Cara Menghitung Berat Badan Ideal Dengan Mudah

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Dengan Mudah

Memiliki badan dan juga berat badan yang ideal tentu saja menjadi idaman dari sebagian besar orang terlebih lagi untuk wanita, hal tersebut karena dengan memiliki berat badan yang ideal nantinya penampilan akan terlihat lebih menarik. Selain itu kesehatan akan lebih terjaga dengan memiliki berat badan yang ideal. Oleh karena itu ada baiknya jika membuat berat badan yang ideal agar nantinya penampilan menjadi lebih menarik dan juga kesehatan tetap terjaga.

Untuk bisa mendapatkan berat badan yang ideal sendiri cukup mudah yaitu dengan menjalankan pola hidup sehat, seperti menkonsumsi makanan bergizi, mengatur pola makan, menjauhi menkonsumsi makanan yang siap saji, menghindari menkonsumsi minuman beralkohol serta rokok, rutin melakukan olahraga, banyak menkonsumsi air putih dan masih banyak lagi yang lainnya.

Untuk orang yang memiliki berat badan berlebih ada baiknya jika dikurangi dengan diet sehat seperti mengatur pola makan dan berolahraga agar nantinya tidak mengalami obesitas yang bisa membahayakan kesehatan, sedangkan untuk yang terlalu kurus juga tidak baik sehingga harus ada program penambahan berat badan.

Namun sebelum menjalankan program mengidealkan berat bada, ada baiknya jika mengetahui beberapa informasi tentang bagaimana cara menghitung berat badan ideal terlebih dahulu agar nantinya di dalam menjalankan program bisa disesuaikan dengan target idealnya.

Untuk menghitung berat badan ideal sendiri sekarang ini bisa dihitung dengan beberapa cara karena banyak sekali cara yang bisa digunakan. Oleh karena itu berikut ini beberapa cara menghitung berat badan ideal yang bisa dicoba sehingga nantinya bisa mendapatkan target berat badan ideal:

1.   ( tinggi badan – 100 ) x 90%

Contoh penghitungannya adalah seperti berikut ini, jika misalnya anda memiliki tinggi 160 cm, maka untuk penghitungan berat badan ideal adalah ( 160 – 100 ) x 90% = 54, jadi berat badan ideal anda jika memiliki tinggi 160 cm, maka berat badan idealnya adalah 54 kg. dengan kata lain jika anda memiliki berat badan yang lebih antara 10% – 20%, maka berat badan anda berlebih sedangkan jika lebih dari 20% maka bisa dibilang anda mengalami obesitas sedangkan jika kurang dari 10% maka anda terlalu kurus sehingga perlu untuk program penambahan berat badan.

2.   Berat badan : kuadrat tinggi badan ( dalam meter )

Contoh penghitungannya adalah seperti jika anda memiliki berat badan 45 kg dengan tinggi 1,6 meter, maka berat badan idealnya adalah 45 : ( 1,6 x 1,6 ) = 17,57.

Selanjutnya anda bisa memperhatikan beberapa hal di bawah ini:

a.   < 17 : Berat badan kurang tingkat berat

b.   17                : Berat badan kurang tingkat ringan

c.   18,4 – 21      : Normal

d.   21,1 – 27      : Berat badan berlebih tingkat ringan

e.   27,1 – 30      : Berat badan berlebih tingkat sedang

f.    > 30 : Berat badan berlebih tingkat berat / obesitas

Jadi jika anda memiliki indeks massa tubuh 17, 57 maka berat badan anda kurang tingkat ringan sehingga membutuhkan program sedikit penambahan berat badan.

Selain itu masih ada beberpa lagi cara menghitung berat badan ideal yang bisa anda coba, dengan mengacu pada penghitungan berat badan ideal tersebut, maka anda bisa menargetkan berapa angka yang harusnya dicapai untuk bisa mendapatkan berat badan yang ideal. Dengan demikian nantinya anda akan memiliki berat badan yang ideal dan juga penampilan anda akan terlihat lebih menarik.