Manfaat Buah Plum Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Plum Bagi Kesehatan

Manfaat buah plum jarang diketahui oleh banyak orang, bahkan nama plum saja orang masih banyak yang asing. Hal itu dikarenakan tidak semua orang bisa menjumpai plum dan dapat merasakan buah plum. Harganya yang mahal dan sulitnya menjumpai buah ini menjadi alasan bahwa buah ini termasuk buah dengan kelas menengah ke atas.

Tentang Buah Plum

Asal buah ini berasal dari China, sehingga digolongkan sebagai buah import. Namanya saja buah import. Tentu harga yang ditawarkan cukup mahal. Harganya yang mahal setara dengan kandungan gizi buah tersebut. Tidak jarang, banyak ahli gizi yang menyarankan untuk mengkonsumsi buah plum agar tetap sehat.

Plum dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu Eropa-Asia, Jepang dan juga Damson. China adalah penghasil plum yang utama dan pertama, setelah itu disusul negara Amerika Serikat, Serbia dan juga Rumania. Negara penghasil plum di negara Amerika adalah California.

Kandungan Gizi Dalam Buah Plum

Banyak sekali kandungan gizi di dalam buah plum. Plum banyak mengandung senyawa yang menyehatkan dan menyegarkan. Buah Plum saat ini banyak dikeringkan dan dijual di Indonesia. Bisnis Buah Plum menjadi salah satu peluang bisnis dengan potensi sangat baik. Kandungan gizi yang ada di dalam buah plum adalah sebagai berikut ini :

  • Plum mengandung vitamin dan mineral.
  • Vitamin yang ada di dalam buah plum adalah vitamin A, vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin K, vitamin E dan juga vitamin B-6.
  • Plum mengandung asam askorbat dan juga asam folat.
  • Mineral yang ada dalam buah plum berupa fluor, fosfor, magnesium, zat besi, kalsium dan juga seng.
  • Serat tinggi, rendah kalori dan tidak ada lemak jenuh.
  • Kaya akan antioksidan.

Manfaat Buah Plum Bagi Kesehatan

Gizi yang banyak dalam buah plum bermanfaat dalam menjaga kesehatan. Pada dasarnya buah harus dikonsumsi setiap hari sebab dapat melancarkan pencernaan dan juga menyehatkan usus. Manfaat lainnya adalah sebagai berikut ini :

  1. Mencegah Radikal Bebas. Radikal bebas berasal dari zat polutan dan zat-zat berbahaya di dalam tubuh. Radikal bebas dijaman seperti saat ini ada dimana saja.
    • Zat Dalam Plum Yang Menangkal Radikal Bebas. Plum memiliki senyawa-senyawa yang sangat efektif dalam menangkal radikal bebas. Senyawa tersebut adalah berikut ini :
      • Vitamin C dan fitonutrisi
      • Cryptoxanthin, zea-xanthin
      • Asam neochlorogenic
      • Klorogenat
  2. Menghentikan Luka Akibat Radikal Bebas. Jika Anda terlanjur dilukai oleh radikal bebas. Anda bisa menghentikan membran luka yang dihasilkan oleh radikal bebas dengan mengkonsumsi buah plum.  Zat di dalam buah plum mengandung fenol yang berfungsi untuk melindungi lemak bersifat essensial dalam neuron sehingga membran luka pun bisa berhenti dan mengecil.
  3. Mengobati Obesitas. Obesitas merupakan faktor kegemukan yang bisa diakibatkan genetik dan juga karena faktor makanan. Mengkonsumsi buah plum yang kaya serat bisa bermanfaat dalam proses diet sehingga obesitas akan berkurang. Manfaat Apel juga dapat membantu menurunkan obesitas dan diet anda.
  4. Menghindarkan Dari Komplikasi Obesitas. Penyakit obesitas bisa menyebabkan berbagai penyakit komplikasi misalnya saja jantung, diabetes, stroke dan masih banyak lagi lainnya. Mengkonsumsi plum bisa bermanfaat untuk menyerang sindrom metabolik dengan menggunakan zat bioaktif yang ada di dalam buah plum.
    • Zat Dalam Buah Plum Yang Bermanfaat Untuk Menghindari Komplikasi Akibat Obesitas
      • Flavonoid
      • Senyawa fenolix ( anthocyanin, asam klorogenat, quercetin dan cathechindalam plum ) berfungsi untuk menghindarkan seseorang dari efek buruk obesitas dan juga bermanfaat sebagai anti inflamasi.
    • Sel-sel lemak nabati dalam plum bermanfaat untuk menghindarkan dari efek obesitas termasuk diabetes juga penyakit kardiovaskular.
  5. Menjaga Kesehatan Tulang. Tulang rawan untuk terkena osteoporosis. Jika seseorang terkena osteoporosis akibatnya adalah penderita tidak bisa berjalan akibat tulangnya mengalami pengeroposan. Menjaga kesehatan dan kekuatan tulang bisa menggunakan buah plum.
    • Zat Yang Bermanfaat Untuk Menjaga Kesehatan Tulang
      • Zat anabolik dan juga anti resorptive bermanfaat dalam menjaga kesehatan tulang
      • Flavonoid khususnya asam caffeic bermanfaat dalam penghambatan kerusakan jaringan yang ada di dalam tulang, sehingga wanita dalam pasca menopause akan terhindar dari osteoporosis.
      • Polifenol bersama dengan kalium bermanfaat dalam membantu pertumbuhan dan pembentukan tulang, menjaga dan meningkatkan kepadatan tulang juga mencegah pengeroposan tulang yang diakibatkan oleh hormon yang ada di dalam ovarium.
  6. Membantu Sistem Pencernaan. Buah plum yang kaya serat bermanfaat dalam proses pencernaan di dalam tubuh. Plum merupakan sumber serat yang baik. Plum bisa melancarkan pencernaan sehingga menghindarkan dari penyakit sembelit. Dibandingkan dengan zat psyllium, serat di dalam plum lebih banyak. Selain plum, manfaat kulit manggis juga ampuh untuk pencernaan.
    • Zat yang Bermanfaat Dalam Proses Pencernaan
    • Zat senyawa sorbitol dalam plum membantu usus dalam sistem pencernaan.
    • Senyawa isatol bermanfaat dalam mengatur sistem pencernaan.
    • Sorbitol dan isatin jika digabungkan bisa bermanfaat memberikan efek pencahar sehingga dapat mendorong sekresi cairan di dalam usus. Membantu meningkatkan pembilasan limbah di dalam usus besar.
  7. Melindungi Tubuh Dari Penurunan Kognitif. Semakin bertambahnya usia, tubuh akan mengalami penurunan kognitif. Dalam penurunan kognitif tubuh akan mudah mengalami penyakit parkinson, alzheimer dan juga stroke. Mengkonsumsi jus plum setiap hari bermanfaat melindungi tubuh dari penurunan tersebut.
    • Zat Yang Bermanfaat Dalam Penurunan Kognitif
      • Zat flavonoid merupakan zat yang paling dominan untuk melindungi tubuh dari penurunan kognitif.
      • Fitonutrisi dalam plum bermanfaat untuk menghindarkan tubuh dari peradangan akibat proses neurologis. Fitonutrisi juga bermanfaat meningkatkan memori otak sehingga terhindar dari kepikukan serta alzheimer.
  8. Plum Mengandung kolesterol Baik Dan Sehat. Kolesterol sehat diperlukan oleh tubuh untuk mencegah berbagai penyakit atau gangguan tubuh.
    • Manfaat Kolesterol Baik Dan Sehat
      • Kolesterol sehat bermanfaat mencegah hiperkolesterolemia dan juga hiperlipidemia. Hiperkolesterolemia dan hiperlipidemia merupakan gangguan di dalam tubuh akibat kolesterol jahat.
      • Jus plum bisa bermanfaat untuk mempertahankan plasma yang sehat dan juga mempertahankan kolesterol sehat dalam hati.
      • Kolesterol sehat bermanfaat dalam mengurangi jumlah kolesterol jahat dan menambah jumlah kolesterol baik.
  9. Mengatasi Diabetes. Meski buah mengandung glukosa alami namun ada buah yang tidak dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes dikarenakan bisa menaikkan kadar gula darah. Buah yang tidak boleh dikonsumsi adalah sawo, semangka dan juga mangga. Manfaat buah plum jika dikonsumsi bisa mengatasi diabetes.
    • Cara Kerja Plum Mengatasi Diabetes
      • Plum akan memberikan efek berupa anti hiperglikemia dimana efek itu bermanfaat untuk mengatasi diabetes.
      • Mengkonsumsi jus plum atau buah plum bermanfaat untuk menurunkan kadar glukosa dan tingkatan trigliserida di dalam tubuh.
      • Zat flavonoid di dalam plum bermanfaat untuk memberikan perlindungan terhadap kadar insulin dan meningkatkan kesensitivan insulin yang ada di tubuh.
  10. Sistem Saraf Menjadi Lancar. Bagi yang memiliki penyumbatan di sistem saraf dianjurkan untuk rutin mengkonsumsi plum. Kandungan vitamin di dalam plum sangat bermanfaat untuk melancarkan sistem saraf.
    • Kandungan Dalam Plum Yang Bisa Melancarkan Sistem Saraf
      • Vitamin B6 membantu saraf dalam bertransmisi sehingga bisa membantu fungsi dari kelancaran sistem saraf .
      • Triptofan dan asam amino di dalam buah plum bermanfaat untuk memproduksi neurotransmitter serotonin dimana zat itu berperan penting dalam membantu tidur menjadi nyenyak, meningkatkan konsentrasi dan juga menambah nafsu makan.
  11. Menyehatkan Sel Di Dalam Tubuh. Sel di dalam tubuh bisa sehat dikarenakan buah plum memiliki kandungan tembaga yang berfungsi sebagai antioksidan. Tembaga dalam plum juga bermanfaat untuk kesehatan saraf dan pembentukan kolagen. Plum juga bisa mencegah penyakit anemia dikarenakan zat besi di dalamnya.
  12. Mengatasi Depresi. Plum buah yang multifungsi, dengan kandungan anxiolytic, asam chlorogenic dan antioksidannya membantu menghilangkan depresi. Kecemasan yang berlebihan pun bisa diatasi dengan mengkonsumsi buah plum.
  13. Mengatasi Flu. Kandungan lektin yang ada di dalam plum bermanfaat untuk menghambat dan mengobati infeksi yang diakibatkan oleh virus influenza.
  14. Menyehatkan Ibu Hamil. Saat hamil mengkonsumsi buah dan sayur sangat dianjurkan untuk menyehatkan janin dan ibu hamil. Salah satu buah yang bermanfaat bagi kehamilan adalah plum. Karena buah plum mengandung banyak vitamin dan mineral yang dubutuhkan selama kehamilan. Senyawa di dalam plum memiliki manfaat untuk kesehatan mata, perkembangan tulang janin dan juga pembentukan sel janin. Saat mengkonsumsi plum untuk ibu hamil sebaiknya tidak menggunakan gula. Gula bisa menyebabkan kadar gula ibu hamil naik dan menyebabkan bayi menjadi besar dalam kandungan.
  15. Membantu Proses Pembekuan Darah

Plum mengandung banyak vitamin, salah satunya adalah vitamin K. Vitamin K bermanfaat dalam proses pembekuan darah di dalam tubuh.

Cara Memilih Buah Plum Dengan Kondisi Baik

Buah akan menurun fungsinya jika dalam keadaan tidak baik. Oleh sebab itu pilihlah kondisi buah plum dengan kondisi baik. Karena jarang dijumpai, banyak orang yang ketika melihat plum di supermarket atau di pasar modern langsung membelinya tanpa tahu bagaimana kualitasnya. Buah dengan kualitas baik akan memberikan efek positif dan manfaat yang baik pula. Berikut ini cara memilih plum dengan  kualitas baik :

  • Hindari memilih buah plum dengan kondisi memar atau kondisi sangat lunak.
  • Plum yang sudah matang jika ditekan sedikit akan terasa lunak. Sedangkan plum yang sudah busuk kondisinya jika ditekan terasa sangat lunak.
  • Plum menimbulkan bau harum dan juga bau yang manis.
  • Hindari memilih plum dengan kondisi cacat di kulitnya misalnya ada luka goresan atau tusukan. Jika kondisinya seperti itu kandungan gizi dalam plum sudah tidak bagus lagi sehingga berkuranglah manfaat buah plum.

Tingginya manfaat buah plum membuatnya salah satu jenis buah yang wajib dikonsumsi secara rutin. Saat ini untuk mendapatkan buah plum tidak sulit bahkan terbuka peluang menjadi distributor / pemasar buah plum kering yang kaya manfaat tersebut. Untuk daftar menjadi reseller buah plum kering silahkan kunjungi www.penurunberatbadan.com

Bagaimana Anda Yakin Kulit Manggis Bagus Untuk Kecantikan?

Bagaimana Anda Yakin Kulit Manggis Bagus Untuk Kecantikan?

Bisa dikatakan kulit manggis ini kaya sekali akan manfaat. Mulai dari bisa mengobati berbagai macam penyakit berat misalnya saja seperti penyakit kanker dan diabetes hingga bisa dimanfaatkan dalam hal kecantikan.

Mungkin Anda sudah tahu atau bahkan sudah mempraktekkan menjaga kecantikan dengan memanfaatkan madu. Kali ini, Anda juga harus tahu bagamana cara memanfaatkan kulit manggis

Bahkan bisa dikatakan buah manggis ini merupakan penolong bagi para wanita yang ingin selalu tampil cantik, sebab banyak sekali manfaat kulit manggis untuk kecantikan.

Buah manggis dengan nama latin Garcinia Mangostana L. ini bisa diakatan baik buanya ataupun kulitnya sama-sama bisa dimanfaatkan baik dalam  hal kesehatan ataupun  kecantikan.

Dibalik struktur kulitnya yang keras serta berserat ini ternyata memiliki kandungan serta manfaat yang sangat besar.

Kandungan Kulit Manggis untuk Kesehatan

Sebenarnya apa yang terkandung di dalam kulit manggis sehingga bisa memberikan manfaat yang begitu besar?

Bahkan bisa dikatakan ekstrak dari kulit manggis ini memiliki beragam manfaat yang bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Tidak hanya sampai di situ saja, kulit manggis ini juga bisa dikatakan sangat bermanfaat bagi kaum hawa.

Kenapa demikian, sebab banyak sekali manfaat dari kulit manggis yang bisa dimanfaatkan untuk kecantikan.

Alasan kenapa kulit manggis memiliki banyak sekali manfaat sebab kandungan xanthone yang terdapat pada kulit manggis ini.

Xanthone yang terkandung pada kulit manggis ini ternyata memiliki sifat sebagai antidiabetes, antiperadangan, antikanker, antibakteri, hepatoprotektif, meningkatkan kekebalan tubuh, antiplasmodial, aromatase inhibitor, antifungi, dan memiliki aktivitas sitotoksik.

Selain itu xanthone ini juga memiliki manfaat dapat mencegah pertumbuhan sel kanker dan juga tumor.

Tidak sampai di situ saja, alasan kenapa kulit manggis memiliki begitu banyak manfaat bagi manusia dikarenakan kandungan mangostin yang terdapat pada kulit manggis.

Mangostin ini dikenal sebagai tipe baru dari histamin. Mangostin ini bisa menjadi antiinflamasi dan juga antioksidan.

Perlu Anda ketahui juga bahwasanya zat antioksidan serta antimikroba yang berasal dari kulit manggis ini memiliki khasiat dapat menetralkan asam lambung.

Selain dapat menetralkan asam lambung juga memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri serta kuman penyakit yang merugikan sehingga dapat membuat sitem pencernaan yang ada di dalam tubuh menjadi lancar.

Kulit manggis juga mengandung antioksidan alami yang bermanfaat untuk jaringan sel tubuh manusia sehingga akan membuat Anda menjadi awet muda. Selain itu juga dapat membantu menjaga setamina tubuh agar selalu tetap fit.

Tahukah Anda ternyata antioksidan ini memiliki kemampuan untuk mengakhiri reaksi berantai serta dapat memperlambat dan bahkan menghambat reakas ini dengan cara menghapus intermediet radikal bebas serta menghambat rekasi oksidasi lainnya.

Untuk itulah apabila kadar antioksidan yang ada di dalam tubuh rendah maka secara otomatis akan menyebabkan tubuh sulit untuk mengontrol kandungan nutrisi serta vitamin C yang ada di dalam tubuh.

Kondisi seperti ini tentunya akan sangat membahayakan kondisi tubuh secara keseluruhan. Maka dari itu jangan sampai tubuh Anda dalam kondisi yang seperti ini.

Bahkan untuk saat ini antioksidan sudah banyak diteliti serta sedang dikembangkan menjadi suplemen makanan dan dijadikan juga sebagai pencegah berbagai macam penyakit kronis seperti jantung koroner, kanker, diabetes, stroke, dan lain sebagainya.

Namun perlu Anda perhatikan juga bahwa penggunaan antioksidan ini harus sesuai dengan dosis supaya bisa memperoleh hasil yang maksimal.

Sebab apabila mengkonsumsi antoksidan terlalu banyak justru akan mengganggu kesehatan serta dapat mengganggu organ yang ada di dalam tubuh.

Maka dari itu sangat wajar apabila sekarang ini banyak yang memanfaatkan buah manggis ini untuk dijadikan sebagai obat herbal alami untuk kesehatan dan juga kecantikan.

7 Manfaat Kulit Manggis Untuk Kecantikan

Zat yang terkandung di dalam kulit manggis menjadikan kulit manggis ini selain bisa dimanfaatkan untuk kesehatan juga dapat dimanfaatkan untuk kecantikan.

Sedangkan khasiat kulit manggis untuk kecantikan adalah sebagai berikut ini:

  1. Dapat Mencerahkan Kulit yang Kusam

Kulit yang kusam bisa disebabkan oleh banyak faktor. Bisa karena sering terkena paparan sinar matahari secara langsung dan terus menerus atau bisa disebabkan oleh faktor yang lain.

Namun apapun itu penyebab dari kulit kusam, atasi segera dengan memanfaatkan kulit manggis ini, sebab zat yang terkandung di dalam kulit manggis ini memiliki kemampuan untuk mencerahkan kembali kulit yang sudah kusam.

Bahkan kulit manggis ini dipercaya manfaatnya sama dengan manfaat daun insuline yang juga dapat mengembalikan kulit yang kusam supaya putih kembali.

  1. Menghilangkan Flek Hitam Pada Wajah

Selain dapat mengembalikan kulit yang kusam agar cerah kembali, kulit manggis juga memiliki kemampuan untuk menghilangkan flek hitam pada kulit wajah.

Dan hebatnya lagi kulit manggis ini tidak menyebabkan kulit wajah menjadi kering ataupun iritasi pada kulit wajah.

  1. Dapat Mengusir Jerawat

Khasiat kulit manggis untuk kecantikan selanjutnya adalah dapat membantu mengusir jerawat, bahkan untuk jenis jerawat yang membandel sekalipun.

Hebatnya lagi, selain dapat menghilangkan jerawat, kulit manggis ini juga memiliki kemampuan untuk menghilangkan bekas jerawat juga.

Jadi bisa dikatakan untuk permasalahan jerawat, kulit manggis ini sangatlah lengkap manfaatnya, sebab selain mengusirnya juga dapat menghilangkan bekasnya juga.

  1. Memutihkan Kulit

Impian Anda untuk memiliki kulit yang putih, bersih, dan berseri bisa Anda wujudkan dengan cara memanfaatkan kulit manggis ini.

Untuk mendapatkan kulit yang putih, bersih, dan berseri ini bisa dengan langsung mengkonsumsi kulit manggis atau menjadikan kulit manggis ini untuk luluran.

  1. Dapat Mengencangkan Kulit

Dengan bertambahnya usia maka secara otomatis kulit juga akan semakin mengendur. Situasi seperti ini merupakan sebuah situasi yang tidak bisa dihindari.

Namun ternyata dengan memanfaatkan kulit manggis ini dapat membantu Anda untuk mengencangkan kembali kulit yang sudah mulai kendur. Untuk itulah kenapa kulit manggis juga dikenal sebagai obat awet muda.

  1. Melembutkan Kulit yang Kasar

Bagi Anda yang memiliki kulit yang kasar, bisa memanfaatkan kulit manggis ini untuk mengatasinya.

Sebab kandungan yang ada di dalam kulit manggis ini ternyata juga memiliki kemampuan untuk membuat kulit yang kasar berubah menjadi lembut. Sebenarnya Anda juga bisa memanfaatkan daun pepaya sebagai alternatif untuk mengatasi masalah yang satu ini.

  1. Menghilangkan Tanda-tanda Penuaan Dini

Penuaan dini ini bisa dialami oleh siapa saja, terlebih lagi untuk para wanita. Agar suapaya situasi ini tidak menimpa Anda maka manfaatkanlah kulit manggis ini untuk mencegahnya.

Atau jika situasi ini sudah menimpa Anda maka kulit manggis ini juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan tanda-tanda penuaan dini ini.

Di atas sudah disingging bahwa kulit manggis ini merupakan obat awet muda. Itulah kenapa Anda harus memanfaatkannya jika ingin tampak muda terus.

Itulah beberapa manfaat kulit manggis untuk kecantikan yang sering dilupakan atau jarang disadari. Padahal kulit manggis ini memiliki manfaat yang sangat besar bahkan tidak kalah besarnya dengan manfaat daun insuline untuk kecantikan.

7 Manfaat Jeruk Nipis untuk Menyembuhkan Penyakit

7 Manfaat Jeruk Nipis untuk Menyembuhkan Penyakit

Dibalik rasa asam dari jeruk nipis ternyata memiliki manfaat yang begitu besar khususunya untuk kesehatan tubuh. Tercatat ada banyak sekali jenis penyakit yang bisa disembuhkan dengan memanfaatkan jeruk nipis. Apa saja penyakit tersebut? Inilah jawabannya.

Jeruk yang memiliki nama latin Citrus Aurantifolia ini sebenarnya sudah sejak dari dulu sering dimanfaatkan oleh nenek moyang kita sebagai obat tradisional berbagai macam jenis penyakit.

Bahkan air dari jeruk nipis ini juga sering dimanfaatkan sebagai penyedap masakan, untuk minuman, sebagai penyegar, dan sering juga diguanakan sebagai bahan untuk membuat asam sitrat.

Tidak hanya itu saja, jeruk nipis ini juga sering dimanfaatkan dalam hal kecantikan, khusunya untuk perawatan kulit.

Kandungan dari Jeruk Nipis

Alasan terbesar kenapa jeruk nipis ini memiliki banyak sekali manfaat dikaranakan banyak sekali zat-zat yang terkandung di dakamnya, yang mana zat-zat tersebut memiliki kemampuan dalam hal kesehatan dan juga kecantikan.

Sedangkan beberapa zat-zat yang terkandung di dalam jeruk nipis sendiri antara lain adalah sebagai berikut ini:

  1. Macronutrients, Serat dan Kalori

Tahukah Anda bahwa di dalam 1 cangkir dari air jeruk nipis di dalamnya terkandung 1 gram protein dan 0,17 gram total lemak, yang mana jumlah tersebut merupakan 2% dari nilai harian yang telah ditetapkan oleh Amerika Serikat Food and Drug Atministration berdasarkan dari diet 2.000 kalori perhari.

Selain itu jeruk nipis juga mengandung karbohidrat sebanyak 20 gram, 60 kalori, dan 1 gram serat. Air jeruk nipis juga memiliki sejumlah lemak yang bebas kolesterol.

  1. Nilai Micronutrient

1 cangkir dari air jeruk nipis mengandung vitamin C sebanyak 73 miligram, jumlah ini sudah melebihi vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya.

Vitamin C ini sangat penting untuk pengembangan jaringan ikat tubuh, mendukung dinding pembuluh darah, dan sebagai penyembuh luka.

Selain itu di dalam jeruk nipis juga terkandung mikronutrein penting lainnya dengan jumlah yang lebih kecil, diantaranya seperti magnesium, kalsium, fosfor, kalium, vitamin A dan B.

  1. Kaya Flavonoid

Flavonoid ini merupakan pigmen yang memberikan warna untuk tanaman mereka. Dan ternyata jeruk nipis ini kaya sekali akan flavonoid yang bisa bertindak sebagai antioksidan yang sangat kuat.

Antioksidan ini dapat melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas, yang dapat merusak sel-sel sehat yang ada di dalam tubuh.

  1. Kandungan Asam Sitrat

Tahukah Anda bahwa asam sitrat inilah yang menyebabkan rasa asam getir dari jeruk nipis. Namun ternyata asam sitrat ini bisa memberikan perlindungan yang sangat berharga bagi tubuh.

Hal ini disebabkan air jeruk nipis ini memiliki kemampuan dapat mengurangi penyebaran bakteri lantaran asam sitrat yang dikandungnya.

  1. Kandungan Mineral

Di dalam jeruk nipis ini juga terkandung berberapa mineral sehat seperti halnya tambaga, besi, kalium, dan juga kalsium.

Apalagi kalium ini merupakan sebuah komponen yang sangat penting dari sel serta cairan tubuh sebab dapat membantu mengontrol tekanan darah dan detak jantung.

7 Jenis Penyakit yang Dapat Diobati dengan Menggunakan Jeruk Nipis

Di atas sudah di jelaskan apa saja zat-zat yang terkandung di dalam jeruk nipis. Sekarang akan dibahas penyakit apa saja yang bisa disembuhkan dengan memanfaatkan jeruk nipis ini.

Untuk jenis penyakit yang dapat disembuhkan dengan memanfaatkan jeruk nipis antara lain:

  1. Penyakit Diabetes

Hasil penelitian yang dilakukan oleh American Diabetes Association mengungkapkan bahwa jeruk nipis dianggap sebagai makanan super bagi para penderita diabetes.

Hal ini disebabkan oleh serat larut yang tinggi yang terkandung di dalam jeruk nipis ini merupakan makanan yang sangat ideal sebab dapat membantu mengatur penyerapan tubuh dari gula menuju aliran darah.

Selain itu juga bisa mengurangi terjadinya lonjakan gula darah yang merupakan resiko sangat serius bagi para penderita diabetes.

Apalagi jeruk nipis memiliki indkes glikemik yang sangat rendah, hal ini membuktikan bahwa tidak akan menyebakan lonjakan yang tak terduga dalam kadar glukosa.

  1. Penyakit Jantung

Serat larurt yang dapat membantu para penderita diabetes ini ternayata juga bisa membantu para penderita penyakit jantung.

Hal ini disebabkan lantaran dapat membuat tekanan darah menjadi lebih rendah. Selain itu juga bisa menghilangkan keberadaan dari kolesterol LDL (kolesterol jahat).

Selanjutnya, serat larut ini akan mengurangi peradangan pada pembuluh darah, yang merupakan sebuah tindakan pencegahan untuk serangan jantung, penyakit jantung, dan juga stroke.

  1. Gangguan Pernapasan

Tahukah Anda ternyata ekstrak dari jeruk nipis sudah sering dimanfaatkan sebagai obat-obatan anti-kongestif, seperti halnya alat penguap, blam, dan inhakler disebakan adanya kaempferol.

Dengan hanya menghirup aromanya saja bisa membantu untuk mengatasi rasa sesak dan juga mual.

  1. Radang Sendi

Radang sendi salah satunya bisa disebabkan oleh asam urat yang meumpuk pada tubuh. Asam urat ini bisa dikatakan sebagai salah satu dari produk limbah yang seharusnya dibuang saat sedang buang air kecil.

Namun jika jumlah limbahnya terlalu banyak bisa mengakibatkan rasa sakit dan bisa menyebabkan peradangan dari arthritis lebih buruk lagi.

Dikarenakan jeruk nipis ini memiliki sifat anti inflamasi maka dapat dimanfaatkan untuk mengatasi peradangan tersebut.

  1. Demam

Jeruk nipis juga bisa digunakan sebagai obat alternatif bagi penderita demam. Jeruk nipis ini dikenal memiki kemampuan dapat mengurangi demam yang tinggi sekalipun.

Hal ini disebabkan kandungan vitamin C pada jeruk nipis ini secara alami memiliki kemampuan untuk menurunkan suhu tubuh. Itulah kenapa jeruk nipis ini juga dikenal sebagai obat alami penyakit demam.

  1. Asam Urat

Sudah tahukah Anda apa penyebab  utama dari asam urat ini. Sebenarnya ada dua penyebab utama dari asam urat itu sendiri, pertama adalah akumulasi dari radikal bebas yang ada di dalam tubuh, kedua adalah akumulasi dari racun yang ada di dalam tubuh.

Dan ternyata jeruk nipis ini memiliki kemampuan untuk mencegah kedua penyabab utama dari asam urat tersebut.

Hal ini dikarenakan jeruk nipis merupakan sumber antioksidan dan pendetoks (Flavonoid dan Vitamin C), yang memiliki kemampuan dapat mengurangi jumlah radikal bebas serta memiliki kemampuan untuk melakukan detoksifikasi tubuh secara alami.

  1. Anti Kanker

Jeruk nipis merupakan salah satu buah yang sangat kaya akan kandungan zat flavonoid. Dan ternyat flavonoid ini merupakan zat anti kanker.

Hal ini dikaranakan zat flavonoid ini memiliki peran untuk membunuh serta mencegah kerusakan sel.

Untuk itulah agar supaya sel kanker yang ada di dalam tubuh Anda tidak berkembang maka tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi jeruk nipis ini secara rutin.

Di atas merupakan sebuah bukti sebegitu besarnya manfaat jeruk nipis untuk kesehatan. Untuk itulah konsumsilah jeruk nipis ini setiap hari supaya bisa mendapatkan sejuta manfaat dari jeruk nipis.

 

 

Ini dia Yang Akan Anda Dapatkan Jika Mengkonsumsi Buah Naga

Ini dia Yang Akan Anda Dapatkan Jika Mengkonsumsi Buah Naga

Buah naga merupakan salah satu buah yang sangat terkenal di dunia. Siapa yang tidak mengenal buah yang satu ini. Buah yang satu ini selain memiliki beberapa jenis warna yang berbeda juga memliki bentuk yang unik.

Namun tidak bentuk dan warna dari buah naga yang akan dibahas, namun khasiat yang dimiliki oleh buah naga, terlebih lagi khasiat buah naga untuk kecantikan.

Tidak hanya sangat besar manfaatnya untuk kecantikan, buah naga saat ini juga sering dimanfaatkan dalam hal kesehatan. Buah ini bisa Anda jadikan alternatif selain memanfaatkan buah dan kulit manggis.

Dalam bahasa inggris, buah naga dikenal dengan nama dragon fruit, nama ini tidak lepas dari kondisi kulit buah naga yang bentuknya mirip seperti sisik dari kulit naga.

Buah naga ini sering sekali muncul saat hari raya imlek serta perayaan-perayaan yang berhubungan dengan kebudayaan orang Tionghoa.

Kandungan dari Buah Naga

Manfaat besar dari buah naga baik untuk kecantikan dan kersehatan tentunya tidak terlepas dari zat-zat yang terkandung pada buah naga itu sendiri.

Contohnya saja seperti banyaknya nutrisi yang terkandung pada buah naga, seperti protein, vitamin C, kalium, kalsium, mineral, serat, fosfor, zat besi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dikarenakan pada buah naga ini terkandung nutrisi yang sangat baik bagi tubuh, maka tidak mengherankan jika buah naga memiliki kemampuan untuk mengatasi berbagai macam permasalahan terkait dengan kecantikan dan juga kesehatan.

Jenis Buah Naga yang Ada di Dunia

Perlu Anda ketahui bahwa jenis buah naga tidak hanya ada dua saja di dunia ini, namun sebenanrnya ada 4 jenis dari buah naga.

Perbedaan tersebut diambil dari warna kulitnya. Sedangkan untuk nama dari keempat buah naga tersebut adalah sebagai berikut ini:

  1. Hilocerus Undetus

Hilocerus Undetus ini adalah jenis buah naga denga kulit yang bewarna merah dan daging buahnya bewarna putih. Buah naga jenis ini yang paling sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia

  1. Hilocereus Polyrhizus

Untuk buah naga jenis kedua ini cirinya adalah memiliki warna kulit pink atau merah muda dan untuk daging buahnya bewarna merah.

  1. Selenicereus Megalanthus

Selenicereus Megalanthus ini merupakan buah naga dengan warna kulit agak sedikit kuning sedangkan daging buahnya bewarna putih (hampir mirip dengan buah naga jenis Hilocerus Undetus).

  1. Hylocereus Costaricensis

Jenis buah naga yang keempat ini kulit dan juga dagingnya memiliki warna merah. Bahkan antara kulit buah dengan dagingnya warna merahnya sangat pekat sekali.

Namun meskipun berbeda jenisnya, pada dasarnya buah naga memiliki khasiat yang sama. Untuk itulah apapun jenisnya, buah naga bisa dimanfaatkan baik untuk kecantikan dan kesehatan.

Manfaat Buah Naga Merah untuk Kecantikan

Selain sudah dikenal memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan, buah naga juga dikenal memiliki sejuta manfaat bagi kecantikan.

Sedangkan untuk beberapa manfaat buah naga merah bagi kecantikan adalah sebagai berikut ini:

  1. Dapat Mencegah Penuaan Dini

Apabila ada keriput, garis-garis, kerutan, dan kendur pada kulit wajah maka ini merupakan tanda-tanda dari penuaan dini.

Penyebab terbesar dari penuaan dini adalah kerena pengaruh dari radikal bebas yang tidak kunjung ditangani.

Untuk mengatasi radikal bebas ini Anda bisa memanfaatkan buah naga. Caranya adalah dengan menghaluskan daging dari buah naga kemudian Anda jadikan sebagai masker wajah. Lakukan cara ini secara rutin setiap harinya.

  1. Dapat Mengoptimalkan Regenerasi Sel Kulit Baru

Perlu Anda pahami bahwasanya peremajaan dari sel-sel kulit tidak akan pernah lepas dari yang namanya regenerasi.

Dengan adanya regenerasi sel kulit yang baru ini akan menjadikan kulit wajah menjadi lebih cerah dan bersinar dari pada sebelumnya.

Dan ternyata buah naga memiliki kemampuan dapat mengoptimalkan regenerasi sel kulit yang baru.

Caranya adalah dengan menjadikan daging buah naga sebagai masker dengan dicampurkan madu alami.

Gunakanlah masker ini selama 30-60 menit setiap harinya agar supaya kulit wajah menjadi cerah dan cantik.

  1. Dapat Menghaluskan Kulit Secara Alami

Penyebab terbesar kulit wajah menjadi kasar dikarenakan adanya penumpukan sel-sel kulit yang sudah mati yang ada di permukaan kulit wajah.

Lantaran buah naga kaya sekali akan vitamin C, asam folat, dan protein maka dapat melarutkan sel-sel kulit mati yang menumpuk tadi.

Caranya adalah dengan menghaluskan daging buah naga dan Anda jadikan sebagai masker scrubing. Agar supaya hasilnya lebih maksimal lagi, sangat disarankan untuk mencampurnya dengan jeruk nipis.

Alasannya adalah jeruk nipis merupakan buah yang sangat tinggi kandungan vitamin C nya.

Maka dari itu jika ditambah dengan jeruk nipis secara otomatis akan memberikan efek yang lebih maksimal lagi.

  1. Dapat Membantu Menghilangkan Bintik Hitam pada Kulit Wajah

Selain disebabkan oleh bekas jerawat, umumnya bintik hitam pada kulit wajah sering disebabkan oleh sel kulit mati pada lapisan epidermis.

Dengan sering meminum jus buah naga dipercaya dapat membantu Anda dalam menghilangkan bintik hitam dari dalam.

Sedangkan dengan menggunakan masker buah naga secara rutin sehabis mandi selama kurang lebih 30 menit dipercaya dapat membantu menghilangkan bintik hitam pada kulit wajah dari luar.

  1. Dapat Mencegah dan Mengobati Jerawat

Kandungan vitamin C pada buah naga dipercaya sangat ampuh dijadikan sebagai obat untuk mencegah sekaligus mengobati jerawat.

Caranya adalah dengan memblender daging buah naga sampai halus kemudian peras dan setelah itu ambil airnya.

Oleskan air perasan tadi pada kulit wajah yang berjerawat setelah itu diamkan sampai mengering. Pakailah dengan teratur sampai jerawat tadi mengering.

  1. Dapat Mengatasi Kulit yang Terbakar oleh Sinar Matahari

Manfaat buah naga merah bagi kecantikan lainnya adalah dapat mengatasi kulit kering dan bewarna merah yang diakibatkan terbakar oleh sinar matahari.

Caranya buatlah perasan dari buah naga dan mentimun dengan takaran masing-masing 2 sendok makan. Aduk sampai merata dan campurkan juga 1 sendok makan madu murni.

Setelah itu oleskan ramuan tadi pada bagian kulit wajah yang terbakar tadi. Tunggu sampai kulit wajah terasa dingin.

Kemudian bilaslah dengan menggunakan air hangat dan kemudian dilanjutkan dengan mengguankan air dingin atau bisa dengan menggunakan air es.

  1. Buah Naga Dapat Melindungi Kulit dari Sinar UV

Kandungan phytoene dan phyofluence yang juga terkandung di dalam buah naga memiliki manfaat untuk melindungi kulit wajah dari pengaruh buruk yang diakibatkan oleh sinar UV.

Hal ini dikarenakan phytoene dan phyofluence yang terkadung pada buah naga ini memiliki kemampuan untuk menyerap sinar UV serta dapat mempertahankan kulit wajah agar tetap sehat.

Caranya adalah dengan membuat perasan dari daging buah naga. Setelah itu ambil kapas dan celupkan pada air perasan buah naga tadi kemudian tempelkan kapas tersebut pada kulit wajah setelah itu tunggu sampai benar-benar meresap ke dalam kulit.

Setelah itu diamkan beberapa saat kemudian bilaslah dengan menggunakan air yang bersih.

Suapaya mendapatkan hasil yang lebih maksimal lagi, lakukanlah cara ini setiap pagi sebelum Anda beraktivitas.

Dikarenakan begitu besar manfaat dari buah naga untuk kecantikan, maka sudah sewajarnya bagi Anda untuk mengambil keuntungan dari buah yang satu ini.

 

 

Tidak Semua Buah Itu Bagus Untuk Kesehatan Lho

Tidak Semua Buah Itu Bagus Untuk Kesehatan Lho

Untuk menjaga kecatikan sebenanrnya bukan hal yang sulit untuk dilakukan. Namun terkadang Anda tidak menyadari hal seperti ini. Sehingga Anda memilih melakukan cara yang sulit dan mahal.

Memang hal tersebut sah-sah saja untuk Anda lakukan. Namun terkadang Anda melupakan sesuatu yang sebenanrnya bisa membahayakan kecantikan itu sendiri.

Terlalu sering memakai produk kecantikan untuk meraih kecantikan bukanlah tanpa resiko. Memang resiko tersebut tidak serta merta langsung bisa Anda rasakan.

Namun terkadang efek samping dari produk kecantikan tersebut bisa datang lebih cepat dari perkiraan Anda.

Anda tentunya sudah sangat memahami apabila terlalu sering memanfaatkan produk kecantikan yang di dalamnya tercampur berbagai macam bahan kimia sangatlah berbahaya.

Kenapa demikian, sebab efek samping dari seringnya pemakaian produk yang dicampur dengan bahan kimia tersebut berpotensi besar menimbulkan efek samping.

 

Alasan Kenapa Anda Harus Beralih Ke Bahan Herbal Alami

Jika ada yang aman kenapa harus mengambil yang beresiko. Padahal pada dasarnya tujuannya sama, yakni ingin memperoleh kecantikan.

Memang terkadang dalam hal tertentu memilih yang beresiko harus dilakukan jika ingin cepat memperoleh apa yang Anda inginkan.

Namun Anda juga harus ingat bahwa untuk situasi yang satu ini resikonya bisa sangat berbahaya.

Sebab resiko yang bisa ditimbulkan tidaklah main-main lagi. Kenapa demikian, banyak penyakit berbahaya misalnya saja seperti kanker kulit yang disebabkan karena pemakaian produk kecantikan yang berbahaya.

Itu baru salah satu contoh jenis penyakit berbahaya yang berpotensi menyerang Anda. Padahal banyak jenis penyakit berbahaya lainnya yang kemungkinan bisa menyerang Anda juga.

Melihat situasi semacam itu, Anda tentunya harus mencoba mencari alternatif lain. Sebuah cara yang aman dan nyaman.

Dan yang terpenting adalah cara tersebut tetap bisa membuat apa yang Anda inginkan terwujud.

Pertanyaannya sekarang adalah apa yang harus dilakukan?

Anda seharusnya menyadari bahwa di sekitar Anda banyak sekali bahan alami yang bisa Anda manfaatkan dalam hal kecantikan.

Bahkan bisa dikatakan hasilnya tidak kalah dengan produk-produk kecantikan yang kemungkinan besar di dalamnya dicampur dengan bahan kimia.

Memang tidak semua produk kecantikan yang dicampur dengan bahan kimia memiliki efek samping yang berbahaya.

Namun bisa dipastika pasti ada efek samping. Entah efek sampingnya dalam jangka waktu cepat ataupun lama.

Untuk itulah disarankan kepada Anda supaya beralih untuk memanfaatkan bahan herbal alami untuk kecantikan.

Apalagi bisa dipastikan jika penggunaan bahan herbal alami untuk kecantikan tidak akan menimbulkan efek samping yang berbahaya. Jadi sudah bisa dipastika keamanannya terjamin.

 

Memanfaatkan Buah-buahan untuk Kecantikan

Salah satu bahan herbal alami yang bisa Anda manfaatkan dalam hal kecantikan adalah buah-buahan.

Banyak sekali jenis buah yang memiliki kandungan yang dapat membantu Anda memperoleh kecantikan secara alami.

Adapun beberapa jenis buah yang bisa Anda gunakana adalah sebagai berikut ini:

  1. Lemon dan Jeruk Nipis

Kedua buah ini dikenal memiliki kandunagan vitamin C yang sangat kaya. Dan perlu Anda ketahui bahwa kedua jenis buah ini juga sangat sering dimanfaatkan sebagai campuran saat membuat produk untuk kecantikan.

Bagi Anda yang ingin mencerahkan wajah, bisa dikatakan kedua jenis buah ini sangat cocok untuk digunakan.

Bahkan selain kaya akan vitamin C, kedua jenis buah ini di dalamnya juga terkandung beberapa zat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit, contohnya saja seperti protein, kalsium, fosfor, dan asam sitrat.

Untuk itulah jika Anda memiliki permasalahan kulit seperti kulit yang kusam atau jerawat bisa memanfaatkan lemon dan jeruk nipis untuk mengatasinya. Dan masih banyak lagi manfaat jeruk nipis yang bisa Anda dapatkan.

  1. Tomat

Alasan terbesar kenapa tomat bisa dipakai untuk merawat kecantikan sebab di dalam buah tomat ini terkandung vitamin C dan air yang memiliki kemampuan untuk mengembalikan bentuk pori-pori ke dalam bentuk yang semula.

Selain jeruk nipis dan lemon, tomat merupakan jenis buah yang juga memiliki kemampuan dapat mencerahkan kulit.

Pada tomat ini di dalamnya juga terkandung senyawa flavonoid dan senyawa zea-xanthin yang memiliki kemampuan dapat menangkal radikal bebas yang tentunya akan sangat membahayakan jika dibiarkan.

  1. Bengkoang

Bengkoang ini dikenal sangat kaya akan kandungan zat tepung dan air yang memiliki khasiat bisa menyehatkan kulit sekaligus juga memutihkannya.

Apalagi di dalam bengkoang juga terkandung zat besi, vitamin C, dan kalsium yang sangat dibuthkan oleh tubuh tentunya.

Kahasiat bengkoang lainnya adalah dapat dimanfatakan untuk menghilangkan flek hitam serta dapat memutihkan kulit secara keseluruhan. Bukan hanya kulit wajah saja.

  1. Mentimun

Jika Anda ingin mengatasi kulit yang kering, maka buah mentimun ini adalah solusinya. Sebab di dalam buah mentimun ini banyak mengandung elektrolit dan air sehingga sangat cocok ketika diguanakan untuk mengatasi kulit yang kering.

Apalagi buah mentimun ini juga mengandung antioksidan unik dalam rasio yang moderat, seperti halnya betakarotin dan alfakaroten, lutein, vitamin A dan C.

Untuk fingsi dari senyawa tersebut adalah bisa menangkal radikal bebas serta dapat mencegah penuaan dini.

  1. Pepaya

Pepaya merupakan jenis tanaman yang bisa dikatakan sumbernya obat, sebab dari akar sampai daunnya semuanya bisa Anda manfaatkan.

Untuk buahnya sendiri, selain bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh juga bisa Anda manfaatkan dalam hal kecantikan.

Buah pepaya juga dikenal sebagai salah satu buah dengan kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Maka tidak heran jika buah pepaya ini sangat besar manfaatnya untuk kecantikan. Apalagi di dalam buah pepaya juga terkandung flavonoid, karoten, pantotent, dan folat.

Sedangkan manfaat buah pepaya untuk kecantikan sendiri adalah bisa digunakan sebagai penghalus, pemutih dan penghilang flek hitam pada kulit.

Selain itu buah pepaya juga memiliki kemampuan dapat mengenyalkan kembali tekstur kulit yang tadinya kasar.

  1. Alpokat

Bisa dikatakan bahwasanya kandungan yang ada di dalam buah alpukat ini sangatlah beragam. Makanya tidak mengherankan apabila sangat beragam pula manfaatnya untuk kecantikan.

Kandungan anti bakteri yang terdapat di dalam buah alpukat ini dipercaya memiliki kemampuan untuk menghindarkan kulit dari jerawat.

Di dalam buah alpukat juga terkandung zat lain yang sangat bermanfaat bagi kecantikan, contohnya saja seperti vitamin C dan E, yang memiliki kemampuan untuk menangkal radikal bebas.

Selain itu di dalam buah alpukat juga terkandung zat yang memiliki kemampuan untuk menagkal radikal bebas juga yang bernama flavonoid.

Tidak hanya sampai di situ saja, dikarenakan zat yang terkandung di dalamnya, buah alpukat juga memiliki kemampuan untuk mengembalikan kelembaban kulit serta dapat mengatasi kulit yang kering.

  1. Macam Buah Berry

Buah-buahan yang masuk di dalam keluarga berry dikenal memiliki manfaat untuk kulit. Hal ini disebabkan lantaran kandungan vitamin C, asam amino, betakarotin, mineral, dan B komplek yang terkandung di dalam keluarga berry ini.

Senyawa-senyawa tersebut dikenal memiliki kemampuan untuk mencegah penuaan dini serta dapat menangkal radikal bebas.

Untuk itulah sangat disarankan kepada Anda untuk memanfaatkan beberapa jenis buah yang sudah disebutkan di atas. Sebab 7 jenis buah tersebut memiliki manfaat yang sangat besar terutama untuk kecantikan.

 

 

Tunjukkan Inner Beauty Anda Dengan Mengambil Manfaat Dari Mahkota Dewa

Tunjukkan Inner Beauty Anda Dengan Mengambil Manfaat Dari Mahkota Dewa

Mahkota dewa bisa dibilang salah satu tanaman obat terbaik yang ada di Indonesia. Tentunya ini bukan tanpa alasan, sebab sudah dari dulu mahkota dewa ini dikenal sebagai salah satu tanaman alami yang memiliki kemampuan untuk menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit.

Tidak hanya sampai di situ saja, mahkota dewa juga dikenal memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kecantikan. Maka dari itu bagi para kaum hawa sebaiknya mengenal lebih dalam lagi apa saja manfaat maghkota dewa bagi kecantikan.

Mahkota dewa ini merupakan salah satu tanaman asli Indonesia, yakni tanaman yang berasal dari Papua.

Mahkota dewa ini berasal dari keluarga Tymelaeaceae dengan nama ilmiahnya Phaleria macrocarpa.

Tanaman mahkota dewa atau dalam bahasa Sumatra disebut Simalakama ini bahkan dijuluki dengan tanaman obat dewa.

Hal ini tentunya bukan tanpa alasan, sebab mahkota dewa ini memiliki khasiat yang terbilang sangat ampuh ketika digunakan untuk menumpas berbagai macam jenis penyakit.

Oleh sebab itu tidak mengherankan manakala tanaman yang satu ini dari dulu sering dimanfaatkan sebagai obat tradisional.

Dibalik ketenaran tanaman mahkota dewa sebagai obat tradisional, ternyata mahkota dewa juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kecantikan.

Maka dari itu bagi Anda yang ingin selalu tampil cantik secara alami, mahkota dewa ini bisa menjadi solusi terbaik untuk Anda manfaatkan.

Kandungan Senyawa dari Mahkota Dewa

Manfaat yang begitu besar dari mahkota dewa tentunya tidak lepas dari kandungan senyawa yang ada di dalamnya.

Contohnya saja pada daunnya, pada daun mahkota dewa ini terkandung beberapa senyawa seperti alkaloid, anti histamin, polifenol (lignan), dan saponin.

Sedangkan pada kulit buahnya sendiri, mahkota dewa terkandung beberapa senyawa contohnya seperti flavonoid, saponin, dan alkaloid.

Dan pada buahnya, senyawa yang terkandung contohnya seperti  fenol, tanin, alkaloid, flavonoid, lignan, minyak astari, saponin, dan sterol.

Manfaat Kandungan Senyawa Aktif pada Mahkota Dewa

Berbagai macam senyawa aktif yang ada pada mahkota dewa tentunya memiliki manfaat yang berbeda-beda.

Lantas apa manfaat dari senyawa-senyawa aktif tersebut?

  1. Alkaloid

Untuk senyawa alkaloid ini memiliki fungsi sebagai detoksifikasi sehingga memiliki kemampuan untuk meminimalisir racun-racun yang ada di dalam tubuh Anda.

  1. Saponin

Sedangkan untuk saponin sendiri ini memiliki kemampuan bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, bisa menjadi sumber antibakteri dan juga antivirus, dapat mengurangi kadar gula berlebih di dalam darah, dapat meningkatkan vitalitas, serta dapat mengurangi penggumpalan darah.

  1. Flavonoid

Untuk flavonoid sendiri dapat berfungsi menjadi antioksidan, sehingga bisa melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh serta dapat mencegah terjadinya penyumbatan di pembuluh darah.

Selain itu juga dapat mengurangi kandungan kolesterol dan dapat mengurangi penumbuhan lemak yang ada di dinding pembuluh darah.

Dapat juga mengurangi resiko terjadinya penyakit jantung koroner serta mengandung antiinflamasi (antiradang).

Dan yang terakhir adalah dapat membantu mengurangi rasa sakit apabila terjadi pendarahan atau pembengkakan.

  1. Polifenol

Polifineol sendiri memiliki fungsi sebagai antihistamin atau antialergi. Sehingga mahkota dewa ini dikenal memiliki kemampuan untuk menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit dan juga bisa dimanfaatkan dalam hal kecantikan juga.

7 Manfaat Buah Mahkota Dewa Bagi Kecantikan

Siapa bilang menjadi cantik itu sulit. Jika Anda tahu caranya, banyak sekali bahan alami di sekitar Anda yang dapat membuat diri Anda menjadi semakin cantik.

Siapa bilang menjadi cantik itu mahal. Sebab banyak sekali tanaman herbal di lingkungan sekitar Anda yang dapat membuat diri Anda semakin cantik dan yang pasti harganya pun murah.

Namun yang terpenting dari semua itu adalah memilih cara yang aman untuk menjadi cantik merupakan hal yang harus untuk Anda lakukan.

Jangan sampai lantaran Anda ingin memperoleh hasil yang cepat lantas tidak memperhatikan soal keamanannya.

Untuk itulah kenapa Anda harus memilih mahkota dewa untuk memenuhi keinginan Anda ini.

Apalagi selain aman dan murah, memilih mahkota dewa untuk kecantikan bisa dikatakan langkah cerdas yang sudah Anda ambil.

Kenapa bisa seperti itu, sebab keefektifan dan keefisienan dari tanaman mahkota dewa dalam memberikan hasil.

Lantas yang menjadi pertanyaannya sekarang ini adalah apa saja manfaat mahkota dewa bagi kecantikan? Berikut ini jawabannya:

  1. Dapat Mencegah dan Menghilangkan Jerawat

Meskipun permasalahan jerawat ini merupakan permasalahan yang sudah sangat sering di alami dan bahkan sudah banyak sekali di luaran sana berbagai macam produk-produk kecantikan yang khusus untuk mengatasi permasalahan jerawat ini namun memilih mahkota dewa untuk mengobati jerawat merupakan cara yang sangat tepat.

Sebab selain dapat mengobati, mahkota dewa juga memiliki kemampuan untuk mencegahnya juga.

Jadi jerawat Anda akan dibasmi sampai ke akar-akarnya, sehingga peluang jerawat untuk kembali lagi menjadi sangat tipis.

Sedangkan untuk cara meracik mahkota dewa sebagai obat jerawat adalah persiapkan terlebih dahulu 4 buah mahkota dewa yang masih muda. Setelah itu iris kemudian jemur sampai menjadi kering.

Setelah kering, haluskan lalu tambahkan sedikit air dan oleskan pada kulit yang sedang terkena jerawat.

Setelah Anda oleskan, diamkan kira-kira 15 menit lalu bersihkan dengan menggunakan air hangat. Lakukan hal seperti ini setiap malam sebelum Anda tidur.

  1. Dapat Menyamarkan Flek Hitam Bekas Jerawat

Selain dapat mencegah dan mengatasi jerawat, mahkota dewa juga memiliki kemampuan untuk menyamarkan atau menghilangkan flek hitam yang disebabkan oleh jerawat.

  1. Dapat Mencerahkan Kulit Wajah

Bagi Anda yang ingin kulit wajahnya tampak lebih cerah lagi juga bisa memanfaatkan mahkota dewa ini.

Untuk membuat kulit wajah tampak lebih cerah lagi Anda bisa menjadikan mahkota dewa ini sebagai masker.

  1. Dapat Mengecilkan Pori-pori

Ketika Anda rutin memberishkan wajah dengan menggunakan air rebusan dari buah mahkota dewa maka secara otomatis pori-pori pada kulit wajah akan menjadi semakin mengecil.

Agar supaya hasilnya lebih maksimal lagi, lakukanlah cara seperti ini secara rutin setiap akan tidur.

  1. Dapat Mencegah Penuaan Dini

Membuat masker dari mahkota dewa juga memiliki manfaat dapat mecegah penuaan dini, sebab di dalam buah mahkota dewa terkandung nutrisi dan vitamin yang sangat bagus untuk kulit wajah.

  1. Dapat Mencegah Rambut Rontok

Buah mahkota dewa ini dikenal tidak hanya bermanfaat untuk kulit saja, namun memiliki kemampuan juga untuk mencegah rambut rontok, pengusir ketombe, gatal-gatal, dan permasalahan lainnya.

Sedangkan untuk cara membuat ramuannya adalah ambil buah mahkota dewa secukupnya, iris, bersihkan lalu rebus buah mengkudu yang sudah Anda iris tadi.

Setelah mendidih kemudian diamkan sampai airnya menjadi dingin. Gunakan air rebusan tadi untuk keramas 2 kali dalam seminggu.

  1. Untuk Menghilangkan Bau Badan

Agar supaya badan Anda tidak berbau lagi, Anda bisa memanfaatkan buah mahkota dewa ini.

Caranya adalah dengan mengkonsumsi buah mahkota dewa atau Anda bisa membersihkan ketiak dengan menggunakan air rebusan dari buah mahkota dewa ini setiap akan mandi.

Memlihat begitu besar manfaat mahkota dewa ini maka tidak ada alasan lagi bagi Anda semua untuk tidak mengambil manfaat dari tananam mahkota dewa.

 

Wow, Ternyata Ini Manfaat Buah Mengkudu

Wow, Ternyata Ini Manfaat Buah Mengkudu

Siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini, buah yang memiliki bau kurang sedap namun dibalik itu semua terpendam berjuta-juta khasiat terutama bagi kesehatan.

Namun lantaran baunya yang kurang sedap tersebut, banyak yang kurang menyukai buah mengkudu ini. Padahal jika tahu cara mengolahnya, buah mengkudu ini selain tidak berbau lagi juga memiliki rasa yang sangat lezat.

Akan tetapi ketika Anda salah dalam meraciknya, bisa dipastikan Anda akan muntah lantaran bau dan rasa dari buah mengkudu ini.

Untuk itulah kenapa Anda harus bisa mengolah buah mengkudu ini dengan cara yang tepat, agar supaya dapat mengambil manfaat dari buah yang satu ini.

Mengkudu merupakan sejenis dari pohon cemara tropis yang sering dijumpai di Kepulauan Pasifik, Australia, India, dan Asia Tenggara.

Bahkan khusus di Indonesia buah mengkudu ini bisa Anda temukan di berbagai penjuru wilayah yang ada di Indonesia.

Berbicara terkait dengan manfaat buah mengkudu bagi kesehatan? Penyakit apa saja yang bisa disembuhkan dengan memanfaatkan buah mengkudu ini?

Namun perlu untuk diperhatikan juga, meskipun buah mengkudu ini memiliki kemampuan untuk menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit namun ada situasi tertentu yang mengharuskan Anda untuk tidak mengkonsumsi dulu buah mengkudu ini.

Zat Kimia Alami Yang Terkandung Di Dalam Buah Mengkudu

Buah mengkudu ini kenapa memiliki kemampuan untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit lantaran di dalamnya terkandung sejumlah fitokimia.

Apa itu fitokimia? Fitokimia merupakan zat yang ada pada buah-buahan yang memiliki kemampuan dapat mencegah berbagai macam jenis penyakit.

Sedangkan untuk jenis zat-zat fitokimia yang terkandung di dalam buah mengkudu diantaranya seperti asam lemak, alkaloida, lignan, flavonoid, beta-sitosterol, dan itridoid.

Selain mengandung beberapa zat fitokimia, buah mengkudu juga mengandung sejumlah nutrisi lainnya, contohnya seperti vitamin A, C, dan B3, kalsium, potasium, damnacanthal, katekin, zat besi, sodium, karbohidrat, dan serat.

Untuk sekarang ini, khususnya di Indonesia, buah mengkudu bahkan sudah diproduksi dalam bentuk bubuk, kapsul, berbagai macam jenis minuman, teh, dan bahkan untuk produk-produk kecantuikan seperti kosmetik.

Membuat Resep Tradisional dari Buah Mengkudu

Dikarenakan di dalam buah mengkudu banyak sekali terkandung zat-zat yang sangat baik terutama bagi kesehatan membuat buah mengkudu ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit tertentu.

Namun meskipun demikian, jika Anda tidak tepat dalam mengolahnya maka khasiat dari buah mengkudu tersebut tidak bisa Anda dapatkan.

Jika memang seperti itu, lantas bagaimana cara meracik buah mengkudu yang benar untuk kesehatan?

Sebenarnya dalam pemanfaatanyna, buah mengkudu selain sering diolah menjadi obat, juga sering dimanfaatkan sebagai makanan pelengkap lauk-pauk atau lalapan.

Di bawah ini akan dijelaskan bagaimana caranya membuat obat tradisional dari buah mengkudu untuk mengobati penyakit. Adapaun caranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Untuk Mengetasi Tekanan Darah Tinggi Atau Hipertensi

Untuk mengatasi tekanan darah tinggi, pertama yang harus Anda siapkan adalah 2 buah mengkudu yang sudah masak dan 1 sendok makan madu asli.

Setelah itu cuci buah mengkudu kemudian potong-potong menjadi beberapa bagian. Setelah itu peras dan ambil airnya dan campur air perasan tadi dengan madu.

Kemudian aduk rata, saring dan minum air perasan yang dicampur dengan madu tadi 2 hari sekali.

  1. Untuk Mengobati Sakit Kuning

Untuk mengobati sakit kuning, siapkan terlebih dahulu 2 buah mengkudu yang sudah matang dan siapkan juga satu potong gula batu.

Sedangkan untuk cara meraciknya adalah cuci buah mengkudu tadi kemdian peras dan ambil airnya.

Setelah itu tambahkan di air perasan tadi 1 potong gula batu dan tambahkan juga sedikit air panas. Aduk sampai merata kemudian saring kembali. Minum ramuan ini 2 hari sekali.

  1. Untuk Mengobati Influenza, Masuk Angin, dan Demam

Untuk mengobati influenza, masuk angin, dan demam, persipakan 1 buah mengkudu yang hampir masak serta 1 ruas rimpang kencur.

Sedangkan untuk cara mengolahnya adalah potong terlebuh dahulu buah mengkudu menjadi beberapa bagian. Setelah itu masukkan 1 ruas rimpang kencur tadi. Tambahkan juga 2 gelas air.

Kemudian masak sampai mendidih dan sisakan airnya hingga tersisa 1 gelas. Setelah itu saring dan minum ramuan tadi 2 kali sehari saat pagi dan sore hari.

  1. Untuk Mengobati Batuk

Untuk mengobati batuk, persiapkan terlebih dahulu 1 buah mengkudu dan siapkan juga ½ genggam daun poo (bujanggut).

Sedangkan untuk cara meraciknya adalah cuci daun poo tadi sampai bersih. Setelah itu rebus buah mengkudu dan daun poo tadi dengan menggunakan 2 gelas air.

Setelah itu tunggu hingga airnya tersisa 1 gelas. Saring dan minum 2 kali sehari pada saat pagi dan sore hari.

  1. Menghilangkan Sisik Pada Kaki Atau Betis

Untuk menghilangkan sisik pada kaki atau betis, pertama yang harus Anda persiapkan adalah ambil buah mengkudu secukupnya.

Sedangkan untuk cara mengolahnya adalah cuci buah mengkudu yang telah Anda ambil tadi. Setelah itu gosokkan langsung di bagian kaki atau betis yang bersisik.

Setalah Anda gosokkan, diamkan 10-15 menit. Setelah itu lap dengan menggunakan kain yang bersih yang sebelumnya sudah Anda basahi dengan menggunakan air yang hangat.

Beberapa Hal Yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Mengkonsumsi Buah Mengkudu

Perlu Anda perhatikan, meskipun pada dasanya buah mengkudu ini sangat aman untuk dikonsumsi, namun ada situasi tertentu yang Anda tidak boleh untuk mengkonsumsi buah mengkudu ini.

Pertanyaanya sekarang adalah pada waktu apa saja kita disarankan untuk tidak mengkonsumsi buah mengkudu ini?

  1. Untuk Ibu Hami dan Menyusui

Alasan terbesar kenapa buah mengkudu tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil dan juga menyusui lantaran buah mengkudu ini bisa berdampak sangat buruk bagi janin. Oleh sebab itu sebaiknya ketika Anda hamil ataupun menyusui hindari dulu untuk mengkonsumsi buah mengkudu ini.

  1. Memiliki Penyakit Organ Hati

Alasannya adalah ada beberapa kasus yang menunjukkan ketika seseorang memiliki penyakit organ hati justru bisa memperparah kerusakan pada organ hatinya jika mengkonsumsi buah mengkudu ini .

Meskipun pada dasarnya belum ada penelitian yang akurat namun untuk berjaga-jaga tidak ada salahnya.

  1. Memiliki Kadar Potasium Tinggi

Jika Anda memiliki kadar potasium yang tinggi kemudian Anda mengkonsumsi buah mengkudu maka akan berdampak kadar potasium akan menjadi semakin tinggi lagi.

Situasi ini sangatlah berbahaya, sebab kadar potasium yang tinggi pada tubuh bisa berdampak mual, kelelahan, penyakit ginjal, sulit bernapas, dan yang paling parah adalah dapat menyabebkan penyakit jantung serta kelumpuhan.

Meskipun banyak sekali manfaat buah mengkudu untuk kesehatan, namun kiranya Anda juga harus berhati-hati sebelum mengkonsumsinya, sebab ada situasi tertentu yang tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi buah mengkudu ini.

 

10 Manfaat Asam Jawa yang Harus Anda Ketahui

10 Manfaat Asam Jawa yang Harus Anda Ketahui

Sesuai dengan namanya, rasa buah yang satu ini terbilang sangatlah asam. Umumnya asam jawa ini sering kali dimanfaatkan sebagai campuran untuk bumbu masakan, seperti halnya sayur asam ataupun jenis makanan asam lainnya.

Selain itu asam jawa juga sering digunakan sebagai campuran untuk minuman sehat, contohnya saja kunir asam (asam jawa dicampur dengan sari kunyit).

Namun ternyata dibalik itu semua asam jawa ini memiliki khasiat yang lebih dari pada itu. Bahkan asam jawa ini bisa dimanfaatkan dalam hal kesehatan dan juga kecantikan. Bahkan asam jawa ini juga bisa dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan.

Asam jawa atau asam kawak ini memiliki nama latin Tamarindus indica, L. Asam jawa termasuk jenis tananam yang berbuah polong.

Asam jawa memiliki batang pohon yang cukup keras serta dapat tumbuh menjadi besar dan memiliki daun yang rindang.

Daun dari asam jawa bertangkai panjang kurang lebih 17 cm serta bersirip genap. Untuk bunganya sendiri umumnya memiliki warna kemerah-merahan.

Untuk buahnya sendiri memiliki warna coklat dan rasanya sangatlah asam. Di dalam buah polongnya sendiri terdapat kulit yang membungkus daging, buah, serta terdapat biji yang umumnya berjumlah 2-5 yang berbentuk pipih dengan warna khas coklat kehitaman.

Zat yang Terkandung di dalam Asam Jawa

Di balik rasanya yang asam, ternyata begitu banyak manfaat dari asam jawa ini, khususnya bagi kesehatan tubuh.

Hal ini lantaran asam jawa ini di dalamnya kaya akan kandungan nutriennya, seperti halnya vitamin C, niacin, dan thiamin.

Selain itu asam jawa juga bisa dijadikan sebagai sumber zat besi, protein, magnesium, fosfor, dan potasium.

Perlu Anda perhatikan dengan seksama, bagi para penderita diabetes, sangat disarankan untuk menghindari asam jawa ini. Sebab asam jawa ini mengandung gula dan kalori yang sangat tinggi.

Akan tetapi bagi para wanita yang sedang haid, asam jawa ini merupakan buah yang sangat baik disebabkan nutrein yang terkandung di dalamnya.

Alasan terbesar kenapa asam jawa ini memiliki begitu banyak khasiat baik untuk kesehatan dan juga kecantikan lantaran di dalam asam jawa ini terkandung berbagai macam senyawa kimia antara lain asam anggur, asam sitrat, asam suksinat, gula invert, dan pectin.

Pada kulit biji dari asam jawa mengandung phlobatanim serta pada bijinya terkandung pati dan albuminoid. Sedangkan pada daunnya terkandung senyawa kimia seperti flavonoid, saponin, dan kanin.

Untuk itulah baik daun, kulit, pohon, ataupun dagingnya bisa dimafaatkan sebagai bahan obat-obatan tradisional.

10 Khasiat Asam Jawa untuk Kesehatan

Dikarenakan senyawa kimia yang terkandung pada asam jawa, asam jawa mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit serta mampu mengatasi berbagai macam permasalahan kesehatan lainnya.

Sedangkan untuk manfaat asam jawa bagi kesehatan adalah sebagai berikut ini:

  1. Dapat Membantu Kerja Sistem Saraf

Jika Anda sering merasa mati rasa ataupun otot terasa lemas, bisa jadi tubuh Anda sedang kekurangan thianim.

Kandungan vitamin B yang terdapat pada asam jawa bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi permasalahan Anda ini.

Sebab vitamin B yang terkandung pada asam jawa memiliki peran penting untuk fungsi tubuh, termasuk untuk kesehatan saraf dan otot.

  1. Menjaga Agar Supaya Tulang Tetap Kuat

Mengkonsumsi asam jawa sama halnya Anda sedang mengasup magnesium. Beberapa dari hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak mengkonsumsi magnesium dan potasium dapat memiliki kepadatan tulang yang lebih baik jika dibandingkan dengan yang tidak.

  1. Dapat Mengontrol Tekanan Darah

Perlu Anda ketahui bahwasanya pada setiap 100 gram dari asam jawa di dalamnya terkandung potasium dua kali lipat dari buah pisang.

Potasium ini dapat membantu Anda untuk menstabilkan tekanan darah dengan mengontrol efek sodium yang ada di dalam tubuh.

  1. Dapat Mencegah Sembelit

Alasan terbesar kenapa asam jawa bisa mengatasi sembelit lantaran asam jawa ini di dalamnya mengandung serat yang sangat tinggi.

Sehingga memperbanyak mengkonsumsi asam jawa bisa membantu Anda untuk mengatasi sembelit serta dapat melancarkan pencernaan.

  1. Dapat Mengontrol Kadar Kolesterol

Selain sebagai sumber thiamin, asam jawa juga dikenal sebagai sumber niacin. Oleh karena itu asam jawa ini bisa membantu Anda untuk menurunkan kolesterol jahat serta dapat meningkatkan kadar kolesterol baik yang ada di dalam tubuh.

  1. Dapat Mencegah Anemia

Asam jawa juga dikenal sebagi sumber dari zat besi, untuk itulah tidak mengherankan jika asam jawa ini bisa membantu Anda untuk mencegah anemia.

  1. Membantu Penggumpalan Darah

Asam jawa terkenal kaya sekali akan kalsium yang tentunya memiliki peranan yang sangat penting saat proses penggumpalan darah pada saat luka sehingga tidak terus terjadi pendarahan pada luka tersebut.

  1. Menjaga Gigi dan Gusi Agar Tetap Sehat

Salah satu indikasi bahwa tubuh Anda sedang kekurangan vitamin C adalah gigi tanggal serta gusi berdarah.

Asam jawa ini dikenal sangat kaya akan vitamin C serta mampu memenuhi kebutuhan harian sampai 6%.

  1. Dapat Membantu Produksi Energi

Asam jawa di dalamnya juga terkandung riboflavin yang dapat membantu saat pembentukan energi dari karbohidrat.

  1. Dapat Membantu Memperbaiki Sistem Kekebalan Tubuh

Bisa dibilang diantara semua jenis sayuran dan buah, asam jawa dikenal menjadi sumber pritein yang paling tinggi.

Protein ini membantu saat pembentukan antibodi yang akan berperang melawan virus serta bakteri yang dapat membahayakan tubuh.

Manfaat Asam Jawa untuk Diet

Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, Anda bisa memanfaatkan asam jawa ini untuk membantu Anda dalam proses penurunan berat badan itu sendiri.

Hal ini dkarenakan asam jawa sendiri memiliki berbagai macam kandungan seperti halnya asam sitrat, asam asteta, asam malat, dan asam tartat.

Selain itu asam jawa ini dikenal juga sangat kaya akan vitamin C, serat, protein, vitamin A, dan kalium.

Untuk menurunkan berat badan, Anda bisa meminum air asam jawa. Minumlah air asam jawa ini setiap hari agar supaya dapat memperoleh hasil yang lebih maksimal lagi.

Hal ini disebabkan di dalam air asam jawa ini terkandung zat-zat yang dapat mengurangi kadar lemak yang ada di dalam tubuh Anda.

Dengan demikian, lemak berlebih yang menumpuk di dalam tubuh Anda perlahan akan menghilang.

Kemudian bagaimana cara membuat air asam jawa ini?

Untuk cara membuatnya sebenanarnya sangatlah mudah, Anda tinggal menyiapkan satu buka asam jawa, peras, dan masukkan ke dalam gelas. Agar supaya rasanya lebih segar lagi Anda bisa menambahkannya dengan gula ataupun es batu.

Sebenanrnya ramuan ini sudah dikenal dari zaman dahulu dan juga sudah sering sekali dipraktikkan, oleh karena itu bagi Anda yang ingin menurunkan berat badannya bisa mencoba menggunakan ramuan dari asam jawa ini.

 

7 Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

7 Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

 

manfaat buah alpukat

Buah yang awalnya berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko ini saat ini sudah banyak dibudidayakan di negara-negara kawasan tropis, termasuk di Indonesia.

Nama buah alpukat atau apokat ini pertama kali dikatakan oleh pendukuk dari suku Aztek yang menempati kawasan Amerika Tengah dan Meksiko.

Buah ini sendiri sudah diperkenalkan kepada pendukuk Eropa Tengah pada sekitar abad ke 16 yang merupakan pimpinan pasukan Spanyol oleh Martin Fernandez de Enciso pada saat menjajah daerah Amerika Tengah.

Berawal dari situlah Indonesia akhirnya mengenal alpukat ini. Sebab pada masa itu, penjajah Belanda sering menerima kiriman buah alpukat ke Indonesia untuk dijadikan sebagai bahan makanan.

Selain dikenal sebagai bahan makanan yang sangat sehat, alpukat juga sering dimanfaatkan di dunia industri pakaian.

Biji dari buah alpukat ini bisa diolah menjadi bahan pewarna pakaian yang sangat berkualitas sebab tidak mudah untuk luntur.

Selain itu pada bagian kulit dari pohon alpukat, memiliki semacam senyawa yang akan memberikan warna coklat.

Umumnya banyak perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan produk-produk berbahan kulit memanfaatkannya sebagai pewara cokelat.

Untuk dunia farmasi, daun alpukat sudah sejak dari dulu dimanfaatkan sebagai ramuan herbal karena mampu mengobati berbagai macam penyakit.

Beberapa contoh penyakit yang bisa diobati dengan menggunakan ramuan herbal dari daun alpukat contohnya seperti kencing batu, sakit kepala, nyeri pada syaraf dan lambung, pembengkakan saluran napas, haid yang kurang teratur, dan darah tinggi.

Selain bijinya yang juga sering dimanfaatkan sebagai pewarna pakaian, ternyata juga bisa diracik sebagai obat diabetes dan sakit gigi.

Untuk daging buahnya sendiri, ternyata juga banyak sekali manfaat yang bisa Anda ambil. Beberapa manfaat dari daging buah alpukat untuk kesehatan adalah sebagai berikut ini:

  1. Makanan Sehat untuk Bayi

Daging dari buah alpukat memiliki struktur yang sangat lembut sehingga bayi sangat mudah untuk mengkonsumsinya.

Jika Anda ingin memiliki generasai penerus yang cerdas dan sehat, memberikan asupakan makanan sehat sejak usia dini merupakan sebuah langkah tepat yang harus dilakukan.

Oleh sebab itu awali dengan memilih nutrisi yang sehat untuk si buah hati. Ternyata semua itu bisa dipenuhi ketika Anda menjadikan daging buah alpukat untuk konsumsi buah hati kesayangan Anda.

Namun jangan terlalu memaksakan agar supaya buah hati Anda suka dengan buah alpukat ini. Jika buah hati sudah merasa bosan Anda bisa mencari alternatif lain makana sehat pendamping ASI.

Untuk membuat makanan bayi dari alpukat, Anda bisa mencoba tips berikut ini:

  1. Siapkan 1/8 alpukat yang segar dan yang sudah matang tentunya. Siapkan juga buah pisang tumbuk, jika tidak ada Anda bisa menggantinya dengan buah pir. Siapkan juga yoghurt bayi rasa apapun.
  2. Setelah itu campur dan tumbuk buah-buah yang sudah Anda persiapkan tadi kemudian tuang yogurt dan aduk hingga merata.
  3. Setelah itu sajikan ketika sanga buah hati sedang lapar.
  4. Untuk Memelihara Berat Badan

Bagi Anda yang sedang menjalankan diet rendah kalori, buah alpukat ini merupakan daftar buah yang harus Anda masukkan ke dalam menu diet harian.

Sebab, proses penurunan berat badan bisa dibantu dengan mengkonsumsi buah alpukat ini. Alasannya adalah buah alpukat ini merupakan buah yang bebas kolesterol dan juga rendah kalori.

Selain itu buah alpukat merupakan jenis buah yang memiliki kemampuan sebagai pengganti sumber lemak.

Ketika Anda mengkonsumsi buah alpukat ini, buah alpukat akan menyalurkan mineral, 20 vitamin, dan fito-nutrien yang bisa menunjang diet rendah kalori Anda.

Bagi para pria yang sedang fokus untuk mengurangi berat badan, mengkolaborasikan buah alpukat dan telur merupakan cara diet yang bisa Anda pilih.

Buatlah jus alpukat dan telur untuk menu sarapan Anda. Sebab telur merupakan penyumbang protein yang memiliki kualitas tinggi yang siap mendorong pertumbuhan dan perbaikan jaringan otot.

Sementara itu, buah alpukat akan memberikan 8% kebutuhan akan lemak tak jenuh tunggal harian Anda sekitar 3 gram.

  1. Membantu Mencegah Stroke

Kandungan folat tinggi dari buah alpukat memiliki manfaat untuk mengurangi adanya resiko stroke.

Orang yang sering mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung folat tinggi sudah terbukti lebih sedikir terkena stoke jika dibandingkan dengan orang-orang yang hanya sedikit mengkonsumsi makanan yang mengandung folat.

  1. Melindungi Kesehatan Mata

Sering mengkonsumsi buah alpukat dapat meningkatkan asupan Lutein. Lutein ini dapat melindungi Anda dari degenerasi makula serta pembentukan katarak pada mata.

Untuk itulah jika Anda ingin memiliki mata yang sehat tidak ada salahnya untuk sering-sering mengkonsumsi buah alpukat ini.

  1. Dapat Menghambat Pertumbuhan dari Sel Kanker

Perlu Anda ketahui, di dalam setiap tubuh manusia sebenarnya terdapat sel kanker yang suatu waktu bisa saja tumbuh.

Situasi ini sangat tergantung dari kondisi kesehatan tubuh dan bagaimana cara Anda memelihara kondisi kesehatan agar tetap stabil.

Untuk mencegah agar supaya sel kanker tidak tumbuh, Anda bisa memanfaatkan buah alpukat ini.

Bantuan dari beberapa senyawa yang terkandung di dalam buah alpukat memiliki kemampuan untuk menghambat sel kanker serta dapat mencari sel kanker yang baru timbul.

Setelah ditemukan, sel kanker langsung dihancurkan tanpa menimbulkan dampak buruk untuk sel-sel kesehatan aktif lainnya.

  1. Makanan yang Sangat Baik Untuk Otak

Buah alpukat ini dapat dikatakan sebagai salah satu buah yang dapat memberikan dampak positif terhadap perkembangan otak.

Apalagi buah alpukat ini juga memiliki kemampuan untuk mengurangi resiko terkena penyakit Alzheimer.

Vitamin E serta omega 3 yang terkandung di dalam buah alpukat sudah terbukti mampu untuk menghentikan laju penyakit Alzheimer. Bahkan hebatnya lagi ada kemungkinan dapat mengembalikan ke kondisi yang semula.

  1. Mengandung Potassium

Potassium ini adalah mineral yang dimanfaatkan saraf otonom pengontrol dari detak jantung, fungsi otak serta proses fisiologi penting lainnya.

Selama ini jenis buah yang digadang-gadang mengandung potassium adalah buah pisang, namun fakta membuktikan bahwasanya buah alpukat lebih banyak mengandung potassium jika dibandingkan dengan pisang.

Bahkan potassium yang dikandung oleh buah alpukat dua kali lipatnya yakni (975 mg) dari potassium yang terkandung di dalam buah pisang.

Khasiat dari buah alpukat sebab memiliki potassium yang tinggi antara lain:

  1. Memiliki kemampuan untuk menurunkan tekanan darah tinggi
  2. Dapat membantu mengurangi rasa nyeri otot yang disebabkan latihan ataupun olahraga, seperti fitness dan lari jarak jauh
  3. Dapat memelihara kesetabilan dari cairan, asam basa di dalam tubuh, dan elektrolit.

Mengingat begitu bermanfaatnya buah alpukat untuk kesehatan, maka sudah seharusnya jika Anda mulai saat ini sering-sering mengkonsumsi buah alpukat ini. Apalagi secara harga juga tidak mahal. Untuk itulah tidak ada alasan lagi bagi Anda untuk tidak melakukannya.

Jadi, banyak sekali manfaat yang bisa Anda ambil dari buah Alpukat. Dan Anda juga harus tahu ternyata daun pepaya juga sangat berkhasiat untuk mengatasi masalah kesehatan tertentu.