Siapa Bilang Lidah Buaya Hanya Untuk Kecantikan Saja

Siapa Bilang Lidah Buaya Hanya Untuk Kecantikan Saja

Lidah buaya atau yang dikenal juga dengan nama Aloe Vera merupakan sejenis tumbuhan yang sudah dari dulu dikenal memiliki berbagai macam manfaat baik untuk kesehatan dan kecantikan.

Sebagai bahan herbal alami yang memiliki banyak sekali manfaat, seiring dengan perkembangan zaman, lidah buaya saat ini sering kali digunakan sebagai bahan baku industri farmasi dan juga kosmetik.

Bahkan tidak hanya sampai di situ saja, lidah buya juga dikembangkan sebagai bahan makanan dan juga minuman kesehatan.

Secara umum bisa dikatakan bahwa lidah buaya ini merupakan salah satu dari 10 jenis tanaman terlaris yang ada di dunia serta memiliki potensi yang sangat bagus untuk dikembangkan baik sebagai tanaman obat atau sebagai bahan baku industri.

Zat-zat yang Terkandung pada Lidah Buaya

Bisa dibilang lidah buaya ini merupakan jenis tanaman yang sangat kaya akan berbagai macam zat yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Oleh sebab itu sampai sekarang tidak mengherankan jika lidah buaya sudah dikembangkan menjadi olahan yang bermacam-macam.

Lidah buaya ini sangat kaya akan kandungan zat-zat contohnya seperti asam amino, enzim, vitamin, mineral, polisakarida, dan berbagai macam komponen lain yang bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

Selain itu, lidah buaya juga memiliki khasiat sebagai anti jamur, anti inflamasi, anti bakteri dan dapat membantu proses regenerasi sel.

Zat kimia alami lain yang terkandung di dalam lidah buaya adalah aloe emoden, yakni semacam senyawa organik yang berasal dari golongan antrokunion yang dapat mengaktivasi sinyal insulin fosfatidil inositol-3 kinase, insuline-beta dan substrat1 serta mampu meningkatkan laju sintesis glikogen dengan cara menghambat glikogen sintesis kinase 3betra.

Itulah kenapa lidah buaya ini memiliki kemampuan juga untuk mengurangi resiko dari gula darah berlebih yang ada di dalam tubuh.

Lidah buaya juga mengandung segala macam jenis vitamin kecuali vitamin D. Selain itu lidah buaya juga mengandung mineral yang dibuthkan untuk fungsi enzim.

Tidak hanya berhenti sampai di sini saja, lidah buaya juga mengandung saponin yang memiliki fungsi sebagai anti mikroba serta mengandung 20 dari toal 22 jenis asam amino yang ada.

Manfaat Lidah Buaya bagi Kecantikan

Untuk manfaat lidah buaya bagi kecantikan sendiri adalah sebagai berikut ini:

  1. Dapat Menghilangkan Jerawat

Untuk mengusir jerawat, Anda bisa memanfaatkan tanaman yang satu ini. Apalagi caranya juga sangat mudah. Anda tinggal membelah lidah buaya lalu ambil getahnya atau lendirnya setelah itu oleskan pada bagian yang ada jerawatnya. Tunggu 0-15 menit setelah itu bersihkan dengan air hangat. Lakukan cara ini sehari sekali.

  1. Dapat Menghilangkan Flek Hitam

Flek hitam pada kulit wajah karena bekas jerawat atau pengaruh kosmetik juga bisa Anda hilangkan dengan menggunakan lidah buaya ini.

Untuk cara penggunaannya adalah bersihkan muka Anda terlebih dahulu. Kemudian ambil jelly lidah buaya yang telah Anda bersihkan lendirnya terlebih dahulu. Setelah itu oleskan ke muka Anda pada saat pagi dan sore hari.

Setelah Anda oleskan, diamkan selama kurang lebih 30 menit kemudian bersihkan dengan menggunakan air yang bersih.

  1. Dapat Menyuburkan Alis

Bagi Anda yang ingin memiliki alis yang tebal maka bisa memanfaatkan lidah buaya ini. Caranya adalah oleskan lidah buaya pada alis Anda setiap akan tidur. Setelah itu bersihkan pada saat Anda bagun tidur.

  1. Untuk Merawat Kulit

Apapun jenis kulit Anda ternyata cocok jika dirawat dengan menggunakan tanaman lidah buaya ini.

Lidah buaya memiliki kemampuan untuk menyuplay oksigen ke sel sehingga dapat membangkitkan kekuatan sekaligus menyehatkan kulit Anda.

  1. Bisa Menjadi Pelembab Alami

Bagi Anda yang bingung mencari pelembab untuk kulit yang sensitif, maka pilihlah lidah buaya sebagai pelembab kulit Anda.

Sebab lidah buaya ini merupakan pelembab kulit alami dan aman untuk segala macam jenis kulit, baik itu jenis kulit yang sensitif sekalipun.

  1. Pembersih Make up

Jika Anda ingin mencari pembersih make up tanpa meninggalkan iritasi maka lidah buaya adalah jawabannya. Manfatakan gel dari lidah buaya untuk membersihkan bekas make up Anda.

  1. Untuk Merawat Rambut

Sering-seringlah untuk menggunakan lidah buaya saat merawat rambut Anda, sebab lidah buaya ini selain dapat mempercepat pertumbuhan rambut juga dapat mengurangi munculnya ketombe.

Selain itu lidah buya juga bisa berfungsi sebagai pengganti kondisioner untuk melembutkan rambut.

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan

Selain memiliki manfaat untuk kecantikan, lidah buaya juga sangat besar manfaatnya bagi kesehatan.

Zat-zat alami yang terkandung di dalam lidah buaya juga memiliki kemampuan untuk mengusir serta mencegah berbagai macam penyakit tertentu.

Penyakit apa saja yang bisa di atasi oleh lidah buaya? Berikut ini jawabannya:

  1. Dapat Mengatasi Diabetes

Mengkonsumsi lidah buaya memiliki mamfaat dapat menurunkan level gula darah bagi para penderita diabetes.

Sedangkan untuk caranya sendiri adalah rebus lidah buaya secukupnya yang telah Anda buang durinya dengan menggunakan 3 gelas air. Setelah itu tunggu hingga air rebusan tadi hanya tersisa setengahnya.

Minumlah air rebusan tadi 3 kali sehari dan minum masing-masing setengah gelas saja. Minum dengan rutin supaya kadar gula darah Anda tetap setabil.

  1. Dapat Mengeluarkan Racun dari dalam Tubuh

Tidak hanya rumput laut saja, ternyata lidah buaya merupakan jenis tanaman yang mengandung gelatin.

Apa itu gelatin, gelatin merupakan zat yang berfungsi untuk menyerap racun pada usus kemudian mengelurkannya lewat kotoran. Untuk itulah lidah buaya dikenal juga sebagai cara detoksifikasi secara alami.

  1. Dapat Mengobati Luka

Dalam hal menangani luka-luka ringan, tanaman yang satu ini dikenal memiliki banyak sekali fungsi.

Anda bisa memanfaatkan lidah buya ini untuk mengobati luka bakar, menghilangkan rasa perih yang diakibatkan karena terbakar sinar matahari, meredakan rasa perih sebab lecet, dapat mengurangi warna lebam sebab memar, serta dapat juga mengurangi kerusakan sel yang diakibatkan oleh frostbite.

  1. Dapat Melancarkan Pencernaan

Tahukan Anda bahwa pencernaan yang sehat merupakan indikator dari tubuh yang sehat, sebab ketika pencernaan mengalami masalah maka secara otomatis dapat berujung munculnya berbagai macam penyakit.

Lidah buaya ini dikenal sebagai salah satu bahan alami yang dapat membantu melancarkan pencernaan bahkan dapat menjaga pencernaan agar tetap sehat.

  1. Dapat Mengobati Wasir

Bagi Anda yang memiliki penyakit wasir maka bisa memanfaatkan lidah buaya ini untuk mengatasinya.

Untuk cara membuatnya adalah siapkan terlebih dahulu setengah batang dari lidah buaya dan dua sendok madu serta setengah cangkir air yang sudah matang.

Setelah itu parut batang lidah buya tadi kemudian campurkan madu dan setengah cangkir air tadi. Kemudian aduk hingga merata dan minum ramuan seperti ini tiga kali sehari.

Itulah beberapa manfaat lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan. Maka dari itu akan sangat rugi jika Anda tidak memanfaatkannya.