Cara Membuat Ramuan dari Brotowali untuk Mengobati Berbagai Macam Penyakit

Cara Membuat Ramuan dari Brotowali untuk Mengobati Berbagai Macam Penyakit

Brotowali merupakan salah satu jenis tanaman yang sudah terun temurun dipercaya dapat memberikan banyak sekali khasiat bagi kesehatan. Untuk itulah brotowali ini sudah sejak dulu dikenal sebagai salah satu tanaman obat tradisional.

Tanaman liar yang sering tumbuh di sekitar rumah Anda ini memiliki nama latin Tinospora crispa (L.) Miers ex Hoff. f.

Tanaman brotowali ini juga juga dikenal dengan sebutan antawali, andawali, daun gadel, dan putrawali.

Lantas apa manfaat tanaman brotowali untuk kesehatan?

Sebelum mengulas apa saja manfaat brotowali bagi kesehatan, terlebih dahulu akan diulas beberapa zat yang terkandung di dalam tanaman brotowali.

Alasan terbesar kenapa brotowali memiliki kemampuan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit lantaran zat-zat yang terkandung di dalam tanaman brotowali itu sendiri.

Pada tanaman brotowali ini terdapat beberapa kandungan kimia alami seperti halnya alkalid yang terkandung pada akar dan batangnya.

Selain itu pada tanaman brotowali ini di dalamnya juga trkandung glikosida pikroretosid, damar lunak, zat pahit pokrotein, pati, palmatin, hars, kolumbu pada akarnya, berberin, dan kokulin (pikrotoksin).

Sedangkan dari bagian tanaman brotowali yang sering diambil manfaatnya untuk kesehatan adalah pada bagian batangnya.

Sebab zat pahit yang tersimpan pada batang brotowali ini memiliki sifat yang sangat kuat jika digunakan untuk membasmi virus dan juga racun yang menyelinap secara bergerombol ke dalam tubuh.

Untuk itulah jika Anda sering-sering memanfaatkan tanaman brotowali ini secara otomatis virus dan juga racun yang ada di dalam tubuh akan hilang dengan sendirinya.

Selain itu di bagian kulit batang dari tanaman brotowali ini terdapat beberapa senyawa kimia alami, yakni damar lunak yang bewarna kuning sedang dan alkaloid.

Sedangkan zat kimia alami yang terdapat pada akar brotowali adalah zat kolumbin dan berberin.

Untuk fungsi dari alkalid adalah sebagai pembunuh dari bakteri yang terdapat pada luka yang diakibatkan jatuh.

Selain itu untuk zat pahit pikroretin yang terdapat di bagian akar serta batang dari tanaman brotowali ini memiliki peran sebagai perangsang dari kerja urat syaraf pada saluran pernafasan.

Sehingga suhu tubuh yang sedang panas akan diturunkan seiring dengan banyaknya pertukaran zat tersebut.

Membuat Ramuan Obat dari Tanaman Brotowali

Meskipun tanaman brotowali ini memiliki kemampuan untuk menyambuhkan penyakit tertentu namun jika tidak mengerti bagaimana cara membuatnya juga akan menjadi sia-sia.

Lantas bagaimana cara membuat obat tradisional dari tanaman brotowali ini? Inilah caranya:

  1. Sebagai Obat Rematik

Sebenarnya cara membuat ramuan tradisional tanaman brotowali untuk mengobat penyakit sangatlah mudah. Bahkan siapapun dipastikan bisa melakukannya.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah potong 1 jari dari batang brotowali, setelah itu bersihkan sampai bersih. Ambillah batang brotowali yang sudah bersih tadi secukupnya saja.

Setelah itu langkah selanjutnya adalah panaskan 3 gelas air di dalam panci dan masukkan batang brotowali yang sudah Anda potong-potong dan bersihkan tadi. Tunggu sampai airnya tersisa 1 1/5 saja.

Sebelum Anda meminumnya, tunggu sampai dingin dulu. Agar supaya tidak pahit Anda bisa menyampurnya dengan madu murni. Minum ramuan yang sudah Anda campur dengan madu tadi 3 kali sehari.

Yang perlu Anda perhatikan juga saat memanfaatkan tanaman brotowali untuk rematik adalah tidaklah cukup meminum ramuan yang sudah Anda buat tadi hanya sehari saja.

Sebab masalah persendian yang sakit ini akan diminimalisir dalam jangka waktu yang cukup panjang.

  1. Obat Penyakit Kencing Manis

Tanaman brotowali juga dikenal memiliki kemampuan untuk mengatasi penyakit kencing manis.

Sedangkan untuk membuat ramuan tradisional brotowali sebagai obat kencing manis caranya adalah dengan memadukan 1/3 genggam daun sambiloto, 3/4 jari dari batang brotowali, dan daun kumis kucing.

Setelah itu bersihkan lalu potong-potong kemudian rebus dengan menggunakan 3 gelas air dan sisakan menjadi 2 gelas saja.

Kemudian tunggu hingga dingin dan minumlah air hasil rebusan tadi setelah Anda makan. Diminum 2 kali sehari masing-masing 1 gelas. Lakukanlah cara ini secara teratur supaya hasilnya lebih maksimal lagi.

  1. Bisa Menjadi Obat Demam

Dikarenakan beberapa zat kimia alami yang terkandung di dalam tanaman brotowali, menjadikannya memiliki kemampuan untuk menjadi obat demam.

Sdedangkan cara membuat ramuan brotowali sebagai obat demam adalah dengan merebus 2 jari batang brotowali yang sudah Anda bersihkan sebelumnya dengan menggunakan 2 gelas air.

Setelah itu tunggu sampai air rebusan tadi tersisa 1 gelas saja. Sebelum Anda meminumnya tunggu terlebih dahulu sampai dingin dan agar supaya tidak pahit bisa Anda campur dengan madu. Minumlahlah ramuan tadi dua kali sehari. Masing-masing setengah gelas.

  1. Obat Gatal-gatal

Cara membuat ramuan tradisional brotowali untuk mengobati gatal-gatal adalah dengan cara merebus 20 g batang dari tanaman brotowali dengan 2 gelas air. Setelah itu tunggu hingga airnya tinggal setengahnya saja.

Diamkan sebentar sampai air rebusan tadi sedikit lebih dingin. Kemudian pakai air rebusan tadi untuk merendam bagian tubuh Anda yang gatal. Lakukanlah cara ini 2 kali sehari.

  1. Untuk Mengobati Luka, Kudis, dan Koreng

Untuk cara membuatnya adalah ambil kira-kira 30 cm batang brotowali sekaligus daunnya juga. Bersihkan sampai bersih dan potong-potong menjadi masing-masing 5 cm.

Setelah itu rebus dengan menggunakan 6 gelas air selama kurang lebih ½ jam. Tunggu hingga sedikit dingin kemudian gunakan untuk membersihkan bagian tubuh yang luka.

Agar hasilnya lebih maksimal lagi, tumbuk 7 batang daun brotowali sampai halus dan tempelkan pada kulit yang luka tadi. Setelah itu balut dengan menggunakan perban. Perlu Anda perhatikan juga untuk mengganti balutan serta ramuan tadi setiap 2 hari sekali.

  1. Sebagai Obat Malaria

Cara membuat obat tradisional malaria dari tanaman brotowali adalah dengan cara mengambil 20 cm batang brotowali berikut daunnya. Setelah itu bersihkan dan rebus dengan menggunakan 1 gelas air.

Tunggu rebusan tadi hingga airnya tinggal setengahnya saja. Setelah dingin, sebelum Anda meminumnya agar supaya tidak pahit Anda bisa mencampurnya dengan madu. Minumlah ramuan ini 3 kali sehari.

  1. Obat untuk Penyakit Diabetes

Cara membuat obat diabetes dari tanaman brotowali adalah dengan cara merebus 10 cm batang brotowali sekaligus akarnya dengan menggunakan 3 gelas air. Setelah mendidih, saring kemudian diamkan sampai dingin. Minumlah ramuan ini 2 kali sehari.

  1. Sebagai Obat Hepatitis

Cara membuatnya adalah dengan merebus 20 cm batang brotowali sekaligus daunnya juga denga  1 gelas air.

Ketika akan mendidih, campurkan air perasan dari 3 jari temulawak yang sudah Anda parut dan disaring. Minumlah ramuan ini 3 kali sehari.

Melihat begitu mudahnya membuat ramuan dari tanaman brotowali maka tidak ada salahnya untuk Anda coba sendiri di rumah.