7 Khasiat Akar Putri Malu untuk Kesehatan yang Harus Anda Tahu

7 Khasiat Akar Putri Malu untuk Kesehatan yang Harus Anda Tahu

Tahukah Anda betapa besar khasiat putri malu untuk kesehatan tubuh. Ternyata banyak sekali penelitian yang mengungkapkan bahwa selain daunnya, akarnya juga bisa dimanfaatkan untuk kesehatan.

Jika ada yang murah dan mudah serta aman kenapa cari yang lain. Itulah kalimat yang pantas untuk mengungkapan tanaman putri malu ini. Kenapa demikian, sebab begitu besarnya manfaat putri malu ini untuk kesehatan.

Bahkan banyak hasil dari penelitian yang mengungkapkan tentang begitu besarnya manfaat dari tanaman putri malu ini.

Tidak hanya daunnya saja, bahkan akarnya juga memiliki banyak sekali manfaat khusunya untuk kesehatan.

Bahkan untuk akarnya sendiri bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan penyakit-penyakit yang berbahaya, misalnya kanker.

Putri malu merupakan jenis flora yang dikenal memiliki karakter yang sangat unik. Daunnya secara otomatis akan menutup sendiri jika disentuh. Mungkin karena itulah kenapa tanaman yang satu ini dikenal dengan nama putir malu.

Putri malu sebenarnya bukanlah tanaman asli Indoneseia. Tanaman yang satu ini sebenarnya berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Setelah itu barulah tanaman ini tersebar  di wilayah kepulauan Pasifik, Asia Tengah, dan juga Asia Tenggra. Putri malu ini memiliki nama latin Mimosa Pudica.

Terlepas dari semua itu, ternyata ada yang lebih menarik dari tanaman putri malu ini. Terlebih lagi untuk akarnya.

Hal ini dikarenakan akar dari tanaman putir malu ini bisa dmanfaatkan untuk kesehatan. Bahkan sebenarnya sudah dari sejak dulu akar dari putri malu ini sudah dimanfaatkan dalam hal kesehatan.

Sebelaum membahas tentang apa saja manfaat dari akarnya, ternyata ekstrak dari putri malu secara empiris bisa melumpuhkan larva cacing gelang yang biasa menjadi parasit di dalam sistem pencernaan manusia.

Manfaat ini bahkan telah di uji secara klinis. Hal ini terbukti ektrak putri malu yang dapat melumpuhkan larva cacing gelang ini merupakan hasil penelitian yang dirilis oleh Departement of Zoology Jamaica di tahun 1990.

Hasil penelitian terbaru dari tanaman penelitian putri malu ini menunjukkan bahwa putri malu memiliki potensi untuk dijadikan  sebagai alternatif kemoterapi untuk penyakit kanker.

Hal ini disebabkan lantaran putri malu memiliki kandungan mimosim. Mimosim ini termasuk golongan dari alkalid, yakni sebuah zat kimia yang mengandung berberapa zat aktif contohnya seperti nitrogen, carbon, hidrogen, dan sulfur.

Dan ternyata zat-zat tersebut memiliki efek antiproliferatif dan juga apoptosis, yang merupakan senyawa kimia yang terdapat di dalam kemoterapi.

Tdak hanya sampai di situ saja, tanaman putri malu ini juga memiliki efek secara neurologis. Hal ini diketahui dari hasil penelitian yang dilakukan oleh seorang dokter dari India yang bernama Rama Mishra.

Penelitian ini walnya dilakukan terhadap hewan percobaan yang menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi ekstrak tanaman putri malu ini ternyata bisa meningkatkan regenerasi syaraf yang rusak hingga sebesar 30% sampai dengan 40%.

Hasil ini lantas diuji cobakan kepada 52 orang yang mengalami penyakit gangguan syaraf contohnya seperti lumpuh, degenerasi syaraf tulang belakang, dan meningithis tulang belakang.

Hasil awal menunjukkan bahwa tanaman putri malu ini bisa mempengaruhi sistem syaraf dari pasien meskipun hanya dalam skala yang ringan, yakni berkurangnya serangan kejang pada tubuh.

Selain itu manfaat putri malu untuk sistem syaraf yang lain adalah dapat memberikan efek penenang atau antidepresi.

Jadi bagi Anda yang ingin mencari obat penenang atau antidepresi yang murah dan aman maka bisa memanfaatkan tanaman putri malu ini.

Hal ini sebagaimana yang telah dibuktian melalui hasil penelitian yang dilakukan oleh Universitas Veracruz Meksiko.

Tidak hanya sampai di sini saja, putri malu juga bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, seperti demam pada anak, kencing batu, penyakit mata, dan bronkitis.

Dikarenakan banyaknya manfaat tanaman putri malu ini maka sangat rugi jika Anda tidak memanfaatkan tanaman yang satu ini.

7 Manfaat Akar Putri Malu untuk Kesehatan Tubuh

Selain ekstrak dari putri malu, ekstrak dari akar putri malu juga memiliki banyak sekali manfaat. Sedangkan untuk manfaatnya sendiri diantaranya adalah:

  1. Dapat Menyembuhkan Luka

Alasan terbesar kenapa akar putri malu dapat menyembuhkan luka dikarenakan akar putri malu mengandung senyawa fenol yang dapat membunuh bakteri yang dapat menyebabkan infeksi kulit.

Untuk itulah kenpa ekstrak dari akar putri malu ini sampai saat ini sering sekali dimanfaatkan saat proses penyembahan luka.

  1. Dapat Meregenerasi Sel Syaraf yang Rusak

Pemberian dosis dari ekstrak akar tanaman putri malu dalam dosis tertentu ternayata dapat memerikan efek bisa mempercepat regenerasi sel-sel syaraf yang menjadi rusak akibat dari luka.

  1. Dapat Mengobati Pendarahan pada Saluran Kencing

Penderita dari pendarahan saluran kencing jika diberian terapi ekstrak dari akar putri malu ternyata dapat memberikan hasil yang memuaskan.

Hal ini dikarankan eskatrak dari akar putri malu ini sudah terbukti memiliki kemampuan untuk mengurangi pendarahan yang ada di dalam tubuh.

  1. Dapat Mencegah Kehamilan

Hati-hati bagi Anda para kamu hawa saat menggunakan akar putri malu ini, kenapa demikina, alasannya adalah akar dari putri malu ini dapat mencegah kehamilan.

Namun bagi Anda yang ingin mencegah kehamilan, maka salah satu solusinya adalah dengan memanfaatkan akar dari putri malu ini.

Bahkan akar dari putri malu ini di India sudah dimanfaatkan sebagai alat untuk pencegah kehamilan alami.

Ini bukan hanya sekedar mitos. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa dengan menggunakan akar putri malu selama 21 hari dengan menggunakan dosis 150b/kg dari berat tubuh bisa memperpanjang siklus estrous dan dapat mengganggu sekresi hormon genadotropin.

Untuk itulah kenapa ketika Anda sedang hamil sangat dilarang untuk mengkonsumsi ekstrak akar putri malu ini.

  1. Bisa Dimanfaatkan sebagai Anti Racun

Alasan kenapa ekstrak akar putri malu bisa dimanfaatkan sebagai anti racun dikarenakan akar putri malu memiliki kemampuan untuk menghambat penyebaran serta aktivitas racun yang berasal dari ular Echis Carinatus, Vipera Ruselli, dan Naja-naja.

  1. Mengobati Kolera

Dikarenakan zat yang terkandung pada akar putri malu bisa menghambat aktivitas dari bakteri Vibrio Cholerae yang merupakan penyebab dari penyakit kolera makanya akar dari putri malu ini bisa juga dimanfaatkan menjadi obat penyakit kolera.

  1. Dapat Meningkatkan Libido

Tahukan Anda ternyata akar putri malu dapat meningkatkan testestoren dan libido. Bahkan penggunaan ekstrak akar putri malu untuk meningkatkan libido ini tanpa memberikan efek samping yang membahayakan untuk tubuh.

Untuk itulah bagi Anda yang ingin mencari obat kuat alami maka disarankan untuk memanfaatkan akar putri malu ini.

Memang benar sangat banyak manfaat tanaman putri malu ini. Namun bagi para ibu yang sedang hamil atau yang sedang menyusui dilarang keras untuk mengkonsumsi putir malu ini, sebab bisa mengakibatkan keguguran serta kesulitan untuk memiliki anak kembali.