7 Manfaat Daun Insuline untuk Kesehatan yang Harus Anda Ketahui

7 Manfaat Daun Insuline untuk Kesehatan yang Harus Anda Ketahui

Pernahkah Anda mendengar tanaman yakon? Sebagian besar dari Anda pasti baru mendengar tanaman yakon, bahkan belum tahu seperti apa bentuk serta warnanya.

 

Namun jika Anda ditanya apakah pernah mendengar tanaman insuline, kemungkinan besar jawabannya adalah pernah mendengar tanaman ini. Padahal sebenarnya yakon adalah sebutan lain dari tanaman insuline itu sendiri.

Pada umumnya, banyak yang sudah menerapkan cara alami menjaga kecantikan dengan menggunakan kulit manggis atau daun pepaya.

Tanaman insuline ini sebenanarnya bukan tanaman asli dari Indoneisa. Awal mula diperkanalkan di Indonesia kira-kira pada tahun 1990.

Daun yang berasal dari Andes utara dan tengah dari Kolumbia ke Argentina utara ini memiliki nama latin Smallanthus Sonchifolius.

Di indonesia, tanaman insuline ini sering dimanfaatkan untuk tanaman pagar di halaman rumah atau sering dimanfaatkan juga sebagai tanaman hias.

Ciri dari tanaman insuline ini memiliki bunga bewarna yang ada kemiripan dengan bunga matahari, daun manjari, dan batang kayunya berukuran kurang lebih sekitar satu meter.

Ketika daun insuline ini Anda pegang akan membuat tangan terasa pahit. Untuk itulah banyak masyarakat yang menyebut tanaman insuline ini dengan tanaman paitan.

Bahkan di Indonesia sendiri setiap daerah berbeda penyebutan nama terkait dengan tanaman insuline ini.

Ada yang menyebutnya dengan kayu paik, kembang bulan, rondo semoyo, harsaga, dan kipait.

Telepas dari semua itu, ada rahasia besar yang dimiliki oleh daun insuline ini, yakni berbagai macam manfaat daun insuline bagi kesehatan tubuh manusia.

Pada mulanya, daun insuline ini lebih dikenal sebagai obat diabetes saja, akan tetapi ternyata daun insuline ini memiliki manfaat yang lebih besar lagi dari pada itu.

Bahkan sekarang ini diberbagai negara daun insuline ini tidak hanya dimanfaatkan sebagai antidiabetes saja, namun juga dimanfaatkan sebagai antivirus, obat liver, dan obat untuk radang tenggorokan.

Kandungan Daun Insuline

Menurut dari pakar penelitian tanaman insuline, yakni Michael Hermann yang berasal dari Research Project Leader of the Andean Roots and Tubers mengatakan bahwa di dalam daun insuline kandungan fruktosanya 35% free dan 25% terikat.

Sedangkan menurut Dr. Sri Widowati yang merupakan peneliti dari Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian Bogor mengungkapkan bahwa dau insuline pada setiap unit-unitnya terkandung gula-gula fruktosa yang tidak bisa dicerna oleh enzim pencernaan namun dapat difermentasi oleh usus besar.

Situasi inilah yang kemudian dapat mencegah penderita diabetes dari hiperglikemia (kadar gula darah yang tinggi).

Maka dari itu dengan memanfaatkan daun insuline kemungkinan besar bisa meningkatkan kadar gula dalam darah.

Itulah kenapa sudah dari sejak dulu daun insuline ini sering dimanfaatkan para penderita diabetes untuk mengontrol kadar gula di dalam darahnya.

Manfaat Daun Insuline bagi Kesehatan

Memang pada awalnya daun insuline ini dikenal sebagai obat untuk penyakit diabetes. Namun ternyata daun insuline ini memiliki manfaat yang lebih besar lagi dari pada itu. Bahkan selain dalam hal kesehatan, daun insuline ini juga dapat dimanfaatkan untuk kecantikan.

Namun di sini hanya akan membahas manfaat daun insuline untuk kesehatan. Untuk manfaat daun insuline bagi kesehatan diantaranya adalah:

  1. Antibakteri dan Antimikroba

Banyak yang sering mengalami permasalahan pada sistem ekskresi yang diakibatkan adanya permasalahan pada ginjal dan hati yang disebabkan oleh kuman atau bakteri.

Dengan cara Anda sering mengkonsumsi daun insuline secara teratur bisa menghambat perkembangan kuman serta bakteri berbahaya yang ada pada ginjal dan yang ada di kandung kemih.

Sehingga pada akhirnya proses pengeluaran limbah dari dalam tubuh akan menjadi semakin lancar.

  1. Dapat Menekan Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Bisa dikatakan bahwa daun insuline ini sangat tepat jika sering-sering dikonsumsi oleh para penderita diabetes.

Kenapa bisa seperti itu, alasannya adalah sebab zat aktif yang terkandung pada daun insuline memiliki kemampaun untuk menurunkan kadar gula darah.

Apalagi daun insuline dikenal memiliki kandungan kalori yang sangat rendah. Untuk itulah sangat cocok untuk mengurangi potensi terjadinya serangan hiperglikemik.

Tidak hanya memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar gula darah saja, namun juga memiliki kemampuan untuk mengontrol kadar gula dalam darah.

  1. Memiliki Efek Prebiotik

Banyak yang belum menyadarinya bahwa ternyata pada daun insuline juga terkandung fructooligosaccgarides yang merupakan fruktosa yang sangat baik untuk bakteri baik yang terdapat di dalam usus.

Maka dari itu jika Anda sering-sering mengkonsumsi daun insuline ini bisa memperlancar sistem pencernaan.

  1. Pencegahan untuk Penyakit Kanker

Perlu Anda pahami bahwa sebenarnya pada setiap tubuh manusia memiliki sel kanker. Agar supaya sel kanker yang ada di dalam tubuh tidak aktif maka Anda disarankan untuk memperbanyak konsumsi sayuran yang mengandung antioksidan.

Dikarenakan pada daun insuline ini sangat kaya akan senyawa antikosidan alami maka akan sangat pas jika Anda manfaatkan untuk tindakan pencegahan bagi penyakit kanker.

Bahkan senyawa antikosidan alami yang banyak terkandung pada daun insuline ini juga memiliki kemampuan untuk menjaga imunitas dan setamnina tubuh.

  1. Dapat Merangsang Kesehatan Fungsi Hati

Jika Anda termasuk orang yang sering mengkonsumsi obat-obatan atau sering minum-minuman yang bersoda maka berhati-hatilah, sebab kebiasaan Anda ini selain dapat mengganggu kinerja hati juga bisa memperberatnya.

Namun situasi ini dapat Anda kondisikan dengan cara memperbanyak konsumsi daun insuline.

Kenapa demikian, sebab daun insuline memiliki kemampuan untuk mengembalikan fungsi hati, bahkan daun insuline juga bisa dimanfaatkan untuk mencegah penyakit hati.

  1. Dapat Menghilangkan Radang pada Tenggorokan

Pada musim tertentu, misalnya saja musim panca roba, suhu menjadi sangat tidak terkendali. Sering sekali terjadi kenaikan dan penurunan suhu secara ekstrim. Kondisi seperti ini ternyata bisa berpengaruh terhadap tenggorokan.

Kondisi seperti ini bisa Anda hadapi dengan cara mengkonsumsi daun insuline. Hal ini dikarenakan daun insuline memiliki fungsi dapat mengurangi radang pada tenggorokan dengan sangat cepat.

  1. Dapat Menyehatkan Ginjal

Ginjal sangat berpotensi terserang oleh kuman dan virus jahat. Akan sangat berbahaya jika situasi seperti ini menimpa ginjal Anda.

Untuk itulah atasi dengan menggunakan daun insuline, sebab daun insuline ini memiliki kemampuan untuk membunuh kuman dan virus jahat yang berpotensi menyerang ginjal tersebut.

Cara Membuat Ramuan daun Insuline

Membuat ramuan tradisional dari daun insuline sangatlah mudah untuk dilakukan. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah siapkan daun insuline sejumlah 15 lembar, daun tersebut bisa yang sudah kering atau yang masih segar.

Setelah itu cuci sampai bersih kemudian rebus dengan menggunakan air sebanyak 5 gelas. Tunggu sampai air rebusan tadi tersisa 3 gelas. Kemudian angkat dan saring.

Kemudian minumlah ramuan dari daun insuline tadi 2 sampai 3 kali sehari dengan cara teratur.

Begitu besar manfaat daun insuline bagi kesehatan tubuh manusia. Apalagi untuk para penderita diabetes. Untuk itulah sangat disarankan kepada Anda untuk memanfaatkan daun insuline ini.