Siapa Sangka Jahe Itu Banyak Macamnya, Juga Khasiat

Siapa Sangka Jahe Itu Banyak Macamnya, Juga Khasiat

manfaat jahe

Banyak yang mengira jahe hanya bermanfaat pada saat musim hujan atau sebagai bumbu dapur saja. Padahal sebenarnya jahe ini memiliki manfaat yang lebih besar lagi dari pada hanya sekedar untuk penghangat badan di kala musim hujan dan sebagai bumbu dapur.

Bahkan saking banyaknya manfaat dari jahe ini, jahe ini bisa Anda manfaatkan untuk urusan kesehatan, kecantikan, dan bahkan bisa dimanfaatkan untuk membantu menurunkan berat badan.

Hal ini terbukti dengan banyaknya ramuan herbal yang memanfatkan jahe ini sebagai campuran utamanya. Bahkan banyak obat-obatan modern yang mencampurkan jahe sebagai komposisinya.

Jahe atau dalam bahasa latinnya Zingiber Officinale ini merupakan salah satu jenis dari tanaman rimpang yang sudah dikenal sebagai rempah-rempah sekaligus juga obat.

Bahkan sebenanrnya sudah dari sejak dulu jehe ini dumanfaatkan baik sebagai rempah-rempah dan juga sebagai obat.

Banyak sekali penelitan-penelitian yang membuktikan bahwa kandungan yang terdapat di dalam jahe ini besar sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh manusia. Bahkan bisa dikatakan ada sejuta manfaat jahe bagi tubuh.

Manfaat jahe untuk kesehatan ini berasal dari kandungan senyawa keton bernama zingoren yang terkandung pada jahe.

Senyawa ini paling banyak terkandung di dalam rimpangnya yang mengembung serta berbentuk jemari pada ruas-ruas tengah jahe.

Dan ternyata alasan kenapa jahe memiliki rasa pedas ternyata disebabkan oleh senyawa zingoren yang banyak terkandung pada jahe ini.

Dari rasa pedas yang dominan inilah banyak yang menjadikan jahe sebagai penghangat badan disaat cuaca sedang dingin.

Namun selain bermanfaat sebagai penghangat badan, jahe ternyata memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Misalnya saja jahe bisa dimanfaatkan untuk melencarkan peredaran darah. Alasannya adalah dikarenakan kandungan gingeral pada jahe ini memiliki sifat antikogulan yang bisa mencegah terjadinya penggumpalan darah.

Dengan kemampuan yang seperti itu secara otomatis jahe ini bisa mencegah tersumbatnya pembuluh darah. Maka dari itu jahe ini bisa dijadikan sebagai pencegah penyakit jantung dan stroke.

Macam-Macam Jahe

Perlu Anda ketahui, jahe ini tidak hanya satu jenis saja, dan berita baiknya adalah apapun jenisnya jahe ini tetap memiliki manfaat yang sama bagi kesehatan.

Untuk macam-macam jahe yang ada di Indonesia antara lain:

  1. Jahe Kuning

Umumnya jenis jahe kuning ini sering dimanfaatkan sebagai bumbu masakan. Banyak masyarakat Indonesia yang sering menggunakan jahe kuning untuk bumbu masakannya.

Apalagi masakan ketika ditambahkan dengan jahe ini akan memberikan rasa dan aroma yang cukup tajam. Pastinya juga akan menambah kelezatan dari masakan itu sendiri.

Untuk ukuran dari jahe kuning ini memiliki ukuran yang lebih kecil dan ramping jika dibandingkan dengan jahe gajah.

Sedangkan untuk warnanya sendiri, jahe kuning warnannya di dominasi warna kuning. Itulah kenapa jahe ini dikenal dengan jahe kuning.

  1. Jahe Gajah

Dinamakan jahe gajah sebab ukurannya yang besar namun tidak terlalu pedas jika dibandingkan dengan jenis jahe lainnya.

Untuk warnanya sendiri, jahe gajah umumnya memiliki warna kunging hingga putih. Namun ternyata jahe gajah inilah yang banyak diminati oleh masyarakat dunia.

  1. Jahe Merah

Dari berbagai macam jenis jahe yang ada di dunia ini, jahe merah inilah yang memiliki kandungan minyak atsari paling banyak.

Lantaran rasanya yang sangat pedas, jahe merah inilah yang sering dimanfaatkan sebagai bahan dasar untuk membuat jamu ataupun obat.

Memiliki ukuran rimpang paling kecil dengan bulatan kulit berwarna merah namun menyimpan serat paling banyak jika dibandingkan dengan jenis jahe lainnya.

Efek Samping Mengkonsumsi Jahe

Meskipun kelihatannya sangat aman, ternayata jahe memiliki efek samping ringan yang bia ditimbulkan. Selain itu ada kondisi tertentu yang sangat dilarang untuk mengkonsumsi jahe ini.

Beberapa efek samping ringan yang bisa ditimbulkan lantaran mengkonsumsi jahe diantaranya bisa membuat perut tidak nyaman, diare, dan nyeri pada ulu hati.

Jika Anda aplikasikan untuk kulit, ada kemungkinan jahe bisa menimbulkan terjadinya iritasi pada kulit.

Bagi Anda yang sedang dalam keadaan hamil atau menyusui juga sangat disarankan untuk tidak mengkonsumsi jahe terlebih dahulu.

Khasiat Jahe untuk Kesehatan

Di atas sudah sedikit disinggung akan banyaknya manfaat jahe untuk kesehatan tubuh manusia.

Namun masih banyak lagi manfaat jahe untuk kesehatan yang belum banyak disadari. Diantaranya seperti:

  1. Dapat Mengatasi Nyeri Saat Haid

Bagi Anda yang sering merasa nyeri saat haid bisa memanfaatkan jahe ini. Cobalah untuk mengkonsumsi ekstrak dari jahe dengan dosis empat kali sehari selama tiga hari saat awal masa haid.

Apalagi jahe ini bisa dengan sangat mudah Anda temukan di sekitar Anda. Tentunya tida ada salahnya untuk mencoba memanfaatkan ramuan herbal dari jahe untuk mengatasi nyeri saat haid ini.

  1. Dapat Mencegah Morning Sickness

Sangat wajar jika wanita pada masa kehamilannya sering mengalami kondisi mual dan muntah.

Ternayata kondisi seperti ini bisa Anda minimalisir dengan cara memanfaatkan jahe ini. Namun perlu diingat bahwa wanita yang sedang hamil sangat dilarang untuk mengonsumsi obat secara sembarangan, terlebih lagi obat-obatan tradisional.

Untuk itulah jika Anda ingin melakukan ini, konsultasilkan terlebih dahulu dengan dokter Anda.

  1. Osteoarthritis

Senyawa kimia yang terkandung di dalam jahe ternyata dapat mengurangi zat kimia pemicu peradangan pada sendi.

Apalagi jahe juga memiliki kemampuan merangsang tubuh untuk memproduksi asam salisilat, yakni sebuah zat yang memiliki kemampuan untuk meringankan rasa sakit dan juga ketidaknyamanan.

  1. Mengatasi Mual dan Muntah Paska Operasi

Mengkonsumsi jahe sebelum melakukan operasi ternyata dapat mengurangi rasa mual dan muntah paska operasi. Selain dapat dikonsumsi melalui mulut, jahe juga bisa dioleskan pada pergelangan tangan.

  1. Dapat Mencegah Mabuk Darat dan Laut

Siapa yang tidak tersiksa jika sedang mengalami mabuk darat ataupun laut. Bagi Anda yang sering mengalami kondisi seperti ini, sebelum bepergian bisa mengkonsumsi jahe terlebih dahulu. Sebab jahe ini memiliki kemampuan untuk mencegah mabuk darat ataupun mabuk laut.

  1. Membuat Tubuh Perkasa

Dikarenakan ada kandungan senyawa pada jahe yang memiliki sifat inklamis, maka jahe sangat efektif untuk membangun otot pada bagian tubuh tertentu, contohnya otot pada lengan.

Apalagi mengkonsumsi jahe ini juga bisa bermanfaat untuk membantu mengurangi rasa sakit yang terjadi pada otot setelah latihan fisik yang berlebihan.

  1. Mengobati Demam dan Bantuk

Di atas sudah dijelaskan bahwa gingerol yang terkandung pada jahe memiliki kemampuan untuk memperlancar peredaran darah.

Dan ternyata gingerol ini juga memiliki kemampuan untuk mengobati penyakit demam dan juga batuk. Untuk mendapatkan lebih banyak khasiat, Anda bisa menambahkan madu yang memberikan lebih banyak manfaat lagi. Anda bisa baca dulu apa saja manfaat madu yang telah dijelaskan oleh para ahli kesehatan.

Lantaran begitu besar manfaat yang bisa Anda ambil dari jahe ini, tidak ada alasan lagi bagi Anda untuk tidak memanfaatkannya. Apalagi selain mudah didapatkan juga memiliki harga yang murah.