7 Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

7 Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

 

manfaat buah alpukat

Buah yang awalnya berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko ini saat ini sudah banyak dibudidayakan di negara-negara kawasan tropis, termasuk di Indonesia.

Nama buah alpukat atau apokat ini pertama kali dikatakan oleh pendukuk dari suku Aztek yang menempati kawasan Amerika Tengah dan Meksiko.

Buah ini sendiri sudah diperkenalkan kepada pendukuk Eropa Tengah pada sekitar abad ke 16 yang merupakan pimpinan pasukan Spanyol oleh Martin Fernandez de Enciso pada saat menjajah daerah Amerika Tengah.

Berawal dari situlah Indonesia akhirnya mengenal alpukat ini. Sebab pada masa itu, penjajah Belanda sering menerima kiriman buah alpukat ke Indonesia untuk dijadikan sebagai bahan makanan.

Selain dikenal sebagai bahan makanan yang sangat sehat, alpukat juga sering dimanfaatkan di dunia industri pakaian.

Biji dari buah alpukat ini bisa diolah menjadi bahan pewarna pakaian yang sangat berkualitas sebab tidak mudah untuk luntur.

Selain itu pada bagian kulit dari pohon alpukat, memiliki semacam senyawa yang akan memberikan warna coklat.

Umumnya banyak perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan produk-produk berbahan kulit memanfaatkannya sebagai pewara cokelat.

Untuk dunia farmasi, daun alpukat sudah sejak dari dulu dimanfaatkan sebagai ramuan herbal karena mampu mengobati berbagai macam penyakit.

Beberapa contoh penyakit yang bisa diobati dengan menggunakan ramuan herbal dari daun alpukat contohnya seperti kencing batu, sakit kepala, nyeri pada syaraf dan lambung, pembengkakan saluran napas, haid yang kurang teratur, dan darah tinggi.

Selain bijinya yang juga sering dimanfaatkan sebagai pewarna pakaian, ternyata juga bisa diracik sebagai obat diabetes dan sakit gigi.

Untuk daging buahnya sendiri, ternyata juga banyak sekali manfaat yang bisa Anda ambil. Beberapa manfaat dari daging buah alpukat untuk kesehatan adalah sebagai berikut ini:

  1. Makanan Sehat untuk Bayi

Daging dari buah alpukat memiliki struktur yang sangat lembut sehingga bayi sangat mudah untuk mengkonsumsinya.

Jika Anda ingin memiliki generasai penerus yang cerdas dan sehat, memberikan asupakan makanan sehat sejak usia dini merupakan sebuah langkah tepat yang harus dilakukan.

Oleh sebab itu awali dengan memilih nutrisi yang sehat untuk si buah hati. Ternyata semua itu bisa dipenuhi ketika Anda menjadikan daging buah alpukat untuk konsumsi buah hati kesayangan Anda.

Namun jangan terlalu memaksakan agar supaya buah hati Anda suka dengan buah alpukat ini. Jika buah hati sudah merasa bosan Anda bisa mencari alternatif lain makana sehat pendamping ASI.

Untuk membuat makanan bayi dari alpukat, Anda bisa mencoba tips berikut ini:

  1. Siapkan 1/8 alpukat yang segar dan yang sudah matang tentunya. Siapkan juga buah pisang tumbuk, jika tidak ada Anda bisa menggantinya dengan buah pir. Siapkan juga yoghurt bayi rasa apapun.
  2. Setelah itu campur dan tumbuk buah-buah yang sudah Anda persiapkan tadi kemudian tuang yogurt dan aduk hingga merata.
  3. Setelah itu sajikan ketika sanga buah hati sedang lapar.
  4. Untuk Memelihara Berat Badan

Bagi Anda yang sedang menjalankan diet rendah kalori, buah alpukat ini merupakan daftar buah yang harus Anda masukkan ke dalam menu diet harian.

Sebab, proses penurunan berat badan bisa dibantu dengan mengkonsumsi buah alpukat ini. Alasannya adalah buah alpukat ini merupakan buah yang bebas kolesterol dan juga rendah kalori.

Selain itu buah alpukat merupakan jenis buah yang memiliki kemampuan sebagai pengganti sumber lemak.

Ketika Anda mengkonsumsi buah alpukat ini, buah alpukat akan menyalurkan mineral, 20 vitamin, dan fito-nutrien yang bisa menunjang diet rendah kalori Anda.

Bagi para pria yang sedang fokus untuk mengurangi berat badan, mengkolaborasikan buah alpukat dan telur merupakan cara diet yang bisa Anda pilih.

Buatlah jus alpukat dan telur untuk menu sarapan Anda. Sebab telur merupakan penyumbang protein yang memiliki kualitas tinggi yang siap mendorong pertumbuhan dan perbaikan jaringan otot.

Sementara itu, buah alpukat akan memberikan 8% kebutuhan akan lemak tak jenuh tunggal harian Anda sekitar 3 gram.

  1. Membantu Mencegah Stroke

Kandungan folat tinggi dari buah alpukat memiliki manfaat untuk mengurangi adanya resiko stroke.

Orang yang sering mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung folat tinggi sudah terbukti lebih sedikir terkena stoke jika dibandingkan dengan orang-orang yang hanya sedikit mengkonsumsi makanan yang mengandung folat.

  1. Melindungi Kesehatan Mata

Sering mengkonsumsi buah alpukat dapat meningkatkan asupan Lutein. Lutein ini dapat melindungi Anda dari degenerasi makula serta pembentukan katarak pada mata.

Untuk itulah jika Anda ingin memiliki mata yang sehat tidak ada salahnya untuk sering-sering mengkonsumsi buah alpukat ini.

  1. Dapat Menghambat Pertumbuhan dari Sel Kanker

Perlu Anda ketahui, di dalam setiap tubuh manusia sebenarnya terdapat sel kanker yang suatu waktu bisa saja tumbuh.

Situasi ini sangat tergantung dari kondisi kesehatan tubuh dan bagaimana cara Anda memelihara kondisi kesehatan agar tetap stabil.

Untuk mencegah agar supaya sel kanker tidak tumbuh, Anda bisa memanfaatkan buah alpukat ini.

Bantuan dari beberapa senyawa yang terkandung di dalam buah alpukat memiliki kemampuan untuk menghambat sel kanker serta dapat mencari sel kanker yang baru timbul.

Setelah ditemukan, sel kanker langsung dihancurkan tanpa menimbulkan dampak buruk untuk sel-sel kesehatan aktif lainnya.

  1. Makanan yang Sangat Baik Untuk Otak

Buah alpukat ini dapat dikatakan sebagai salah satu buah yang dapat memberikan dampak positif terhadap perkembangan otak.

Apalagi buah alpukat ini juga memiliki kemampuan untuk mengurangi resiko terkena penyakit Alzheimer.

Vitamin E serta omega 3 yang terkandung di dalam buah alpukat sudah terbukti mampu untuk menghentikan laju penyakit Alzheimer. Bahkan hebatnya lagi ada kemungkinan dapat mengembalikan ke kondisi yang semula.

  1. Mengandung Potassium

Potassium ini adalah mineral yang dimanfaatkan saraf otonom pengontrol dari detak jantung, fungsi otak serta proses fisiologi penting lainnya.

Selama ini jenis buah yang digadang-gadang mengandung potassium adalah buah pisang, namun fakta membuktikan bahwasanya buah alpukat lebih banyak mengandung potassium jika dibandingkan dengan pisang.

Bahkan potassium yang dikandung oleh buah alpukat dua kali lipatnya yakni (975 mg) dari potassium yang terkandung di dalam buah pisang.

Khasiat dari buah alpukat sebab memiliki potassium yang tinggi antara lain:

  1. Memiliki kemampuan untuk menurunkan tekanan darah tinggi
  2. Dapat membantu mengurangi rasa nyeri otot yang disebabkan latihan ataupun olahraga, seperti fitness dan lari jarak jauh
  3. Dapat memelihara kesetabilan dari cairan, asam basa di dalam tubuh, dan elektrolit.

Mengingat begitu bermanfaatnya buah alpukat untuk kesehatan, maka sudah seharusnya jika Anda mulai saat ini sering-sering mengkonsumsi buah alpukat ini. Apalagi secara harga juga tidak mahal. Untuk itulah tidak ada alasan lagi bagi Anda untuk tidak melakukannya.

Jadi, banyak sekali manfaat yang bisa Anda ambil dari buah Alpukat. Dan Anda juga harus tahu ternyata daun pepaya juga sangat berkhasiat untuk mengatasi masalah kesehatan tertentu.