Siapa Sangka Jahe Itu Banyak Macamnya, Juga Khasiat

Siapa Sangka Jahe Itu Banyak Macamnya, Juga Khasiat

manfaat jahe

Banyak yang mengira jahe hanya bermanfaat pada saat musim hujan atau sebagai bumbu dapur saja. Padahal sebenarnya jahe ini memiliki manfaat yang lebih besar lagi dari pada hanya sekedar untuk penghangat badan di kala musim hujan dan sebagai bumbu dapur.

Bahkan saking banyaknya manfaat dari jahe ini, jahe ini bisa Anda manfaatkan untuk urusan kesehatan, kecantikan, dan bahkan bisa dimanfaatkan untuk membantu menurunkan berat badan.

Hal ini terbukti dengan banyaknya ramuan herbal yang memanfatkan jahe ini sebagai campuran utamanya. Bahkan banyak obat-obatan modern yang mencampurkan jahe sebagai komposisinya.

Jahe atau dalam bahasa latinnya Zingiber Officinale ini merupakan salah satu jenis dari tanaman rimpang yang sudah dikenal sebagai rempah-rempah sekaligus juga obat.

Bahkan sebenanrnya sudah dari sejak dulu jehe ini dumanfaatkan baik sebagai rempah-rempah dan juga sebagai obat.

Banyak sekali penelitan-penelitian yang membuktikan bahwa kandungan yang terdapat di dalam jahe ini besar sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh manusia. Bahkan bisa dikatakan ada sejuta manfaat jahe bagi tubuh.

Manfaat jahe untuk kesehatan ini berasal dari kandungan senyawa keton bernama zingoren yang terkandung pada jahe.

Senyawa ini paling banyak terkandung di dalam rimpangnya yang mengembung serta berbentuk jemari pada ruas-ruas tengah jahe.

Dan ternyata alasan kenapa jahe memiliki rasa pedas ternyata disebabkan oleh senyawa zingoren yang banyak terkandung pada jahe ini.

Dari rasa pedas yang dominan inilah banyak yang menjadikan jahe sebagai penghangat badan disaat cuaca sedang dingin.

Namun selain bermanfaat sebagai penghangat badan, jahe ternyata memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Misalnya saja jahe bisa dimanfaatkan untuk melencarkan peredaran darah. Alasannya adalah dikarenakan kandungan gingeral pada jahe ini memiliki sifat antikogulan yang bisa mencegah terjadinya penggumpalan darah.

Dengan kemampuan yang seperti itu secara otomatis jahe ini bisa mencegah tersumbatnya pembuluh darah. Maka dari itu jahe ini bisa dijadikan sebagai pencegah penyakit jantung dan stroke.

Macam-Macam Jahe

Perlu Anda ketahui, jahe ini tidak hanya satu jenis saja, dan berita baiknya adalah apapun jenisnya jahe ini tetap memiliki manfaat yang sama bagi kesehatan.

Untuk macam-macam jahe yang ada di Indonesia antara lain:

  1. Jahe Kuning

Umumnya jenis jahe kuning ini sering dimanfaatkan sebagai bumbu masakan. Banyak masyarakat Indonesia yang sering menggunakan jahe kuning untuk bumbu masakannya.

Apalagi masakan ketika ditambahkan dengan jahe ini akan memberikan rasa dan aroma yang cukup tajam. Pastinya juga akan menambah kelezatan dari masakan itu sendiri.

Untuk ukuran dari jahe kuning ini memiliki ukuran yang lebih kecil dan ramping jika dibandingkan dengan jahe gajah.

Sedangkan untuk warnanya sendiri, jahe kuning warnannya di dominasi warna kuning. Itulah kenapa jahe ini dikenal dengan jahe kuning.

  1. Jahe Gajah

Dinamakan jahe gajah sebab ukurannya yang besar namun tidak terlalu pedas jika dibandingkan dengan jenis jahe lainnya.

Untuk warnanya sendiri, jahe gajah umumnya memiliki warna kunging hingga putih. Namun ternyata jahe gajah inilah yang banyak diminati oleh masyarakat dunia.

  1. Jahe Merah

Dari berbagai macam jenis jahe yang ada di dunia ini, jahe merah inilah yang memiliki kandungan minyak atsari paling banyak.

Lantaran rasanya yang sangat pedas, jahe merah inilah yang sering dimanfaatkan sebagai bahan dasar untuk membuat jamu ataupun obat.

Memiliki ukuran rimpang paling kecil dengan bulatan kulit berwarna merah namun menyimpan serat paling banyak jika dibandingkan dengan jenis jahe lainnya.

Efek Samping Mengkonsumsi Jahe

Meskipun kelihatannya sangat aman, ternayata jahe memiliki efek samping ringan yang bia ditimbulkan. Selain itu ada kondisi tertentu yang sangat dilarang untuk mengkonsumsi jahe ini.

Beberapa efek samping ringan yang bisa ditimbulkan lantaran mengkonsumsi jahe diantaranya bisa membuat perut tidak nyaman, diare, dan nyeri pada ulu hati.

Jika Anda aplikasikan untuk kulit, ada kemungkinan jahe bisa menimbulkan terjadinya iritasi pada kulit.

Bagi Anda yang sedang dalam keadaan hamil atau menyusui juga sangat disarankan untuk tidak mengkonsumsi jahe terlebih dahulu.

Khasiat Jahe untuk Kesehatan

Di atas sudah sedikit disinggung akan banyaknya manfaat jahe untuk kesehatan tubuh manusia.

Namun masih banyak lagi manfaat jahe untuk kesehatan yang belum banyak disadari. Diantaranya seperti:

  1. Dapat Mengatasi Nyeri Saat Haid

Bagi Anda yang sering merasa nyeri saat haid bisa memanfaatkan jahe ini. Cobalah untuk mengkonsumsi ekstrak dari jahe dengan dosis empat kali sehari selama tiga hari saat awal masa haid.

Apalagi jahe ini bisa dengan sangat mudah Anda temukan di sekitar Anda. Tentunya tida ada salahnya untuk mencoba memanfaatkan ramuan herbal dari jahe untuk mengatasi nyeri saat haid ini.

  1. Dapat Mencegah Morning Sickness

Sangat wajar jika wanita pada masa kehamilannya sering mengalami kondisi mual dan muntah.

Ternayata kondisi seperti ini bisa Anda minimalisir dengan cara memanfaatkan jahe ini. Namun perlu diingat bahwa wanita yang sedang hamil sangat dilarang untuk mengonsumsi obat secara sembarangan, terlebih lagi obat-obatan tradisional.

Untuk itulah jika Anda ingin melakukan ini, konsultasilkan terlebih dahulu dengan dokter Anda.

  1. Osteoarthritis

Senyawa kimia yang terkandung di dalam jahe ternyata dapat mengurangi zat kimia pemicu peradangan pada sendi.

Apalagi jahe juga memiliki kemampuan merangsang tubuh untuk memproduksi asam salisilat, yakni sebuah zat yang memiliki kemampuan untuk meringankan rasa sakit dan juga ketidaknyamanan.

  1. Mengatasi Mual dan Muntah Paska Operasi

Mengkonsumsi jahe sebelum melakukan operasi ternyata dapat mengurangi rasa mual dan muntah paska operasi. Selain dapat dikonsumsi melalui mulut, jahe juga bisa dioleskan pada pergelangan tangan.

  1. Dapat Mencegah Mabuk Darat dan Laut

Siapa yang tidak tersiksa jika sedang mengalami mabuk darat ataupun laut. Bagi Anda yang sering mengalami kondisi seperti ini, sebelum bepergian bisa mengkonsumsi jahe terlebih dahulu. Sebab jahe ini memiliki kemampuan untuk mencegah mabuk darat ataupun mabuk laut.

  1. Membuat Tubuh Perkasa

Dikarenakan ada kandungan senyawa pada jahe yang memiliki sifat inklamis, maka jahe sangat efektif untuk membangun otot pada bagian tubuh tertentu, contohnya otot pada lengan.

Apalagi mengkonsumsi jahe ini juga bisa bermanfaat untuk membantu mengurangi rasa sakit yang terjadi pada otot setelah latihan fisik yang berlebihan.

  1. Mengobati Demam dan Bantuk

Di atas sudah dijelaskan bahwa gingerol yang terkandung pada jahe memiliki kemampuan untuk memperlancar peredaran darah.

Dan ternyata gingerol ini juga memiliki kemampuan untuk mengobati penyakit demam dan juga batuk. Untuk mendapatkan lebih banyak khasiat, Anda bisa menambahkan madu yang memberikan lebih banyak manfaat lagi. Anda bisa baca dulu apa saja manfaat madu yang telah dijelaskan oleh para ahli kesehatan.

Lantaran begitu besar manfaat yang bisa Anda ambil dari jahe ini, tidak ada alasan lagi bagi Anda untuk tidak memanfaatkannya. Apalagi selain mudah didapatkan juga memiliki harga yang murah.

7 Khasiat Madu Untuk Kecantikan dan Keindahan Kulit

7 Khasiat Madu Untuk Kecantikan dan Keindahan Kulit

manfaat madu

Khasiat madu untuk kecantikan dan keindahan kulit sebenarnya sudah dikenal sejak zaman dahulu. Madu bisa dikatakan sebagai salah satu bahan terbaik untuk perawatan kecantikan dan menjaga keindahan kulit. Kenapa demikian? Inilah alasannya.

Siapa yang tidak ingin tampil cantik dan memiliki kulit yang indah. Terlebih lagi bagi kaum hawa.

Bahkan untuk mendapatkan kondisi seperti ini banyak yang rela sampai menghabiskan biaya yang cukup banyak.

Padahal sebenarnya ada sebuah cara yang murah, aman, namun efektif dan efisien yang bisa Anda lakukan. Dan ternyata ini bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Tinggal Anda mencari bahannya saja.

Bahan utama yang bisa Anda manfaatkan untuk merawat kecantikan dan keindahan kulit ini bernama madu murni alami. Jadi pilihlah madu yang benar-benar murni tanpa campuran apapun.

Sejak dulu, madu ini sudah dimanfaatkan sebagai bahan untuk perawatan kulit, selain teksturnya yang lembut, kandungan madu yang kaya akan mineral, vitamin, antoksidan dan potasium, bisa dimanfaatkan sebagai pelembab, penyegar, dan bahkan bisa digunakan sebagai masker wajah.

Bahkan sebenanrnya madu tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk keindahan kulit saja, bahkan bisa dimanfaatkan untuk mencegah penuaan dini dan untuk menjaga keindahan kulit rambut.

Kandungan Madu Murni

Percayakah Anda jika ternyata rasa manis yang terdapat pada madu murni ini berlipat-lipat jika Anda bandingkan dengan rasa manis dari gula buatan.

Percayakah Anda jika jenis gula yang terkandung di dalam madu murni adalah lebih dari 15 jenis.

Diantara 15 jenis gula yang terkandung di dalam madu murni adalah fruktosa (gula buah), sukrosa (gula tebu), glukosa (gula anggur), dan maltosa (gula gandum).

Selain itu di dalam madu murni juga terkandung berbagai macam jenis vitamin dan bahkan telah memenuhi seluruh jenis dari vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh manusia, yakni A, B1, B2, B3, B5, B6, D, K, E, asam nikotinat, dan Uric Acid.

Itu semua merupakan jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh manusia dan bisa dengan mudah diserap oleh tubuh hanya dalam jangka waktu satu jam setelah Anda meminum madu murni.

Berbeda dari vitamin-vitamin yang didapatkan dari berbagai jenis makanan yang terpisah-pisah, sebab dalam hal penyerapannya lebih lambat jika dibandingkan dengan vitamin yang diperoleh dari madu murni ini.

Tidak hanya sampai di situ saja, di dalam madu murni juga terkandung mineral dan garam, misalnya saja seperti besi, kalsium, sulfur, kalium, magnesium, klorin, sodium, nikel, tembaga, lead, krom, silica, alumininum, mangan, lithium, aurum, zink, thin, dan titanium.

Sungguh sangat menakjubkan apa yang terkandung di dalam madu ini. Sebab semua jenis mineral tersebut adalah komposisi dari tanah yang mana asal manusia diciptakan.

Selain itu di dalam madu murni ini juga terkandung berbagai macam enzim serta asam yang sangat penting untuk kehidupan serta aktivitas tubuh manusia.

Contohnya saja seperti enzim katalase, enzim amylase, enzim fosfolirase, dan beberapa enzim lainnya.

Untuk macam-macam asam yang terkandung di dalam madu murni misalnya saja seperti lactic acid, formic acid, tartaric acid, atric acid, asam fosfat, oxalid acid dan asam glukomat.

Di dalam madu murni ini juga terkandung berbagai macam hormon kuat yang memiliki fungsi dapat menggiatkan dan memacu kerja dari oragan-oragan yang ada di dalam tubuh manusia.

Di dalam madu murni ini juga terkandung antibiotik yang yang memiliki kemampuan untuk melindungi tubuh manusia dari berbagai macam serangan penyakit, dapat membunuh berbagai macam jenis bakteri jahat dan mikroba.

Di dalam madu murni juga terdapat dotorium (hydrogen berat). Dotorium (hydrogen berat) ini memiliki fungsi sebagai anti kanker.

Melihat begitu banyaknya zat-zat yang terkandung di dalam madu murni maka tidak mengherankan jika sejak zaman dahulu banyak yang memanfaatkan madu ini untuk kesehatan, kecantikan, dan bahkan untuk perawatan kulit.

Manfaat Madu untuk Kecantikan dan Keindahan Kulit

Selain madu bisa dimanfaatkan untuk kesehatan, ternyata madu juga besar manfaatnya untuk kecantikan dan kesehatan kulit.

Kemudian bagaimana cara menggunakan madu untuk kecantikan dan kesehatan kulit ini? Inilah caranya:

  1. Melembutkan dan Melembabkan Kulit Wajah

Madu juga bisa dimanfaatkan untuk melembutkan dan melembabkan kulit wajah. Anda bia mendapatkan khasiat dari madu ini dengan cara mengoleskan madu langsung pada permukaan kulit wajah sebagai masker.

Setelah itu diamkan kira-kira sampai 30 menit kemudian bersihkan dengan menggunakan air dingin. Lakukanlah hal seperti ini minimal 2 kali seminggu.

  1. Sebagai Masker Untuk Kulit Kering

Bagaimana cara menggunakan madu untuk masker kulit yang kering?

Caranya adalah dengan mencampurkan madu dengan pisang yang matang. Kemudian campurkan keduanya hingga merata. Jika memungkinkan gunakan blander untuk mencampurnya.

Setelah itu usapkan pada permukaan kulit wajah hingga merata. Kemudian diamkan hingga kira-kira 30 menit. Bersihkan dengan menggunakan air yang dingin. Lakukan minimal 2 kali seminggu.

  1. Menghaluskan Kulit Kaki yang Kering dan Pecah-pecah

Caranya adalah mencampurkan 2 gelas susu hangat dicampur dengan segelas madu. Perbandingannya 2:1 ke dalam sebuah baskom.

Kemudian masukkan kedua kaki Anda ke dalam baskom tersebut dan diamkan kurang lebih kira-kira 15 menit sambul diurut-urut juga.

Cara seperti ini juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan kulit lutut, tangan, siku, atau bagian-bagian tubuh Anda yang lainnya.

  1. Madu Sebagai Lotion

Madu yang digunakan sebagai lotion ini bisa dimanfaatkan untuk menjaga kehalusan kulit. Manfaat ini tentunya bisa Anda dapatkan dengan cara mencampurkan satu sendok teh madu, satu sendok teh jus lemon, satu sendok teh minyak biji anggur, dan tiga tetes minyak lavender.

Aduk semua bahan tersebut merata kemudian usapkan pada seluruh permukaan kulit tubuh setiap pagi sehabis mandi.

  1. Pembersih Kulit

Madu juga bisa dimanfaatkan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran. Manfaat ini bisa Anda dapatkan dengan cara mencampurkan satu sendok madu, satu sendok teh jus lemon atau jus jeruk, satu sendok serbuk biji almond, dan beberapa tetes minyak aromaterapi.

Setelag itu aduk semau bahan tersebut hingga merata kemudian usapkan di seluruh permukaan kulit tubuh 2 hari sekali sebelum mandi.

  1. Pembersih Kulit Tubuh, Kulit Kepala, dan Rambut

Caranya adalah dengan melarutkan madu di dalam air yang ingin Anda gunakan untuk mandi. Setelah itu bilaskan ke tubuh, kepala dan rambut setiap Anda mandi.

  1. Penghilang Jerawat dan Bekasnya

Caranya adalah dengan mencampurkan sesendok madu dengan sedikit kayu manis. Setelah itu usapkan pada bagian yang berjerawat atau noda bekas jerawat.

Setelah itu diamkan selama satu malam dan bersihkan setelah bangun tidur di pagi hari. Lakukan ini berulang-ulang minimal selama seminggu sekali.

Dengan melihat begitu bermanfaatnya madu untuk kecantikan dan keindahan kulit, maka tidak ada salahnya untuk Anda mencobanya di rumah. Tapi, jangan lupakan buah alpukat juga ya. Dapatkan berbagai manfaat buah alpukat untuk kesehatan.