih jauh lagi apa saja manfaat daun pepaya untuk kecantikan, Anda bisa menyimak dengan seksama ulasan di bawah ini:

  1. Dapat Dimanfaatkan Sebagai Pembersih Kulit

Memiliki kulit yang segar, bersih, cerah merupakan idaman dari setiap orang, terlebih lagi bagi kaum hawa.

Untuk mendapatkan kondisi kulit yang seperti ini Anda bisa memanfaatkan daun pepaya. Sebab daun pepaya mengandung senyawa karpain.

Senyawa karpain ini memiliki kemampuan untuk membunuh mikroorganisme pengkrusak kulit, sehingga kulit kotor yang diakibatkan noda, bintik-bintik, jerawat bahkan bekasnya akan bersih seketika.

  1. Dapat Mengurangi Ketombe

Siapa coba yang tidak merasa jengkel ketika memiliki rambut yang berketombe. Selain menyiksa sebab rasa gatal yang ditimbulkannya, ketombe juga dapat merusak penampilan.

Untuk mengatasi permasalahan seperti ini Anda bisa memanfaatkan daun pepaya ini. Alasannya adalah senyawa karpain yang terkandung di dalam daun pepaya ternyata juga memiliki kemampuan untuk menghancurkan kotoran serta minyak yang menempel di kulit kepala.

Alhasil setelah dibasmi oleh senyawa karpain ini maka kulit kepala akan menjadi bersih dan secara otomatis permasalahan ketombe ini bisa teratasi.

  1. Dapat Dijadikan Sebagai Kondisioner

Selain dapat mengusir ketombe, ternyata daun pepaya juga bisa Anda jadikan sebagai kondisioner yang sangat bagus untuk rambut. Dengan memanfaatkan daun pepaya ini rambut Anda akan menjadi semakin lembut lagi.

  1. Melembutkan dan Melembabkan Wajah

Jika Anda ingin kulit wajah Anda kelembabannya terjaga maka bisa memanfaatkan daun pepaya ini. Bahkan selain terjaga kelembabannya, kulit wajah akan menjadi semakin lembut juga.

Jadi bagi Anda yang merasa memiliki kulit wajah yang kering dan kasar disarankan untuk memanfaatkan daun pepaya ini.

Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan

Selain memiliki sejuta manfaat untuk kecantikan, ternyata daun pepaya juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan.

Daun pepaya ini memiliki beragam manfaat untuk proses pencegahan bahkan penyembuhan berbagai jenis penyakit.

Bahkan banyak sekali penyakit-penyakit yang bisa disembuhkan dengan menggunakan daun pepaya ini.

Untuk lebih jelasnya apa saja manfaatkan daun pepaya untuk kesehatan, Anda bisa menyimak ulasan yang ada di bawah ini:

  1. Sebagai Obat Demam Berdarah

Ketika Anda sedang diserang penyakit demam berdarah ataupun masih dalam tahapan gejala demam berdarah maka daun pepaya ini bisa menjadi obat herbal yang sangat ampuh.

Sebab daun pepaya ini di dalamnya terkandung zat yang dapat mengobati dan juga menetralkan gejala dari demam berdarah.

Sedangkan untuk tips daun pepaya sebagai obat deman berdarah adalah campur lima lembar daun pepaya, meniran secukupnya, temulawak, dan gula merah. Rebus sampai masak setelah itu dinginkan terlebih dahulu sebelum Anda meminumnya.

  1. Sebagai Anti Kanker

Dikarenakan pada batang daun pepaya mengandung banyak sekali getah putih yang meyerupai susu ini ternyata bisa dimanfaatkan sebagai antikanker. Getah ini secara otomatis bisa Anda dapatkan juga ketika memasak daun pepaya tersebut.

Jadi Anda tidak perlu langsung mengambil getahnya, sebab akan menimbulkan rasa gatal. Lebih baik Anda memanfaatkan daun pepayanya saja, sebab secara otomatis daun tersebut juga mengandung getah tadi.

Untuk itulah sangat disarankan bagi Anda para penderita kanker untuk memanfaatkan daun pepaya sebagai antikanker.

  1. Sangat Baik Untuk Pencernaan

Bagi Anda yang baru ada masalah terhadap pencernaannya, tidak ada salahnya untuk memanfatkan daun pepaya ini.

Anda bisa memasak daun pepaya ini sesuai dengan selera. Bisa direbus, bisa ditumis, dan lain sebagainya.

Alasan kenapa daun pepaya dapat memperlancar pencernaan adalah dikarenakan zat karpain yang terkandung pada daun pepaya.

Zat karpain ini merupakan sejenis zat kimia yang memiliki kemampuan untuk membasmi segala macam microorganisme jahat pengganggu pencernaan.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya konsumsi daun pepaya ini dua atau tiga kali dalam seminggu.

  1. Penambah Nafsu Makan

Bagi Anda yang ingin nafsu makannya bertambah, bisa memanfaatkan daun pepaya ini. Untuk tips daun pepaya penambah nafsu makan adalah siapkan terlebih dahulu daun pepaya segar yang ukurannnya kira-kira sebanding dengan telapak tangan.

Siapkan juga garam dan air hangat secukupnya atau setengah seperdua cangkir. Setelah itu dicampur kemudian ditumbuk atau bisa dengan cara diblander. Setelah itu Anda saring dan ambil airnya. Air hasil saringan tersebut kemudian diminum.

  1. Pengontrol Tekanan Darah

Bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi, maka bisa memanfaatkan daun pepaya sebagai pengontrolnya.

Sedangkan untuk caranya adalah ambil daun pepaya sebanyak lima lembar. Setelah itu rebus daun pepaya tadi dengan menggunakan air kira-kira setengah liter. Tunggu sampai airnya kira-kira tinggal seperempatnya.

Setelah itu dinginkan rebusan tadi sebelum Anda meminumnya. Agar supaya rasanya tidak terlalu pahit Anda bisa menambahkan madu atau gula merah.

  1. Obat Nyeri Haid

Siapapun pasti akan sangat tersiksa ketika mengalami nyeri saat haid. Bagi Anda yang sering mengalami keadaan yang seperti ini maka tidak ada salahnya untuk mencoba ramuan tradisional dari daun pepaya ini.

Caranya adalah ambil sehelai daun pepaya yang masih segar. Setelah itu siapkan juga asam jawa dan garam sucukupnya.

Setelah itu rebus dengan menggunakan segelas air. Tunggu terlebih dahulu sampai air rebusan tadi dalam keadaan dingin, baru setelah itu Anda bisa meminumnya.

Dengan melihat banyaknya manfaat dari daun pepaya ini maka tidak ada salahnya untuk mencoba memanfaatkannya. Meskipun rasanya pahit namun jika diolah dengan cara yang tepat rasa pahit dari daun pepaya ternyata bisa hilang.