7 Manfaat Jeruk Nipis untuk Menyembuhkan Penyakit

7 Manfaat Jeruk Nipis untuk Menyembuhkan Penyakit

Dibalik rasa asam dari jeruk nipis ternyata memiliki manfaat yang begitu besar khususunya untuk kesehatan tubuh. Tercatat ada banyak sekali jenis penyakit yang bisa disembuhkan dengan memanfaatkan jeruk nipis. Apa saja penyakit tersebut? Inilah jawabannya.

Jeruk yang memiliki nama latin Citrus Aurantifolia ini sebenarnya sudah sejak dari dulu sering dimanfaatkan oleh nenek moyang kita sebagai obat tradisional berbagai macam jenis penyakit.

Bahkan air dari jeruk nipis ini juga sering dimanfaatkan sebagai penyedap masakan, untuk minuman, sebagai penyegar, dan sering juga diguanakan sebagai bahan untuk membuat asam sitrat.

Tidak hanya itu saja, jeruk nipis ini juga sering dimanfaatkan dalam hal kecantikan, khusunya untuk perawatan kulit.

Kandungan dari Jeruk Nipis

Alasan terbesar kenapa jeruk nipis ini memiliki banyak sekali manfaat dikaranakan banyak sekali zat-zat yang terkandung di dakamnya, yang mana zat-zat tersebut memiliki kemampuan dalam hal kesehatan dan juga kecantikan.

Sedangkan beberapa zat-zat yang terkandung di dalam jeruk nipis sendiri antara lain adalah sebagai berikut ini:

  1. Macronutrients, Serat dan Kalori

Tahukah Anda bahwa di dalam 1 cangkir dari air jeruk nipis di dalamnya terkandung 1 gram protein dan 0,17 gram total lemak, yang mana jumlah tersebut merupakan 2% dari nilai harian yang telah ditetapkan oleh Amerika Serikat Food and Drug Atministration berdasarkan dari diet 2.000 kalori perhari.

Selain itu jeruk nipis juga mengandung karbohidrat sebanyak 20 gram, 60 kalori, dan 1 gram serat. Air jeruk nipis juga memiliki sejumlah lemak yang bebas kolesterol.

  1. Nilai Micronutrient

1 cangkir dari air jeruk nipis mengandung vitamin C sebanyak 73 miligram, jumlah ini sudah melebihi vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya.

Vitamin C ini sangat penting untuk pengembangan jaringan ikat tubuh, mendukung dinding pembuluh darah, dan sebagai penyembuh luka.

Selain itu di dalam jeruk nipis juga terkandung mikronutrein penting lainnya dengan jumlah yang lebih kecil, diantaranya seperti magnesium, kalsium, fosfor, kalium, vitamin A dan B.

  1. Kaya Flavonoid

Flavonoid ini merupakan pigmen yang memberikan warna untuk tanaman mereka. Dan ternyata jeruk nipis ini kaya sekali akan flavonoid yang bisa bertindak sebagai antioksidan yang sangat kuat.

Antioksidan ini dapat melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas, yang dapat merusak sel-sel sehat yang ada di dalam tubuh.

  1. Kandungan Asam Sitrat

Tahukah Anda bahwa asam sitrat inilah yang menyebabkan rasa asam getir dari jeruk nipis. Namun ternyata asam sitrat ini bisa memberikan perlindungan yang sangat berharga bagi tubuh.

Hal ini disebabkan air jeruk nipis ini memiliki kemampuan dapat mengurangi penyebaran bakteri lantaran asam sitrat yang dikandungnya.

  1. Kandungan Mineral

Di dalam jeruk nipis ini juga terkandung berberapa mineral sehat seperti halnya tambaga, besi, kalium, dan juga kalsium.

Apalagi kalium ini merupakan sebuah komponen yang sangat penting dari sel serta cairan tubuh sebab dapat membantu mengontrol tekanan darah dan detak jantung.

7 Jenis Penyakit yang Dapat Diobati dengan Menggunakan Jeruk Nipis

Di atas sudah di jelaskan apa saja zat-zat yang terkandung di dalam jeruk nipis. Sekarang akan dibahas penyakit apa saja yang bisa disembuhkan dengan memanfaatkan jeruk nipis ini.

Untuk jenis penyakit yang dapat disembuhkan dengan memanfaatkan jeruk nipis antara lain:

  1. Penyakit Diabetes

Hasil penelitian yang dilakukan oleh American Diabetes Association mengungkapkan bahwa jeruk nipis dianggap sebagai makanan super bagi para penderita diabetes.

Hal ini disebabkan oleh serat larut yang tinggi yang terkandung di dalam jeruk nipis ini merupakan makanan yang sangat ideal sebab dapat membantu mengatur penyerapan tubuh dari gula menuju aliran darah.

Selain itu juga bisa mengurangi terjadinya lonjakan gula darah yang merupakan resiko sangat serius bagi para penderita diabetes.

Apalagi jeruk nipis memiliki indkes glikemik yang sangat rendah, hal ini membuktikan bahwa tidak akan menyebakan lonjakan yang tak terduga dalam kadar glukosa.

  1. Penyakit Jantung

Serat larurt yang dapat membantu para penderita diabetes ini ternayata juga bisa membantu para penderita penyakit jantung.

Hal ini disebabkan lantaran dapat membuat tekanan darah menjadi lebih rendah. Selain itu juga bisa menghilangkan keberadaan dari kolesterol LDL (kolesterol jahat).

Selanjutnya, serat larut ini akan mengurangi peradangan pada pembuluh darah, yang merupakan sebuah tindakan pencegahan untuk serangan jantung, penyakit jantung, dan juga stroke.

  1. Gangguan Pernapasan

Tahukah Anda ternyata ekstrak dari jeruk nipis sudah sering dimanfaatkan sebagai obat-obatan anti-kongestif, seperti halnya alat penguap, blam, dan inhakler disebakan adanya kaempferol.

Dengan hanya menghirup aromanya saja bisa membantu untuk mengatasi rasa sesak dan juga mual.

  1. Radang Sendi

Radang sendi salah satunya bisa disebabkan oleh asam urat yang meumpuk pada tubuh. Asam urat ini bisa dikatakan sebagai salah satu dari produk limbah yang seharusnya dibuang saat sedang buang air kecil.

Namun jika jumlah limbahnya terlalu banyak bisa mengakibatkan rasa sakit dan bisa menyebabkan peradangan dari arthritis lebih buruk lagi.

Dikarenakan jeruk nipis ini memiliki sifat anti inflamasi maka dapat dimanfaatkan untuk mengatasi peradangan tersebut.

  1. Demam

Jeruk nipis juga bisa digunakan sebagai obat alternatif bagi penderita demam. Jeruk nipis ini dikenal memiki kemampuan dapat mengurangi demam yang tinggi sekalipun.

Hal ini disebabkan kandungan vitamin C pada jeruk nipis ini secara alami memiliki kemampuan untuk menurunkan suhu tubuh. Itulah kenapa jeruk nipis ini juga dikenal sebagai obat alami penyakit demam.

  1. Asam Urat

Sudah tahukah Anda apa penyebab  utama dari asam urat ini. Sebenarnya ada dua penyebab utama dari asam urat itu sendiri, pertama adalah akumulasi dari radikal bebas yang ada di dalam tubuh, kedua adalah akumulasi dari racun yang ada di dalam tubuh.

Dan ternyata jeruk nipis ini memiliki kemampuan untuk mencegah kedua penyabab utama dari asam urat tersebut.

Hal ini dikarenakan jeruk nipis merupakan sumber antioksidan dan pendetoks (Flavonoid dan Vitamin C), yang memiliki kemampuan dapat mengurangi jumlah radikal bebas serta memiliki kemampuan untuk melakukan detoksifikasi tubuh secara alami.

  1. Anti Kanker

Jeruk nipis merupakan salah satu buah yang sangat kaya akan kandungan zat flavonoid. Dan ternyat flavonoid ini merupakan zat anti kanker.

Hal ini dikaranakan zat flavonoid ini memiliki peran untuk membunuh serta mencegah kerusakan sel.

Untuk itulah agar supaya sel kanker yang ada di dalam tubuh Anda tidak berkembang maka tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi jeruk nipis ini secara rutin.

Di atas merupakan sebuah bukti sebegitu besarnya manfaat jeruk nipis untuk kesehatan. Untuk itulah konsumsilah jeruk nipis ini setiap hari supaya bisa mendapatkan sejuta manfaat dari jeruk nipis.