Manfaat Seledri Bukan Hanya Untuk Penyedap Rasa Makanan

Manfaat Seledri Bukan Hanya Untuk Penyedap Rasa Makanan

manfaat daun seledri

Manfaat seledri tidak hanya digunakan untuk penyedap rasa. Seperti yang kebanyakan orang, mereka menggunakan seledri sebagai penambah rasa pada soto. Padahal, tidak itu saja.

Mungkin Anda akan semakin memburu kuliner yang mengandung seledri setelah tahu banyak sekali manfaat dari daun seledri ini. Khususnya bagi Anda perempuan yang mendambakan kecantikan alami, seledri bisa dijadikan ramuan khusus untuk Anda.

Sebenarnya seledri tidak hanya digunakan sebagai campuran makanan saja. Ada cara lainnya yang bisa Anda terapkan untuk mengambil manfaat daun seledri ini.

Seledri Untuk Kecantikan

Pernah dengar kulit manggis bisa membuat kulit terlihat bersih dan mulus? Manfaat kulit manggis seperti itu pasti sudah pernah Anda ketahui. Dan ini lebih baik daripada menggunakan obat kimia. Dalam hal ini, seledri menjadi alternatif selain kulit manggis.

Bukan saatnya lagi Anda memburu kosmetik yang harganya mahal. Apalagi banyak sekali kosmetik yang ternyata dibredel lantaran BPOM menemukan kandungan berbahaya di dalam kosmetik tersebut.

Semakin banyak perempuan yang mempercayai produk atau ramuan tradisional. Hal ini bisa saja dipengaruhi oleh kekhawatiran mereka ketika menggunakan kosmetik yang berbahan kimia.

Dan untuk menjaga kecantikan, Anda bisa manfaatkan daun seledri. Apa saja yang manfaat yang bisa Anda dapatkan dari daun seledri ini?

  • Menyuburkan Rambut

Kecantikan tidak hanya berkutat dengan wajah yang bersih saja. Lebih dari, kecantikan sangat dipengaruhi oleh rambut. Ada yang bilang rambut adalah mahkota. Jika mahkotanya sangat bagus, maka seorang wanita akan terlihat sangat cantik.

Lihat saja banyak sekali perempuan cantik yang hanya mengubah style rambut. Hal ini bisa Anda lakukan jika Anda memiliki rambut yang lebat.

Manfaatkan seledri untuk mendapatkan rambut yang lebat. Menurut ahli kesehatan, di dalam seledri terdapat kandungan yang bisa membuat rambut tumbuh subur. Selain itu, rambut Anda juga akan terlihat hitam dan cantik.

Caranya sangat mudah. Cukup ambil beberapa helai daun seledri lalu haluskan. Oleskan seledri yang sudah Anda haluskan pada rambut dan diamkan hingga 1 jam. Setelah itu, bilas rambut dengan air dingin. Gunakan shampoo untuk menghilangkan aroma seledri yang menyengat.

  • Mengatasi Masalah Pada Wajah

Apa yang membuat perempuan terlihat kurang cantik? Umumnya, mereka merasa tidak percaya diri jika memiliki wajah yang berjerawat dan berminyak. Dua masalah pada wajah ini bisa disebabkan oleh pola hidup yang kurang sehat atau penggunakan kosmetik yang berlebihan.

Untuk sementara waktu, hentikan dulu menggunakan kosmetik secara berlebihan. Anda bisa ambil manfaat seledri untuk menghilangkan jerawat serta mengatasi masalah kulit wajah berminyak.

Caranya berbeda dengan memanfaatkan seledri untuk menyuburkan rambut. Anda harus lebih dulu merebus seledri ke dalam air yang sudah mendidih. Setelah itu, diamkan dan teruh air seledri tersebut ke dalam kulkas. Gunakan air tersebut untuk membasah wajah di malam hari sebelum Anda tidur. Anda perlu rutin menggunakan air seledri tersebut agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Tahukah Anda kenapa seledri bisa mengatasi masalah jerawat dan kulit wajah berminyak? Menurut pakar kesehatan kulit, di dalam seledri, terdapat kandungan air serta antioksidan yang sangat banyak. Kandungan itulah yang akan melawan radikal bebas serta membantu meremajakan sel-sel kulit yang baru.

  • Mata Kering

Kecantikan bisa dipancarkan dari mata. Apa jadinya jika mata Anda terlihat kering? Mata Anda akan terlihat tidak sehat dan terkesan berwarna kemerah-merahan. Padahal mata yang cantik itu mata yang bening.

Jangan sepelekan masalah yang satu ini. Sebenarnya, mata kering ini tidak hanya berpengaruh pada penampilan Anda. Lebih dari itu, mata yang kering ini membuat penglihatan Anda kurang jelas, terasa perih di mata, serta tingginya resiko terkena masalah kesehatan mata.

Memang ada tingkatan tersendiri. Ketika mata kering Anda belum begitu parah, sebaiknya Anda gunakan seledri untuk mengatasi masalah tersebut. Caranya adalah dengan mengkonsumsi ramuan seledri.

Tumbuk seledri lalu masuk seledri yang sudah Anda haluskan ke dalam gelas. Campurkan dengan garam sedikit saja dan air. Anda bisa konsumsi air tersebut tiga kali sehari dan lihat perubahannya. Mata tidak kering lagi, melainkan terlihat cerah dan bersih.

Jadi semakin ingin mencoba dan merasakan sendiri manfaat seledri untuk kecantikan, bukan? Akan tetapi, bukan berarti manfaat seledri ini hanya untuk kaum hawa saja. Laki-laki pun bisa mendapatkan manfaat daun seledri mengingat ada banyak lagi khasiat yang bisa didapatkan.

Manfaat Seledri Untuk Kesehatan Secara Umum

Sebelumnya, apakah Anda tahu apa yang paling penting untuk menjaga kesehatan? Ketahanan tubuh atau biasanya disebut dengan immune system. Jika ketahanan tubuh kuat, maka Anda tidak akan mudah terserang penyakit.

Dan inilah yang ditawarkan oleh daun seledri. Bisa dikatakan ini manfaat daun seledri yang paling utama.

Lebih spesifik lagi, berikut ini beberapa penyakit yang bisa disembuhkan dengan memanfaatkan daun seledri saja.

  • Rematik

Ada yang bilang ini adalah penyakit yang diderita oleh orang yang sudah berusia lanjut. Namun, pada kenyataannya, tidak jarang anak muda yang sudah mengalami masalah kesehatan yang satu ini. Hal ini disebabkan pola hidup yang kurang sehat seperti sering mandi di malam hari dan kurang berolahraga.

Jika ada tanda-tanda Anda mengalami rematik, sebaiknya Anda mulai mengkonsumsi lebih banyak seledri. Anda bisa campurkan di berbagai menu makanan atau Anda buat jus seledri yang dicampur dengan madu atau susu.

Di dalam seledri, terdapat kandungan poliastelin yang menurut penelitian kandungan ini sangat penting untuk menyembuhkan rematik. Ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh asam urat yang menumpuk dan mengkristal. Akibatnya, sendi menjadi sulit untuk digerakkan. Dengan mengkonsumsi seledri, asam urat yang mengkristal pada persendian akan dihancurkan dan Anda bisa bergerak bebas tanpa ada rasa nyeri pada sendi-sendi tubuh Anda.

  • Mengatasi Batu Ginjal

Kebanyakan orang yang mengalami masalah dengan batu ginjal disebabkan karena kurang mengkonsumsi air putih dan sering menahan buang air kecil. Mereka akan berakhir di meja operasi.

Beruntung jika batu ginjal masih sangat kecil sehingga bisa ditembak dengan laser dan akhirnya batu ginjal tersebut akan pecah kecil-kecil dan larut melalui air seni. Yang dikhawatirkan adalah bagaimana jika batu ginjal sudah sangat besar sehingga tidak ada cara lain selain melakukan operasi.

Seledri memiliki sifat deuretik. Artinya, obat herbal yang satu ini bisa memecahkan serta menghilangkan batu ginjal. Dan ini bisa dijadikan obat mengatasi batu ginjal. Sayangnya, diperlukan waktu yang cukup lama untuk merasakan khasiatnya.

  • Meredakan Batuk

Sekarang Anda tidak perlu lagi repot-repot pergi ke apotek untuk membeli obat batuk. Anda bisa membuat obat batuk sendiri dengan memanfaatkan seledri.

Siapkan beberapa helai daun seledri. Rebus dengan air mendidih. Diamkan dan campur dengan madu. Minumlah tiga kali sehari dan batuk yang Anda alami akan hilang.

  • Mengatasi Stress

Siapa sangka jika seledri ini bisa mengatasi stress. Menurut ahli kesehatan, hal ini disebabkan ada kandungan flavonoid di dalam seledri. Flavonoid inilah yang berperan menurunkan stress di dalam darah.

  • Menurunkan Hipertensi

Pernah dengar obat herbal yang katanya bisa menurunkan hipertensi tapi setelah itu tekanan darah sangat rendah? Ini disebabkan kandungannya yang sangat kuat.

Berbeda dengan seledri. Menurut penelitian, seledri mampu menurunkan hipertensi hingga 14 persen saja. Jadi, tekanan darah sangat rendah tidak perlu dikhawatirkan lagi.

Itulah beberapa manfaat daun seledri. Semoga Anda bisa menjalani hidup sehat dengan memanfaatkan apa saja yang ada di sekitar. Anda juga perlu tahu manfaat temulawak yang tak kalah pentingnya bagi kesehatan tubuh.