Pola Makan Sehat Jauhi Obesitas

Pola Makan Sehat Jauhi Obesitas

Hidup sehat tanpa penyakit adalah dambaan setiap orang. Namun siap sangka jika suatu hari nanti kita akan dihadapkan sebuah penyakit yang menuntut kita untuk menjalani pola hidup yang lebih sehat. Obesitas adalah salah satu penyakit yang tidak tentu kapan datangnya, dan kepada siapa ia akan datang. Oleh sebab itu, ada baiknya bagi kita untuk menjauhi segala hal yang dapat memciu datangnya obesitas ke kehidupan kita.

Obesitas merupakan sebuah peristiwa di mana seseorang akan mengalami kegemukan yang keterlaluan, sehingga dampak dari obesitas bisa menjadi sangat berbahaya bagi tubuh. Obesitas dapat memicu datangnya penyakit lain, seperti gagal jantung. Tentunya hal ini tidak diinginkan oleh siapapun, oleh karenanya kita harus tetap waspada dan menjaga pola hidup yang sehat. Salah satu pola hidup sehat dapat dimulai dari pola makan yang juga sehat, guna menjauhkan tubuh dari resiko terkena obesitas.

Mengerti Kebutuhan Tubuh

Kegemukan atau obesitas disebabkan oleh kesalahan dalam jumlah porsi makanan yang disantap. Anggapan bahwa semakin banyak kita menyantap suatu hidangan, maka akan lebih banyak gizi yang didapatkan merupakan sebuah pemikiran yang salah. Kandungan gizi lebih baik dipenuhi secukupnya, tidak kurang dan tidak lebih. Sama halnya dengan jumlah porsi setiap kali makan, harus memenuhi kebutuhan kalori yang diperlukan tubuh. Kelebihan kalori akan menyebabkan timbunan zat yang tidak lagi diperlukan oleh tubuh, yang kemudian menyebabkan kegemukan terjadi pada tubuh.

Untuk menjaga berat badan agar tetap ideal atau tidak mengalami kegemukan, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi sayuran yang sangat berguna bagi tubuh. Sayuran mengandung berbagai mineral yang penting bagi tubuh, sehingga tidak menjadi sebuah masalah jika suatu kali sayur dikonsumsi secara berlebihan. Tidak ada dampak yang berbahaya jika tubuh mengkonsumsi sayuran dalam kurun waktu yang lama dan terus menerus.

Serat adalah alasan di balik kenyang atau laparnya perut. Mulailah makan hidangan yang berserat tinggi, agar tubuh tidak mudah merasa lapar dan nafsu makan pun akan secara otomatis tertekan. Serat juga sangat berguna untuk membantu tubuh mengeluarkan kolesterol dari dalam tubuh melalui kotoran. Dengan demikian, tubuh akan selalu dalam keadaan yang sehat dan bugar.

Sebisa mungkin hindari makanan yang mengandung lemak jenuh. Lemak jenuh terdapat di setiap hidangan dengan cara pengolahan goreng. Kandungan minyak yang terdapat pada setiap hidangan menjadi lemak jahat yang sangat berbahaya bagi tubuh. Lemak jenuh juga terdapat pada daging yang berlemak, sehingga usahakan untuk memilih bagian daging yang mengandng sedikit lemak saja. Bagaimanapun juga, tubuh tetap membutuhkan lemak yang berguna sebagai cadangan energi bagi tubuh.

Pola Makan Sehat

Menyantap makanan hendaknya selalu dalam pola yang sehat. Kunci dari pola makan yang sehat adalah tidak pernah melewatkan sarapan, sebab sarapan sangat penting sebagi bekal tubuh untuk memulai aktivitas dalam satu hari itu. Begitupun dengan makan siang dan makan malam. Bagi yang sedang diet, hendaknya tetap menaati jam makan yang sudah ditentukan. Hal ini dimaksudkan agar tubuh tidak mengalami sebuah perubahan yang mengagetkan dan menyebabkan tubuh menjadi tidak stabil.

Variasi makanan juga dapat membantu tubuh untuk tetap dalam keadaan dan kondisi yang sehat. Akan ada fase kebosanan bagi tubuh yang terus menerus menyantap hidangan yang sama setiap harinya. Tentunya banyak sekali macam lauk pauk dan sayur mayur yang bisa dipilih untuk menjadi menu makanan kita setiap harinya. Perbanyak menu yang mengandung bahan makanan berantioksidan, supaya tubuh kebal terhadap ancaman radikal bebas yang juga mulai marak menyebar di mana-mana.