7 Khasiat Akar Putri Malu untuk Kesehatan yang Harus Anda Tahu

7 Khasiat Akar Putri Malu untuk Kesehatan yang Harus Anda Tahu

Tahukah Anda betapa besar khasiat putri malu untuk kesehatan tubuh. Ternyata banyak sekali penelitian yang mengungkapkan bahwa selain daunnya, akarnya juga bisa dimanfaatkan untuk kesehatan.

Jika ada yang murah dan mudah serta aman kenapa cari yang lain. Itulah kalimat yang pantas untuk mengungkapan tanaman putri malu ini. Kenapa demikian, sebab begitu besarnya manfaat putri malu ini untuk kesehatan.

Bahkan banyak hasil dari penelitian yang mengungkapkan tentang begitu besarnya manfaat dari tanaman putri malu ini.

Tidak hanya daunnya saja, bahkan akarnya juga memiliki banyak sekali manfaat khusunya untuk kesehatan.

Bahkan untuk akarnya sendiri bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan penyakit-penyakit yang berbahaya, misalnya kanker.

Putri malu merupakan jenis flora yang dikenal memiliki karakter yang sangat unik. Daunnya secara otomatis akan menutup sendiri jika disentuh. Mungkin karena itulah kenapa tanaman yang satu ini dikenal dengan nama putir malu.

Putri malu sebenarnya bukanlah tanaman asli Indoneseia. Tanaman yang satu ini sebenarnya berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Setelah itu barulah tanaman ini tersebar  di wilayah kepulauan Pasifik, Asia Tengah, dan juga Asia Tenggra. Putri malu ini memiliki nama latin Mimosa Pudica.

Terlepas dari semua itu, ternyata ada yang lebih menarik dari tanaman putri malu ini. Terlebih lagi untuk akarnya.

Hal ini dikarenakan akar dari tanaman putir malu ini bisa dmanfaatkan untuk kesehatan. Bahkan sebenarnya sudah dari sejak dulu akar dari putri malu ini sudah dimanfaatkan dalam hal kesehatan.

Sebelaum membahas tentang apa saja manfaat dari akarnya, ternyata ekstrak dari putri malu secara empiris bisa melumpuhkan larva cacing gelang yang biasa menjadi parasit di dalam sistem pencernaan manusia.

Manfaat ini bahkan telah di uji secara klinis. Hal ini terbukti ektrak putri malu yang dapat melumpuhkan larva cacing gelang ini merupakan hasil penelitian yang dirilis oleh Departement of Zoology Jamaica di tahun 1990.

Hasil penelitian terbaru dari tanaman penelitian putri malu ini menunjukkan bahwa putri malu memiliki potensi untuk dijadikan  sebagai alternatif kemoterapi untuk penyakit kanker.

Hal ini disebabkan lantaran putri malu memiliki kandungan mimosim. Mimosim ini termasuk golongan dari alkalid, yakni sebuah zat kimia yang mengandung berberapa zat aktif contohnya seperti nitrogen, carbon, hidrogen, dan sulfur.

Dan ternyata zat-zat tersebut memiliki efek antiproliferatif dan juga apoptosis, yang merupakan senyawa kimia yang terdapat di dalam kemoterapi.

Tdak hanya sampai di situ saja, tanaman putri malu ini juga memiliki efek secara neurologis. Hal ini diketahui dari hasil penelitian yang dilakukan oleh seorang dokter dari India yang bernama Rama Mishra.

Penelitian ini walnya dilakukan terhadap hewan percobaan yang menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi ekstrak tanaman putri malu ini ternyata bisa meningkatkan regenerasi syaraf yang rusak hingga sebesar 30% sampai dengan 40%.

Hasil ini lantas diuji cobakan kepada 52 orang yang mengalami penyakit gangguan syaraf contohnya seperti lumpuh, degenerasi syaraf tulang belakang, dan meningithis tulang belakang.

Hasil awal menunjukkan bahwa tanaman putri malu ini bisa mempengaruhi sistem syaraf dari pasien meskipun hanya dalam skala yang ringan, yakni berkurangnya serangan kejang pada tubuh.

Selain itu manfaat putri malu untuk sistem syaraf yang lain adalah dapat memberikan efek penenang atau antidepresi.

Jadi bagi Anda yang ingin mencari obat penenang atau antidepresi yang murah dan aman maka bisa memanfaatkan tanaman putri malu ini.

Hal ini sebagaimana yang telah dibuktian melalui hasil penelitian yang dilakukan oleh Universitas Veracruz Meksiko.

Tidak hanya sampai di sini saja, putri malu juga bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, seperti demam pada anak, kencing batu, penyakit mata, dan bronkitis.

Dikarenakan banyaknya manfaat tanaman putri malu ini maka sangat rugi jika Anda tidak memanfaatkan tanaman yang satu ini.

7 Manfaat Akar Putri Malu untuk Kesehatan Tubuh

Selain ekstrak dari putri malu, ekstrak dari akar putri malu juga memiliki banyak sekali manfaat. Sedangkan untuk manfaatnya sendiri diantaranya adalah:

  1. Dapat Menyembuhkan Luka

Alasan terbesar kenapa akar putri malu dapat menyembuhkan luka dikarenakan akar putri malu mengandung senyawa fenol yang dapat membunuh bakteri yang dapat menyebabkan infeksi kulit.

Untuk itulah kenpa ekstrak dari akar putri malu ini sampai saat ini sering sekali dimanfaatkan saat proses penyembahan luka.

  1. Dapat Meregenerasi Sel Syaraf yang Rusak

Pemberian dosis dari ekstrak akar tanaman putri malu dalam dosis tertentu ternayata dapat memerikan efek bisa mempercepat regenerasi sel-sel syaraf yang menjadi rusak akibat dari luka.

  1. Dapat Mengobati Pendarahan pada Saluran Kencing

Penderita dari pendarahan saluran kencing jika diberian terapi ekstrak dari akar putri malu ternyata dapat memberikan hasil yang memuaskan.

Hal ini dikarankan eskatrak dari akar putri malu ini sudah terbukti memiliki kemampuan untuk mengurangi pendarahan yang ada di dalam tubuh.

  1. Dapat Mencegah Kehamilan

Hati-hati bagi Anda para kamu hawa saat menggunakan akar putri malu ini, kenapa demikina, alasannya adalah akar dari putri malu ini dapat mencegah kehamilan.

Namun bagi Anda yang ingin mencegah kehamilan, maka salah satu solusinya adalah dengan memanfaatkan akar dari putri malu ini.

Bahkan akar dari putri malu ini di India sudah dimanfaatkan sebagai alat untuk pencegah kehamilan alami.

Ini bukan hanya sekedar mitos. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa dengan menggunakan akar putri malu selama 21 hari dengan menggunakan dosis 150b/kg dari berat tubuh bisa memperpanjang siklus estrous dan dapat mengganggu sekresi hormon genadotropin.

Untuk itulah kenapa ketika Anda sedang hamil sangat dilarang untuk mengkonsumsi ekstrak akar putri malu ini.

  1. Bisa Dimanfaatkan sebagai Anti Racun

Alasan kenapa ekstrak akar putri malu bisa dimanfaatkan sebagai anti racun dikarenakan akar putri malu memiliki kemampuan untuk menghambat penyebaran serta aktivitas racun yang berasal dari ular Echis Carinatus, Vipera Ruselli, dan Naja-naja.

  1. Mengobati Kolera

Dikarenakan zat yang terkandung pada akar putri malu bisa menghambat aktivitas dari bakteri Vibrio Cholerae yang merupakan penyebab dari penyakit kolera makanya akar dari putri malu ini bisa juga dimanfaatkan menjadi obat penyakit kolera.

  1. Dapat Meningkatkan Libido

Tahukan Anda ternyata akar putri malu dapat meningkatkan testestoren dan libido. Bahkan penggunaan ekstrak akar putri malu untuk meningkatkan libido ini tanpa memberikan efek samping yang membahayakan untuk tubuh.

Untuk itulah bagi Anda yang ingin mencari obat kuat alami maka disarankan untuk memanfaatkan akar putri malu ini.

Memang benar sangat banyak manfaat tanaman putri malu ini. Namun bagi para ibu yang sedang hamil atau yang sedang menyusui dilarang keras untuk mengkonsumsi putir malu ini, sebab bisa mengakibatkan keguguran serta kesulitan untuk memiliki anak kembali.

Mengenal Lebih Dekat Manfaat Akar Alang-alang untuk Kesehatan

Mengenal Lebih Dekat Manfaat Akar Alang-alang untuk Kesehatan

Tahukah Anda bahwa ternyata tanaman yang sering disingkirkan oleh para petani ini ternyata banyak sekali manfaatnya. Terutama untuk kesehatan tubuh. Lantas apa saja manfaat akar alang-alang untuk kesehatan?

Tanaman yang satu ini juga dikenal dengan nama ilalang. Meskipun sering disingkirkan oleh petani lantaran dapat merugikan tanaman lain yang ada di sekitarnya, namun ternyata apabila dilihat dari segi manfaatnya, tanaman yang satu ini memiliki kemampuan untuk mengobati beberapa penyakit serta untuk menjaga kesehatan tubuh.

Itulah kenapa tidak mengherankan jika alang-alang ini dikenal juga sebagai salah satu tanaman obat yang tumbuh di Indonesia.

Kandungan Akar Alang-alang

Memangnya apa yang menyababkan sehingga alang-alang ini sangat besar manfaatnya terutama dalam hal kesehatan?

Salah satu zat yang terkandung di dalam akar ialalang yang menjadi penyebab kenapa memiliki manfaat yang begitu besar untuk kesehatan tubuh adalah imperenene. Imperanene merupakan zat yang mampu menghambat sel pembeku darah. Itulah kenapa alang-alang ini memiliki kemampuan untuk mencegah penyakit jantung.

Selain itu, alang-alang ini di dalamnya juga terkandung beberapa unsur kimia alami contohnya seperti asam malic, asam sitrat, arundoin, glukosa, simisrenol, fernorel, polifenol, saponin, silindrin, dan esin.

Maka dari itu tidak mengherankan apabila alang-alang ini seringkali dimanfaatkan menjadi obat tradisional.

8 Khasiat Akar Alang-alang untuk kesehatan Tubuh

Selain memiliki kemampuan untuk mencegah penyakit jantung, akar alang-alang juga memiliki manfaat lainnya.

Adapaun manfaat lain dari akar alang-alang untuk kesehatan adalah sebagai berikut ini:

  1. Dapat Meredakan Panas Dalam

Anda tentunya sudah sangat paham jika akar alang-alang sering kali dimanfaatkan untuk bahan utama pembuat obat peredam panas dalam.

Selain Anda dapat membeli langsung ekstrak akar alang-alang, sebenanrnya Anda bisa membuatnya sendiri di rumah, apalagi cara membuatnya juga sangatlah mudah.

Caranya adalah siapkan terlebih dahulu akar alang-alang secukupnya, setelah itu cuci hingga bersih dan keringkan di bawah sinar matahari atau Anda juga bisa mengeringkannya dengan menggunakan oven.

Setelah akar alang-alang kering, langkah selanjutnya adalah dengan menghaluskan akar tersebut sampai menjadi bubuk.

Setelah itu seduh bubuk akar alang-alang tadi dan tambahkan madu murni. Setelah itu Anda bisa meminum air seduhan akar alang-alang tadi.

  1. Bisa Menjadi Obat Kencing Darah

Kencing darah merupakan salah satu penyakit yang bisa Anda sembuhkan dengan memanfaatkan akar alang-alang ini.

Kencing darah ini jika tidak segera Anda atasi maka akan sangat berbahaya, sebab bisa meyebabkan permasalahan yang lebih besar lagi nantinya.

Ketika Anda ingin memanfaatkan akar alang-alang sebagai obat kencing darah caranya adalah ambil secukupnya akar alang-alang ini kemudian Anda cuci sampai bersih lalu potong menjadi ukuran kecil-kecil.

Setelah Anda selesain memotong akar alang-alang menjadi potongan kecil-kecil kemudian langkah selanjutnya adalah merebusnya dengan menggunakan 2 gelas air.

Setelah itu tunggu hingga mendidih. Setelah mendidih kemudian saring dan pisahkan air dari ampasnya.

Agar supaya kencing darah yang Anda alami segera teratasi maka sebaiknya minum ramuan ini 2 kali sehari.

  1. Dapat Mengobati Mimisan

Pada umumnya, cara untuk mengobati mimisan ini adalah dengan memanfaatkan daun sirih. Namun ternyata Anda juga bisa memanfaatkan akar alang-alang untuk obat herbal mimisan.

Sedangkan untuk caranya adalah cari akar alang-alang kemudian bersihkan sampai bersih. Setelah itu tumbuk akar alang-alang yang sudah Anda bersihkan tadi lalu peras dan ambil sarinya. Setelah itu minum perasan tadi dengan teratur.

  1. Dapat Mengatasi Hipertensi

Hipertensi atau yang dikenal juga dengan tekanan darah tinggi ini merupakan salah satu penyakit yang sering di alami oleh orang-orang di zaman sekarang ini.

Penyebab utama dari hipertensi ini lantaran adanya endapan lemak dan juga kolesterol yang menghambat aliran darah.

Perlu Anda ketahui apabila hipertensi ini jika tidak segera di atasi sangatlah berbahaya, sebab banyak sekali penyakit berbahaya yang bisa datang lantaran disebabkan oleh hipertensi ini.

Untuk itulah bagi Anda yang mengalami tekanan darah tinggi ini bisa memanfaatkan akar alang-alang untuk mengatasinya.

Sebab zat yang terkandung di dalam akar alang-alang ini ternyata juga memiliki kemampuan untuk menekan tekanan darah, sehingga tekanan darah yang ada di dalam tubuh Anda bisa dikontrol dengan baik.

  1. Obat Keputihan

Memang benar jika keputihan merupakan permasalahan umum bagi wanita, namun perlu Anda ingat keputihan ini ada yang normal dan tidak normal.

Untuk itulah Anda tidak bisa menyepelekan permasalahan keputihan ini. Segeralah untuk mengatasinya supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Sebab terkadang keputihan ini merupakan pertanda apabila saluran reproduksi Anda sedang ada masalah, bahkan terkadang sedang ada penyakit yang sedang menyerang saluran reproduksi Anda.

Akar alang-alang bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi permasalahan keputihan ini. Cara membuatnya juga sangat mudah.

Namun khusus untuk mengobati keputihan ini akar alang-alang harus juga dicampur dengan menambahkan bahan alami lainnya, contohnya saja seperti daun pulasari atau pepaya.

Setelah itu campur ketiga bahan tadi kemudian saring dan minum airnya 2 kali sehari. Minum di pagi hari dan malam hari sebelum Anda tidur.

  1. Untuk Melancarkan Buang Air Kecil

Meskipun ini terkesan permasalahan yang sepele namun jika Anda sedang mengalami permasalahan yang satu ini bisa dipastikan Anda sangat tersiksa.

Coba Anda bayangkan betapa tersiksanya Anda ketika sedang tidak lancar saat sedang buang air kecil.

Namun Anda tidak usah merasa khawatir, sebab ternyata di dekat Anda ada obat alami untuk mengatasi kencing yang tidak lancar. Apa nama obat alami tersebut, akar alang-alang adalah namanya.

Lantas bagaimana cara membuat ramuan alami akar alang-alang untuk melancarkan buang air kecil?

Caranya Anda tinggal mengambil akar alang-alang secukupnya, bersihkan hingga bersih, kemudian seduh dan jangan lupa tambahkan juga gula batu di dalamnya.

Setelah itu langkah terakhirnya adalah tunggu sampai dingin dan minum air rebusan tadi secara teratur.

  1. Dapat Mengobati Penyakit Ginjal

Anda tentunya sudah sangat paham betul apabila penyakit ginjal tidak segera diatasi maka bisa menyebabkan permasalahan yang sangat serius dan juga bisa menyebabkan komplikasi lainnya.

Untuk itulah jangan pernah Anda menunda-nunda untuk menobati penyakit ginjal ini, jika Anda tidak ingin ada masalah yang lebih serius di kemudian hari. Salah satu obat alami penyakit ginjal adalah akar alang-alang.

Sedangkan untuk cara membuat obat herbal penyakit ginjal dengan menggunakan akar alang-alang adalah persipakan terlebih dahulu akar alang-alang yang masih segar dan cuci sampai bersih.

Setelah itu rebus dengan menggunakan 3 gelas air. Tunggu sampai mendidih dan sisakan air menjadi 1 gelas saja. Setelah itu minum rebusan air tadi secara teratur.

  1. Dapat Mengobati Penyakit Asma

Untuk cara membuat ramuan herbal akar alang-alang sebagai obat penyakit asma adalah dengan menyiapkan 100 gram dari akar alang-alang, 50 gram sirih, dan 50 gram kencur.

Setelah itu rebus dengan mengunakan 200 ml air. Tunggu hingga menjadi setengahnya, saring kemudian minum secara teratur.

Melihat begitu besar manfaat akar alang-alang untuk kesehatan maka sangat rugi jika Anda tidak mengambil manfaat darinya.

 

Mengenal Lebih Dekat Manfaat Akar Manis (Licorice) untuk Kecantikan Kulit & Rambut

Mengenal Lebih Dekat Manfaat Akar Manis (Licorice) untuk Kecantikan Kulit & Rambut

Tanpa Anda sadari ternyata Tuhan telah menyediakan banyak sekali bahan alami disekitar Anda yang bisa Anda manfaatkan baik untuk menjaga kesehatan dan juga kecantikan. Salah satu bahan herbal alami yang bisa dengan mudah Anda temukan di sekitar Anda adalah akar manis. Lantas apa manfaat dari akar manis ini?

Jika Anda perhatikan saat ini banyak sekali wanita yang lebih cenderung untuk menggunakan produk-produk kecantikan yang ternyata mengandung bahan-bahan yang berbahaya, baik untuk kulit dan juga rambut.

Menggunakan cara seperti ini bisa dikatakan akan mendatangkan banyak sekali kerugian, selain Anda sudah menghabiskan sejumlah uang, kesehatan kulit dan juga rambut bisa dipastikan akan terancam, hal ini tidak lain disebabkan oleh zat-zat berbahaya yang terkandung di dalam produk-produk kecantikan yang Anda gunakan tadi.

Padahal sebenarnya Tuhan telah menyediakan banyak sekali bahan alami yang memiliki manfaat baik untuk menjaga kesehatan kulit dan juga rambut Anda.

Bahkan sebenarnya bahan herbal alami ini sudah dari dulu sering digunakan oleh nenek moyang untuk merawat kecantikan kulit dan juga rambut.

Selain itu ketika Anda memilih untuk memanfaatkan bahan herbal alami yang ada di sekitar Anda untuk memperoleh kecantikan dan kesehatan rambut selain aman pastinya juga murah.

Salah satu bahan alami yang bisa Anda manfaatkan untuk memperoleh kecantikan dan kesehatan rambut ini bernama akar manis atau licorice.

Akar manis atau licorice ini dikenal sebagai salah satu bahan herbal Ayurveda/Ayurvedic yang dapat memberikan manfaat untuk kecantikan kulit sekaligus rambut.

Akar manis ini akan memberikan efek yang sangat bagus untuk kecantikan kulit jika Anda gunakan dalam bentuk murninya.

Sebab akar manis atau licorice ini bisa menjadikan kulit Anda lebih cerah jika dibandingkan dengan ketika Anda menggunakan kosmetik buatan yang memiliki potensi besar dapat membuat kulit menjadi rusak.

Sedangkan apabila akar manis ini dicampur dengan tanaman herbal lain, dapat Anda gunakan untuk mengurangi minyak berlebih yang ada di rambut.

Minyak berlebih pada rambut ini jika tidak segera Anda atasi besar kemungkinan akan menimbulkan masalah serius untuk kesehatan rambut Anda.

Ketombe sudah dipastikan akan tumbuh subur pada rambut Anda. Selain itu, kotoran pada kulit kepala dan rambut bisa dipastika akan menumpuk, dan selanjutnya rasa gatal pada kulit kepala akan timbul akibat situasi yang semacam ini.

Ekstrak Licorice atau Akar Manis

Ekstrak dari akar manis atau licorice ini dikenal sebagai salah satu bahan herbal yang paling sering dimanfaatkan sebagai produk kecantikan.

Ekstrak dari akar manis atau licorice ini juga sering digunakan untuk mengobati berbagai macam pemnyakit kulit dikarenakan memiliki sifat antioksidan, anti mikroba, anti inflamasi, anti virus, dan juga anti karsinogenik.

Untuk beberapa senyawa anti inflamasi dan senyawa primer antioksidan yang ditemukan pada akar manis atau licorice adalah flavonoid, saponin, asam glycosides-glycyrrhizing, dan glycyrrizinic.

Sebuah hasil studi terbaru menunjukkan bahwa kombinasi dari ekstrak akar manis atau licorice dengan betametason dan asam retinoat dapat menghasilkan respon untuk pencerahan kulit yang sangat luar biasa pada 70% semua percobaan.

Perlu Anda pahami juga bahwa ekstrak dari akar manis atau licorice yang paling efektif adalah yang berasal dari akar yang kecil, kasar, dan memiliki warna coklat. Biasanya akarnya memiliki bau yang mirip dengan permen, namun ketika Anda cicipi rasanya tidak benar-benar manis.

Khasiat Akar Manis untuk Kecantikan

Perlu Anda ketahui bahwa akar manis atau licorice di era modern seperti sekarang ini menjadi salah satu dari herbal untuk pengobatan Ayurveda untuk membuat sebuah serum.

Bisa dibilang serum dari akar manis ini tidaklah berbahaya bagi kulit, tidak seperti produk-produk kecantikan kulit lain yang dijual bebas di pasaran.

Selain itu serum dari akar manis ini bisa bekerja untuk segala macam jenis kulit. Apakah itu jenis kulit yang berminyak, kulit yang mengelupas, kulit yang sedang teriritasi, atau bahkan kulit yang tidak merata.

Perlu Anda perhatikan juga ketika Anda ingin membeli produk kecantikan apapun, pastikan terlebih dahulu untuk mengetahui bahan-bahan tambahan yang digunakannya. Apakah bahan-bahan tersebut aman atau tidak untuk digunakan.

Akar manis atau licorice ini dikenal sebagai salah satu bahan herbal alami yang memiliki sifat dapat melembutkan sekaligus dapat mencerahkan kulit.

Maka dari itu tidak mengherankan apabila akar manis atau licorice ini sering sekali digunakan untuk produk-produk kecantikan, misalnya saja seperti serum, pigmentasi pada kulit, perawatan untuk menghilangkan bintik hitam, pelembab, dan untuk pembersih wajah.

Selain itu manfaat lain dari akar manis untuk kecantikan adalah dapat membantu menghilangkan serta menyamarkan masalah pigmentasi bahkan hiperpigmentasi serta dapat mengatasi kerusakan pada kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Cara kerja dari akar manis ini adalah dengan cara menghalangi dari pembentukan melanin sehingga dapat mencegah terjadinmya pigmentasi bahkan hiperpigmentasi pada kulit.

Sehingga kulit akan menjadi lebih cerah, tampak lebih berseri, dan juga dapat terhidrasi dengan baik.

Akar manis atau licorice ini juga memiliki kemampuan untuk mengatasi kulit yang merah akaibat terbakar oleh sinar matahari.

Selain itu akar manis atau licorice juga memiliki kemampuan juga untuk mengatasi kulit yang berjerawat, memiliki kemampuan untuk mencerahkan kembali kulit yang kusam, dan mampu mengatasi kulit yang kering.

Tidak sampai di situ saja, manfaat akar manis bagi kecantikan lainnya adalah akar manis atau licorice ini mengandung senyawa yang bisa bekerja sebagai tabir surya. Akar manis atau licorice ini bertindak seperti halnya perisai sehingga dapat melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB sehingga kulit akan tetap cerah dan segar.

Bahkan akar manis atau licorice ini memiliki kemampuan juga untuk mengobati beberapa penyakit kulit yang berbahaya seperti halnya eksim.

Manfaat Akar Manis untuk Rambut

Alasan terbesar kenapa akar manis atau licorice memiliki manfaat yang sangat besar bagi rambut adalah dikaranakan kandungan protein, lemak, kolin, flavonoid, vitamin B kompleks, phytoestrogen, kalium, fosfor, amines, dan minyak esensial.

Lantaran berbagai macam unsur dan juga senyawa yang terkandung di dalmnya itulah menjadikan akar manis menjadi herbal yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit kepala sekaligus rambut.

Salah satu kemampuan akar manis atau licorice untuk rambut adalah dapat mengurangi kerontokan rambut serta dapat meningkatkan pertumbuhan rambut juga.

Tidak hanya sampai di situ saja, akar manis atau licorice ini juga memiliki kemampuan untuk mengatasi ketombe juga.

Untuk itulah tidak jarang akar manis atau licorice ini sering sekali dicampurkan ke dalam berbagai macam produk perawatan rambut.

Melihat begitu banyak manfaat dari akar manis ini maka tidak ada salahnya bagi Anda untuk memanfaatkan akar manis atau licorice ini.