Mengenal Lebih Dekat Manfaat Akar Alang-alang untuk Kesehatan

Mengenal Lebih Dekat Manfaat Akar Alang-alang untuk Kesehatan

Tahukah Anda bahwa ternyata tanaman yang sering disingkirkan oleh para petani ini ternyata banyak sekali manfaatnya. Terutama untuk kesehatan tubuh. Lantas apa saja manfaat akar alang-alang untuk kesehatan?

Tanaman yang satu ini juga dikenal dengan nama ilalang. Meskipun sering disingkirkan oleh petani lantaran dapat merugikan tanaman lain yang ada di sekitarnya, namun ternyata apabila dilihat dari segi manfaatnya, tanaman yang satu ini memiliki kemampuan untuk mengobati beberapa penyakit serta untuk menjaga kesehatan tubuh.

Itulah kenapa tidak mengherankan jika alang-alang ini dikenal juga sebagai salah satu tanaman obat yang tumbuh di Indonesia.

Kandungan Akar Alang-alang

Memangnya apa yang menyababkan sehingga alang-alang ini sangat besar manfaatnya terutama dalam hal kesehatan?

Salah satu zat yang terkandung di dalam akar ialalang yang menjadi penyebab kenapa memiliki manfaat yang begitu besar untuk kesehatan tubuh adalah imperenene. Imperanene merupakan zat yang mampu menghambat sel pembeku darah. Itulah kenapa alang-alang ini memiliki kemampuan untuk mencegah penyakit jantung.

Selain itu, alang-alang ini di dalamnya juga terkandung beberapa unsur kimia alami contohnya seperti asam malic, asam sitrat, arundoin, glukosa, simisrenol, fernorel, polifenol, saponin, silindrin, dan esin.

Maka dari itu tidak mengherankan apabila alang-alang ini seringkali dimanfaatkan menjadi obat tradisional.

8 Khasiat Akar Alang-alang untuk kesehatan Tubuh

Selain memiliki kemampuan untuk mencegah penyakit jantung, akar alang-alang juga memiliki manfaat lainnya.

Adapaun manfaat lain dari akar alang-alang untuk kesehatan adalah sebagai berikut ini:

  1. Dapat Meredakan Panas Dalam

Anda tentunya sudah sangat paham jika akar alang-alang sering kali dimanfaatkan untuk bahan utama pembuat obat peredam panas dalam.

Selain Anda dapat membeli langsung ekstrak akar alang-alang, sebenanrnya Anda bisa membuatnya sendiri di rumah, apalagi cara membuatnya juga sangatlah mudah.

Caranya adalah siapkan terlebih dahulu akar alang-alang secukupnya, setelah itu cuci hingga bersih dan keringkan di bawah sinar matahari atau Anda juga bisa mengeringkannya dengan menggunakan oven.

Setelah akar alang-alang kering, langkah selanjutnya adalah dengan menghaluskan akar tersebut sampai menjadi bubuk.

Setelah itu seduh bubuk akar alang-alang tadi dan tambahkan madu murni. Setelah itu Anda bisa meminum air seduhan akar alang-alang tadi.

  1. Bisa Menjadi Obat Kencing Darah

Kencing darah merupakan salah satu penyakit yang bisa Anda sembuhkan dengan memanfaatkan akar alang-alang ini.

Kencing darah ini jika tidak segera Anda atasi maka akan sangat berbahaya, sebab bisa meyebabkan permasalahan yang lebih besar lagi nantinya.

Ketika Anda ingin memanfaatkan akar alang-alang sebagai obat kencing darah caranya adalah ambil secukupnya akar alang-alang ini kemudian Anda cuci sampai bersih lalu potong menjadi ukuran kecil-kecil.

Setelah Anda selesain memotong akar alang-alang menjadi potongan kecil-kecil kemudian langkah selanjutnya adalah merebusnya dengan menggunakan 2 gelas air.

Setelah itu tunggu hingga mendidih. Setelah mendidih kemudian saring dan pisahkan air dari ampasnya.

Agar supaya kencing darah yang Anda alami segera teratasi maka sebaiknya minum ramuan ini 2 kali sehari.

  1. Dapat Mengobati Mimisan

Pada umumnya, cara untuk mengobati mimisan ini adalah dengan memanfaatkan daun sirih. Namun ternyata Anda juga bisa memanfaatkan akar alang-alang untuk obat herbal mimisan.

Sedangkan untuk caranya adalah cari akar alang-alang kemudian bersihkan sampai bersih. Setelah itu tumbuk akar alang-alang yang sudah Anda bersihkan tadi lalu peras dan ambil sarinya. Setelah itu minum perasan tadi dengan teratur.

  1. Dapat Mengatasi Hipertensi

Hipertensi atau yang dikenal juga dengan tekanan darah tinggi ini merupakan salah satu penyakit yang sering di alami oleh orang-orang di zaman sekarang ini.

Penyebab utama dari hipertensi ini lantaran adanya endapan lemak dan juga kolesterol yang menghambat aliran darah.

Perlu Anda ketahui apabila hipertensi ini jika tidak segera di atasi sangatlah berbahaya, sebab banyak sekali penyakit berbahaya yang bisa datang lantaran disebabkan oleh hipertensi ini.

Untuk itulah bagi Anda yang mengalami tekanan darah tinggi ini bisa memanfaatkan akar alang-alang untuk mengatasinya.

Sebab zat yang terkandung di dalam akar alang-alang ini ternyata juga memiliki kemampuan untuk menekan tekanan darah, sehingga tekanan darah yang ada di dalam tubuh Anda bisa dikontrol dengan baik.

  1. Obat Keputihan

Memang benar jika keputihan merupakan permasalahan umum bagi wanita, namun perlu Anda ingat keputihan ini ada yang normal dan tidak normal.

Untuk itulah Anda tidak bisa menyepelekan permasalahan keputihan ini. Segeralah untuk mengatasinya supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Sebab terkadang keputihan ini merupakan pertanda apabila saluran reproduksi Anda sedang ada masalah, bahkan terkadang sedang ada penyakit yang sedang menyerang saluran reproduksi Anda.

Akar alang-alang bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi permasalahan keputihan ini. Cara membuatnya juga sangat mudah.

Namun khusus untuk mengobati keputihan ini akar alang-alang harus juga dicampur dengan menambahkan bahan alami lainnya, contohnya saja seperti daun pulasari atau pepaya.

Setelah itu campur ketiga bahan tadi kemudian saring dan minum airnya 2 kali sehari. Minum di pagi hari dan malam hari sebelum Anda tidur.

  1. Untuk Melancarkan Buang Air Kecil

Meskipun ini terkesan permasalahan yang sepele namun jika Anda sedang mengalami permasalahan yang satu ini bisa dipastikan Anda sangat tersiksa.

Coba Anda bayangkan betapa tersiksanya Anda ketika sedang tidak lancar saat sedang buang air kecil.

Namun Anda tidak usah merasa khawatir, sebab ternyata di dekat Anda ada obat alami untuk mengatasi kencing yang tidak lancar. Apa nama obat alami tersebut, akar alang-alang adalah namanya.

Lantas bagaimana cara membuat ramuan alami akar alang-alang untuk melancarkan buang air kecil?

Caranya Anda tinggal mengambil akar alang-alang secukupnya, bersihkan hingga bersih, kemudian seduh dan jangan lupa tambahkan juga gula batu di dalamnya.

Setelah itu langkah terakhirnya adalah tunggu sampai dingin dan minum air rebusan tadi secara teratur.

  1. Dapat Mengobati Penyakit Ginjal

Anda tentunya sudah sangat paham betul apabila penyakit ginjal tidak segera diatasi maka bisa menyebabkan permasalahan yang sangat serius dan juga bisa menyebabkan komplikasi lainnya.

Untuk itulah jangan pernah Anda menunda-nunda untuk menobati penyakit ginjal ini, jika Anda tidak ingin ada masalah yang lebih serius di kemudian hari. Salah satu obat alami penyakit ginjal adalah akar alang-alang.

Sedangkan untuk cara membuat obat herbal penyakit ginjal dengan menggunakan akar alang-alang adalah persipakan terlebih dahulu akar alang-alang yang masih segar dan cuci sampai bersih.

Setelah itu rebus dengan menggunakan 3 gelas air. Tunggu sampai mendidih dan sisakan air menjadi 1 gelas saja. Setelah itu minum rebusan air tadi secara teratur.

  1. Dapat Mengobati Penyakit Asma

Untuk cara membuat ramuan herbal akar alang-alang sebagai obat penyakit asma adalah dengan menyiapkan 100 gram dari akar alang-alang, 50 gram sirih, dan 50 gram kencur.

Setelah itu rebus dengan mengunakan 200 ml air. Tunggu hingga menjadi setengahnya, saring kemudian minum secara teratur.

Melihat begitu besar manfaat akar alang-alang untuk kesehatan maka sangat rugi jika Anda tidak mengambil manfaat darinya.