Benarkah Daun Sirih Bagus untuk Kewanitaan? Cek Dulu Di Sini

Benarkah Daun Sirih Bagus untuk Kewanitaan? Cek Dulu Di Sini

daun sirih untuk kewanitaan

Dikarenakan zat yang terkandung di dalam daun sirih ini, sudah sejak dari dulu daun sirih ini banyak dimanfaatkan baik untuk kesehatan, kecantikan, dan juga untuk merawat organ intim kewanitaan.

Daun sirih merupakan salah satu jenis tanaman asli Indonesia. Daun sirih ini merupakan jenis tananaman yang tumbuh dengan cara merambat atau bersandar pada batang pohon lainnya.

Meskipun terlihat biasa-biasa saja dan seperti dedaunan pada umumnya, ternyata daun sirih ini memiliki sejuta manfaat bagi tubuh Anda.

Selain bisa Anda manfaatkan untuk merawat kecantikan dan untuk merawat organ kewanitaan, manfaat dari daun sirih ini terbilang sangat banyak untuk kehidupan sehari-hari, baik dalam hal perawatan ataupun penyembuhan berbagai macam jenis penyakit.

Namun untuk kali ini hanya akan diulas manfaat daun sirih untuk kewanitaan dan kecantikan saja.

Jenis daun Sirih

Di atas sudah sedikit disinggung bahwa daun sirih ini merupakan tanaman merambat asli Indonesia.

Umumya orang zaman dahulu sering memanfaatkan daun sirih ini untuk dikunyah bersamaan dengan pinang dan kapur.

Kegiatan ini dikenal dengan nyirih, akan tetapi di setiap daerah terkadang berbeda penyebutan dari kegiatan seperti ini, contohnya saja di Jawa. Di Jawa orang-orang menyebut kegiatan seperti ini dengan nama nginang.

Masayarakat pada zaman dahulu tentunya bukan tanpa alasan melakukan kegiatan seperti ini. Terbukti bawa di dalam dunia medis, mengunyah daun sirih ini memiliki manfaat dapat mencegah berbagai macam penyakit mulut.

Beberapa penyakit mulut yang bisa di cegah lantaran sering mengunyah daun sirih diantaranya seperti dapat menghilangkan bau mulut tidak sedap, dapat mencegah terkena kanker mulut, dapat mencegah gigi yang berlubang, dan dapat mencegah sariawan.

Sedangkan untuk jenisnya sendiri, daun sirih ada yang berwarna hijau dan juga merah. Untuk daun sirih yang memiliki warna hijau lebih cenderung memiliki sifat sebagai antiseptik.

Untuk itulah daun sirih yang bewarna hijau ini sering sekali dimanfaatkan untuk membasmi bakteri maupun kuman.

Sedangkan untuk daun sirih yang bewarna merah lebih dikenal memiliki khasiat untuk mengobati penyakit-penyakit yang berbahaya, contohnya saja seperti penyakit kanker, stroke, darah tinggi, dan lain sebagainya.

Hal ini disebabkan karena daun sirih yang bewarna merah ini di dalamnya terkandung sejumlah flavonoid, tanin, alkaloid, minyak atsiri, dan senyawa polifenolat.

Dan menarinknya lagi adalah hampir semua kandungan yang terdapat pada daun sirih yang bewarna hijau terkandung juga pada daun sirih yang bewarna merah.

Untuk itu dapat diambil kesimpulan bahwa dari kedua jenis daun sirih tersebut, daun sirih yang memiliki warna merah lebih memiliki khasiat jika dibandingkan dengan daun sirih yang bewarna hijau.

Manfaat Daun Sirih untuk Kewanitaan

Di atas sudah sedikit disinggung bahwasanya daun sirih ini kaya akan manfaat. Bahkan bisa dikatakan bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam bidang. Baik untuk kesehatan dan kecantikan.

Namun untuk manfaat daun sirih bagi wanita adalah sebagai beikut ini:

  1. Mengatasi dan Mengobati Gatal pada Vagina

Gatal yang sering terjadi pada daerah kewanitaan ini umumnya sering disebabkan oleh bakteri, kuman, dan jamur yang timbul akibat beberapa faktor. Contohnya saja seperti diakibatkan kurang bersih pada saat membersihkan bagian kewanitaan ini.

Dikarenakan daun sirih ini di dalamnya terkandung beberapa zat yang bisa membasmi bakteri, kuman, dan jamur misalnya seperti minyak atsiri, anti jamur, antiseptic, dan antioksidan.

Selain dapat membasminya, zar-zat tersebut juga memiliki kemampuan untuk mengobati rasa gatal berlebihan pada vagina itu sendiri.

  1. Dapat Membantu Melancarkan Haid

Bagi Anda yang sering mengalami haid yang tidak lancar juga bisa memanfaatkan daun sirih ini untuk mengatasinya.

Caranya juga sangat mudah. Anda tinggal merebus beberapa lembar dari daun sirih ini kemudian air dari rebusan daun sirih tadi tinggal Anda minum.

Usahakan sebelum Anda merebus daun sirih tadi untuk mencucinya sampai bersih terlebih dahulu.

  1. Dapat Mengatasi Keputihan

Bagi Anda yang sering mengalami keputihan, baik yang normal ataupun yang tidak normal bisa memanfaatkan daun sirih ini untuk mengatasinya.

Ternyata zat yang terkandung di dalam daun sirih ini juga memiliki kemampuan untuk mengatasi permasalahan keputihan.

Untuk caranya adalah dengan membersihkan vagina dengan air rebusan dari daun sirih ini. Atau Anda juga bisa mengoleskan air rebusan daun sirih yang dicampur dengan kunyit secara bersamaan.

  1. Dapat Mengatasi Sekaligus Menghilangkan Bau yang Tidak Sedap

Bau tidak sedap pada daerah kewanitaan bisa menjadi sangat mengganggu. Apalagi bagi Anda yang sudah bersuami.

Memiliki daerah kewanitaan yang berbau akan menimbulkan perasaan kurang percara diri terlebih lagi pada saat berhubungan intim dengan suami.

Jika Anda ingin terhindar dari permasalahan ini maka caranya gampang. Anda bisa memanfaatkan air rebusan dari daun sirih dengan cara meminumnya.

Selain itu Anda juga bisa menggunakan air rebusan daun sirih tadi untuk membersihkan organ intim kewanitaan Anda.

  1. Dapat Mengobati Jerawat

Daun sirih juga ternyata bisa Anda manfaatkan untuk membasmi jerawat, bahkan berbagai macam jenis jerawat bisa diatasi hanya dengan menggunakan daun sirih ini.

Untuk caranya adalah ambil 8 sampai 10 lembar daun sirih dan cuci hingga bersih. Setelah itu daun sirih tadi remas atau bisa juga ditumbuk, dengan tumbukan yang masih kasar, tidak sampai lembut tumbukannya. Setelah itu seduh dengan menggunakan air panas kemudian air tadi Anda gunakan untuk membasuh muka yang ada jerawatnya.

Jika ingin cepat terbebas dari permasalahan jerawat maka lakukanlah cara seperti ini 2 sampai 3 kali dalam sehari.

  1. Dapat Menghilangkan Bau Badan

Memiliki bau badan yang tidak sedap tentunya akan sangat mengganggu, baik mengganggu diri Anda sendiri dan juga orang yang ada di sekitar Anda.

Untuk menghilangkan bau badan yang tidak sedap ini Anda bisa memanfaatkan daun sirih. Caranya adalah ambil 5 lembar daun sirih, bersihkan lalu rebus dengan menggunakan dua gelas air. Tunggu rebusan tadi sampai air tersisa satu gelas saja.

Setelah itu minumlah air rebusan tadi pada siang hari. Lakukanlah secara rutin dan nikmatilah hasilnya.

  1. Dapat Menghilanghkan Keringat Berlebih

Ada sebagian orang yang cepat sekali mengeluarkan keringat. Bagi Anda yang sering mengalami keadaan semacam ini ternyata bisa diatasi dengan menggunakan daun sirih.

Hal ini disebabkan lantaran daun sirih memiliki kemampuan dapat mengontrol senyawa kavicol dan estragol pada saat memproduksi kelenjar keringat.

Itulah  7 khasiat daun sirih untuk kewanitaan dan juga kecantikan. Agar supaya hasilnya lebih maksimal lagi maka gunakanlah daun sirih ini secara teratur. Dikarenakan begitu besar manfaat yang bisa diambil dari daun sirih ini maka jangan sampai Anda tidak mengambil manfaat dari daun sirih ini.

Dapatkan juga informasi penting lainnya seperti halnya manfaat madu yang tak kalah pentingnya untuk kecantikan.